Written by at February 21, 2018
InspirasiMitra Petani

M-Tani

Indonesia termasuk negara yang memiliki tanah subur dengan pertanian sebagai salah satu sumber mata pencaharian terbesar bagi masyarakat.

Banyak petani yang berupaya mencapai produktivitas maksimal dengan pestisida dan pupuk kimia untuk budidaya tanaman pangan. Hal ini jelas menjadi dilema, karena hasil panen bertambah tapi di sisi lain menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Penggunaan bahan kimia baik itu pestisida maupun bahan kimia dapat menyebabkan hilangnya organisme tanah, hingga akhirnya membuat tanah jadi kurang subur. Padahal kehadiran organisme tanah sangat diperlukan untuk menjaga kualitas tanah agar tetap subur.

Budidaya pertanian membutuhkan sarana dan prasarana mendukung yang dapat digunakan oleh petani. Mulai dari ketersediaan benih unggul hingga pupuk alami ramah lingkungan yang mudah diaplikasikan, murah, dan tentunya menghasilkan panen melimpah.

Bapak Jend TNI (Purn) Dr. Moeldoko memprakarsai berdirinya badan usaha di bidang pertanian, yaitu M-Tani. Badan usaha ini memiliki tujuan utama untuk memajukan pertanian Indonesia di mata dunia melalui metode budidaya dan pengolahan pertanian yang ramah lingkungan.

M-Tani memiliki metode pertanian yang utuh dan menyeluruh, mulai dari tahapan budidaya, panen, pasca panen, hingga pemasaran hasil panen melalui sistem kemitraan dengan petani.

Sistem kemitraan yang dilakukan oleh M-Tani yaitu dengan proses pendampingan budidaya pertanian, pembelian hasil panen, dan pemasaran hasil produksi.

M-Tani mengusung konsep pertanian berkelanjutan (Sustainable Agriculture), sehingga akan terus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani serta masyarakat secara menyeluruh.

Related Articles

Ini Kolaborasi Sayurbox dan Bango untuk #DukungPetaniIndonesia

Menurut survei yang dilakukan oleh tim Sayubox dan Bango Pangan Lestari, sekitar 80% pendapatan petani turun selama pandemi Covid-19....

Ini 3 Cara Mudah Berdonasi untuk Anak Petani Melalui Sayurbox

Pandemi covid-19 yang tak kunjung usai tidak dapat dipungkiri berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk ekonomi. Tidak hanya bagi...

4 Cerita Petani  #PahlawanSayur Selama 4 Tahun Tumbuh Bersama Sayurbox

Tahun ini, tepatnya pada 22 Juni 2020 Sayurbox merayakan hari jadi yang ke 4 tahun hadir mengantarkan sayuran dan buah segar langsung ke...

Post Comment