Written by at March 16, 2021
Tips & Trik

10 Kue Takjil Khas Indonesia yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Setelah seharian penuh berpuasa, umat muslim memang dianjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis. Maka tak heran, kegiatan berburu takjil pun kerap dilakukan menjelang waktu tersebut. Saat itu, banyak penjual yang menjajakan dagangannya hampir di sepanjang jalan utama. Jenis kue takjil yang dijajakan juga cukup beragam. Tidak hanya kue tradisional khas daerah itu saja, banyak juga penjual yang menjajakan kue-kue khas dari daerah lainnya. Nah, dari beberapa kue yang ada, terdapat beberapa nama yang menjadi incaran sebagai camilan untuk berbuka puasa. Kue-kue apa sajakah itu? Berikut ini adalah 10 kue takjil khas Indonesia yang nikmat untuk berbuka puasa.

 

Kue Takjil Khas Indonesia yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

kue takjil
Kue Takjil Khas Indonesia yang Nikmat untuk Berbuka Puasa. (Foto: Instagram / irmadesmayanti)

1. Kue serabi

Kue yang satu ini merupakan salah satu kue khas masyarakat Surakarta. Tidak hanya dikenal oleh masyarakat asal, serabi juga populer di kota-kota lainnya. Saat bulan Ramadhan tiba, kue ini termasuk salah kue tradisional yang kerap diburu sebagai takjil berbuka. Sekilas, bentuknya memang mirip pancake, namun proses pembuatan kue ini masih menggunakan alat yang sangat tradisional, yaitu tungku dengan kayu bakar.

Kue serabi yang original biasa disajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran santan dan gula merah. Namun, kini banyak penjual yang berinovasi dengan memberikan topping yang beragam, seperti cokelat, keju, pisang, nangka, hingga sosis. Rasanya yang gurih membuat serabi mudah dikombinasikan dengan topping manis maupun asin sekalipun.

 

2. Lemper

Takjil yang satu ini terbuat dari ketan yang diisi dengan daging ayam cincang ataupun abon sapi. Lemper merupakan salah satu jenis kue basah yang cukup populer dan mudah dijumpai saat bulan Ramadhan.

Karena terbuat dari ketan, kue ini bisa membuat penikmatnya merasa kenyang lebih lama dibanding mengonsumsi kue takjil lainnya. Maka tak heran, lemper kerap dipilih sebagai camilan pengganjal perut saat waktu berbuka puasa tiba.

 

Baca juga: Anti Ribet, Ini 7 Cara Bikin Bubur Sagu Mutiara untuk Takjil

 

3. Pisang molen

Pisang merupakan salah satu buah primadona masyarakat Indonesia. Buah ini memang kerap diolah menjadi camilan ataupun olahan kue lainnya. Selain digoreng atau dikukus, pisang juga biasa diolah menjadi pisang molen.

Pisang molen sendiri terbuat dari potongan pisang dan dilapisi kulit yang terbuat dari tepung terigu. Bagian kulitnya yang gurih serta manisnya buah pisang, membuat kombinasi kedua rasa tersebut begitu digemari. Penjual pisang molen terbilang mudah dijumpai, khususnya di sepanjang jalan utama. Biasanya, kue ini dijual bersama dengan kue dan jenis gorengan lainnya.

 

4. Getuk

Kue takjil yang satu ini menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Bagi masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya, kue ini merupakan salah satu kue tradisional yang kerap hadir sebagai teman berbuka.

Salah satu hal yang membuat getuk terasa nikmat dan spesial yaitu, parutan kelapa gurih dan taburan gula pasirnya yang manis. Kombinasi kedua rasa tersebut sangat pas, terlebih lagi jika dinikmati bersama teh manis yang masih hangat.

 

5. Pukis

Kue tradisional yang satu ini juga tidak kalah peminatnya. Pukis terbuat dari tepung, telur, santan, ragi, dan gula. Setelah itu, campuran bahan-bahan tersebut akan dicetak dan diberi taburan topping yang beragam, seperti cokelat, kacang, keju, hingga selai nanas.

Biasanya, pukis juga dikonsumsi sebagai teman minum kopi ataupun teh. Agar lebih nikmat, pilihlah pukis yang masih dalam keadaan hangat. Pukis yang baru matang biasanya memiliki tekstur lebih empuknya, namun masih sedikit lumer pada bagian atasnya.

 

Ingin mencoba berbagai kue takjil khas Indonesia ini untuk berbuka puasa? Yuk, bikin sendiri kue takjil ini di rumah dengan membeli bahan-bahannya di Sayurbox. Cek produknya dengan langsung klik tombol “Belanja” di bawah ini, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Bika ambon

Meskipun bernama bika ambon, namun kue ini justru berasal dari kota Medan. Nama tersebut diambil karena lokasi pertama kue ini dijual, yaitu di Jalan Ambon, tepatnya di kawasan Sei Kera, Kota Medan.

Tekstur kue yang kenyal, lembut, dan mudah dikunyah, menjadi ciri khas utama kue tradisional kota Medan yang satu ini. Apalagi, rasanya yang manis dan aroma pandannya yang harum, membuat kue ini begitu diminati masyarakat sekitar hingga kota-kota lainnya.

 

7. Kue cubit

Kue cubit mungkin lebih dikenal sebagai jajanan anak sekolah. Namun, kue yang memiliki bentuk mungil dan rasa manis ini juga banyak dijajakan saat bulan Ramadhan tiba. Tekstur kue ini memang mirip seperti kue pukis, hanya saja rasa kue cubit cenderung lebih manis.

Seperti kue pukis, kue cubit juga menggunakan topping berupa meses cokelat di atasnya. Namun, kini banyak juga lho penjual kue cubit yang berinovasi dengan berbagai pilihan rasa yang unik, seperti green tea ataupun red velvet.

 

Baca juga: 4 Perbedaan Timun Suri dengan Blewah yang Sering Dijadikan Takjil Buka Puasa

 

8. Onde-onde

Nah, kalau kue yang satu ini mungkin sudah sering kamu temui. Kue yang juga dikenal jajanan pasar ini memang kerap hadir dalam acara-acara tertentu, seperti hajatan, arisan ataupun pengajian.

Onde-onde memiliki ciri khas utama yaitu bentuknya yang bulat dan taburan biji wijen pada bagian kulitnya. Untuk isiannya sendiri, kue ini menggunakan kacang hijau yang sudah dikupas dan dihancurkan sebelumnya.

 

9. Odading

Camilan tradisional kota Bandung yang satu ini memang sempat viral di awal tahun 2020 lalu. Di beberapa daerah, odading juga dikenal dengan nama roti goreng atau roti bantal. Kue ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut.

Biasanya, kue ini juga dinikmati sebagai teman menikmati kopi atau teh hangat. Selain itu, kue manis ini sering dijual bersama cakwe. Karena kerap dijual bersamaan, maka tidak jarang juga yang menyebutnya dengan nama cakwe manis.

Di kota asalnya, Bandung, odading kerap menjadi buruan sebagai takjil berbuka. Rasanya yang nikmat, mengenyangkan, dan harganya yang terbilang murah, membuat kue ini begitu diminati.

 

10. Klepon

Kue yang satu ini juga tidak pernah absen menjadi salah satu pilihan kue takjil saat bulan puasa tiba. Kue yang berbentuk bulat ini dilapisi dengan parutan kelapa sehingga membuat rasanya semakin gurih.

Ketika digigit, gula merah yang ada di dalam kue ini akan terasa lumer di mulut. Apalagi, tekstur klepon sendiri sangat kenyal karena terbuat dari tepung ketan. Selain itu, klepon juga akan semakin nikmat jika disajikan bersama teh manis hangat.

 

Baca juga: Selain Kolak, Coba 10 Aneka Takjil Kekinian Ini untuk Berbuka Puasa

 

Itulah 10 kue takjil khas Indonesia yang nikmat untuk berbuka puasa. Kira-kira kue takjil mana nih yang sering kamu beli? Atau, kamu lebih suka membuatnya sendiri di rumah? Kalau iya, kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat kue takjil tersebut di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...

Post Comment