Written by at February 21, 2018
Inspirasi • Mitra Petani

M-Tani

Indonesia termasuk negara yang memiliki tanah subur dengan pertanian sebagai salah satu sumber mata pencaharian terbesar bagi masyarakat.

Banyak petani yang berupaya mencapai produktivitas maksimal dengan pestisida dan pupuk kimia untuk budidaya tanaman pangan. Hal ini jelas menjadi dilema, karena hasil panen bertambah tapi di sisi lain menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Penggunaan bahan kimia baik itu pestisida maupun bahan kimia dapat menyebabkan hilangnya organisme tanah, hingga akhirnya membuat tanah jadi kurang subur. Padahal kehadiran organisme tanah sangat diperlukan untuk menjaga kualitas tanah agar tetap subur.

Budidaya pertanian membutuhkan sarana dan prasarana mendukung yang dapat digunakan oleh petani. Mulai dari ketersediaan benih unggul hingga pupuk alami ramah lingkungan yang mudah diaplikasikan, murah, dan tentunya menghasilkan panen melimpah.

Bapak Jend TNI (Purn) Dr. Moeldoko memprakarsai berdirinya badan usaha di bidang pertanian, yaitu M-Tani. Badan usaha ini memiliki tujuan utama untuk memajukan pertanian Indonesia di mata dunia melalui metode budidaya dan pengolahan pertanian yang ramah lingkungan.

M-Tani memiliki metode pertanian yang utuh dan menyeluruh, mulai dari tahapan budidaya, panen, pasca panen, hingga pemasaran hasil panen melalui sistem kemitraan dengan petani.

Sistem kemitraan yang dilakukan oleh M-Tani yaitu dengan proses pendampingan budidaya pertanian, pembelian hasil panen, dan pemasaran hasil produksi.

M-Tani mengusung konsep pertanian berkelanjutan (Sustainable Agriculture), sehingga akan terus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani serta masyarakat secara menyeluruh.

Related Articles

Tentang Petani Perempuan

Kata siapa bertani hanya pekerjaan lelaki? Perempuan juga bisa loh menlakukan pekerjaan bertani, banyak perempuan Indonesia menjadi Petani...

Cerita Petani : Kang Ewon & Tani Santri Milenial

Pemerintah sudah semakin giat mensejahterakan petani lokal nih. Baru-baru ini ada Tani Santri Milenial (TSM) di beberapa daerah di...

Petani Asam Keranji di Baduy Dalam

Kalau berbicara tentang Petani Indonesia engga akan ada habisnya deh. Banyak banget Petani Indonesia yang tidak terjamah bahkan hampir...

Post Comment