Written by at May 22, 2019
Baby Food

Kuliner Khas Indonesia Paling Populer!

Sebagai orang Indonesia pasti udah ngga asing lagi sama kuliner berikut ini. Kuliner khas Indonesia yang paling populer di seluruh daerah bahkan bisa sampai ke dunia! Bangga banget dong jadi orang Indonesia kan, terlahir dengan kekayaan kuliner yang memanjakan mulut dan perut banget.

Sumatera dengan Rendang & Pempek

kuliner khas indonesia
Source : BumbuResto

Saat ini udah tau pasti kalau Sumatera tempatnya Rendang (Padang) dan Pempek (Palembang). Dua kuliner khas yang paling populer dimana saja. Bahkan Rendang sudah sampai ke telinga dunia dan jadi kuliner yang dinyatakan enak dimana-mana. Bumbu khas yang meresap dalam daging dan kelembutan daging bikin Rendang pantas dinobatkan jadi makanan terenak di dunia loh.

kuliner khas indonesia
Source : IDNTimes

Ada juga pempek yang khas palembang, kalau berkunjung ke palembang rasanya engga lengkap kalau engga nyobain atau bawa pulang pempek. Terbuat dari adonan ikan, dan saus yang segar nih bikin pempek jadi favorit orang-orang.

Di Jawa ada Gudeg & Rawon

kuliner khas indonesia
Source : Fimela

Udah tau dong pasti Gudeng & Rawon? Gudeng yang khas Jogja ini gampang ditemukan di hampir setiap jalanan di Jogja. Mulai dari jajanan pinggir jalan sampai restoran besar pasti deh ada gudeg yang super terkenal itu. Salah satu kuliner khas Indonesia populer lainnya adalah Rawon, terbuat dari daging sapi dan kuah berwarna hitam yang terbuat dari kluwek. Rasa segar dan hangat di tenggorokan nih bikin makan siang lebih berwarna.

Jakarta juga punya Kuliner Khas

kuliner khas indonesia
Source : IDNTimes

Siapa bilang Jakarta hanya tempat persinggahan kuliner lain? Bahkan kabarnya Gado-Gado berasal dari Jakarta loh. Gado-Gado juga cukup populer karena merupakan salad dengan kearifan lokal. Campuran sayur dan saus kacang bisa buat nemenin makan siang. Ada juga nih kerak telor yang sering dijual di jalanan Jakarta.

Bubur Ayam Bandung emang enak banget!

kuliner khas indonesia
Source : IDNTimes

Kalau ke Bandung jangan sampai ngga nyobain Bubur Ayamnya yang enak banget. Di beberapa lokasi, ada kedai bubur ayam yang udah terkenal banget sampai ramai dikunjungi. Bubur Ayam Bandung khas dengan kacang kedelai, potongan cuanki, potongan ayam dan juga kerupuknya. Ada juga kuliner khas yang paling populer di Bandung adalah Seblak. Olahan unik dari kerupuk ini berhasil menarik hati banyak orang.

Coto dari Sulawesi memang engga ada duanya.

kuliner khas indonesia
Source : travelingyuk

Nah, ini memang udah engga diragukan. Di daerah sulawesi ada Coto yang super terkenal sampai di daerah-daerah lainnya. Ada juga Sop Konro dan es palu butung yang seger itu, kuliner khas sulawesi ini berhasil memikat hati banyak orang sampai dibawa ke daerah-daerah lainnya. Kalau ke kondangan, pasti nemu coto kan?

Mampir ke Bali cobain Ayam Betutu

kuliner khas indonesia
Source : @eunice_euston

Yang satu ini bukan tandingan loh, Ayam Betutu khas Bali juga sudah terkenal di beberapa wilayah di Indonesia. Karena kalau inget Bali pasti inget Pantai dan juga Ayam Betutu, Ayam yang terbuat dari bumbu khas bali yang meresap sampai dalam. Biasanya dihidangkan 1 ekor untuk dimakan beramai-ramai. Ada juga Sambal Matah atau sambal mentah khas bali, tau kan makanan yang sekarang populer banget dengan menambahkan Sambal Matah?

Maluku & Papua juga punya Kuliner Khas.

kuliner khas indonesia
Source : SajianSedap

Kalau berkunjung ke timur Indonesia, jangan lupa nyobain kuliner khas berupa olahan seafood. Di timur Indonesia terkenal dengan luasnya lautan yang menghasilkan aneka hasil laut berupa beraneka ragam Ikan, Kepiting, sampai Lobster. Nyobain ikan bakar jangan sampai lupa ya!

kuliner khas indonesia
Source : MerahPutih

Ada juga yang paling khas yaitu Papeda, kuliner yang terbuat dari Sagu. Sagu adalah hasil bumi khas timur Indonesia, diolah menjadi kuliner Papeda yang dinikmati dengan kuah ikan kuning. Kesegerannya bisa jadi santapan keluarga yang enak, jadi kalau ke Maluku atau ke Papua jangan lupa mampir nyobain Papeda dan Ikan bakar ya.

Indonesia kaya banget ya. Bukan hanya hasil bumi dan budaya, tapi Kuliner khas indonesia yang paling digemari banyak orang. Sebagai orang Indonesia harus bangga banget nih, kekayaan kuliner bikin kita ngga bingung hari ini mau makan apa.

Related Articles

4 Tips Membuat Salad Sayur Untuk Diet Yang Enak!

Siapa yang engga suka makan salad? Terutama salad sayur! Yang isinya dedaunan dan udah engga tempting duluan. Salad memang makan sehat,...

Tips Berbelanja Sayur & Buah Online

Siapa disini yang merupakan geng kalau belanja maunya serba praktis dan kalau bisa online aja? Yuk bikin grup kita biar bisa berbagi...

Ngincar Voucher Belanja Sayurbox? Cek Disini.

Shopee  Voucher Rp50.000 min. Purchase Rp150.000 Valid until December 2019 Syarat & Ketentuan Diskon Voucher sebesar...

Post Comment