Written by at May 17, 2019
Inspirasi TerkiniTips & Trick

Kondisi Tubuh saat Berpuasa 12 Jam.

Penasaran ngga sih apa yang terjadi dengan tubuh kita selama dan setelah berpuasa selama kurang lebih 12jam? Apa yang menyebabkan hari pertama puasa suka pusing sampai susah konsentrasi? Sampai yang menyebabkan waktu buka puasa suka makan berlebihan?

Berikut ada beberapa alasan dan cerita kenapa tubuh kita melakukan hal-hal tertentu selama berpuasa. Kondisi tubuh saat berpuasa sangat berbeda tiap orang, tapi secara umum terjadi hal yang sama. Hal ini bisa saja terjadi sama kamu bisa juga tidak loh ya.

kondisi tubuh saat berpuasa
Source : Pixabay

Jadi, Selama berpuasa tubuh bersifat seperti storage.

Saat makan sahur pagi hari, kita mengkonsumsi makanan yang kemungkinan membuat perut kita tahan lebih lama dari rasa lapar. Kita juga mengkonsumsi air yang banyak untuk mencegah dehidrasi di siang hari. Hal ini wajar dan memang seharusnya terjadi, alasan kenapa makan sahur penting adalah agar tubuh kita dapat bekerja maksimal sebagai storage.

Storage atau kotak penyimpanan akan digunakan saat siang hari. Saat kita beraktifitas.

Selama berpuasa tubuh menggunakan karbohidrat (di hati & otot) dan lemak untuk memberikan energi selama beraktifitas. Bayangkan jika tidak mengkonsumsi jenis karbohidrat dalam bentuk apapun dan lemak yang cukup, apa yang akan digunakan tubuh untuk menghasilkan energi? Ada alasan kenapa siang hari sudah ngerasa lemas. Bisa jadi karbohidrat yang digunakan tidak cukup untuk dijadikan energi, berakibat malas-malasan dan jadi tidak produktif saat beraktifitas.

kondisi tubuh saat berpuasa
Source : Pixabay

Sayangnya tubuh tidak dapat menyimpan air.

Pernah ngga ngerasa bangun tidur setelah sahur, walaupun sudah minum yang banyak pas sahur tapi tetap saja merasa tenggorokan kering dan butuh asupan air? Iya ini salah satu bentuk tubuh tidak dapat menyimpan air. Akibatnya Ginjal akan menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah air yang hilang dalam urin. Jadi kemungkinan besar tidak akan sering-sering buang air kecil.

Tapi, tidak mengindari kemungkinan tetap ada proses air keluar dari dalam tubuh. Seperti berkeringat, bahkan bernafas. Mengeluarkan air yang bisa jadi menyebabkan dehidrasi. Namun dehidrasi yang diakibatkan akan terasa ringan.

kondisi tubuh saat berpuasa
Source : Pixabay

Kekurangan air juga dapat mengakibatkan sakit kepala, kelelahan dan susah konsentrasi. Jadi tau kan kenapa kalau puasa pasti udah hilang fokus saat siang hari?

Kondisi tubuh saat berpuasa juga mempengaruhi kekhusyukan beribadah. Kalau sudah tidak fokus dan kelelahan, akan sulit untuk fokus beribadah pula.

Bagaimana caranya menjaga kondisi tubuh selama berpuasa tetap fit?

  1. Konsumsi karbohidrat dan lemak yang cukup saat sahur. Diimbangi dengan tidak makan berlebihan maupun terlalu cepat mengunyah.
  2. Konsumsi air yang cukup. Sebelum sahur, setelah sahur, dan sebelum imsak/adzan subuh.
  3. Hemat air didalam tubuh dengan bergerak pelan dan santai tanpa menyebabkan kemalasan.
  4. Kembalikan hidrasi tubuh saat berbuka puasa dengan mengkonsumsi air yang cukup.
kondisi tubuh saat berpuasa
Source : Pixabay

Jadi, kalau sudah tau gini jangan lupa diterapin biar puasanya lebih semangat dan tetap berkah ya!

Related Articles

Makanan Yang Paling Cocok Selama PMS

Hai perempuan yang tiap bulan pasti dihantui PMS (Pra Mensturasi), penyakit bukan tapi bikin sakit. Kalau tiap bulan dihantui terus, pasti...

5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

Hai para perempuan yang merawat kulit saja kadang suka kebingungan. Kalau pakai A takut bikin jerawatan, kalau ngga pakai B jadinya kulit...

Beetroot 101: Manfaat, Nilai Gizi, dan Bonus Resep!

Photo by FOODISM360 Sayurfriends sudah kenal belum dengan Beetroot? Tanaman berwarna merah keunguan yang memiliki segudang...

Post Comment