Written by at April 14, 2020
Tips & Trik

Ini Macam-macam Tepung yang Sering Digunakan untuk Membuat Kue

Kini seluruh dunia sedang dihadapi dengan pandemi Covid-19. Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, untuk menghambat penyebaran virus Corona ini. Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif dalam melakukan masa karantina. Salah satunya memasak, dan kamu juga bisa meningkatkan keahlianmu dalam membuat kue. Namun, sebelum kamu membuat kue, kamu perlu mengetahui hal dasar seperti jenis tepung. Tepung adalah bahan penting untuk membuat kue. Saat pertama kali mulai ingin membuat kue, kamu akan segera mengetahui bahwa kamu membutuhkan setidaknya beberapa jenis tepung yang berbeda di dapur. Yuk, simak macam-macam tepung yang sering digunakan untuk membuat kue berikut ini.

 

Ini macam-macam tepung yang sering digunakan untuk membuat kue

macam-macam tepung
Macam-macam tepung yang sering digunakan untuk membuat kue. (Foto: Pixabay)

1. Tepung Serbaguna

Tepung serba guna adalah salah satu jenis tepung yang paling umum digunakan, menurut What’s Cooking America. Berkeley Wellness mencatat variasi ini dibuat dari campuran gandum keras dan lunak. 

 

Kandungan protein secara langsung mempengaruhi berapa banyak gluten dapat dibentuk dengan tepung tertentu. Tepung dengan kandungan protein rendah menghasilkan lebih sedikit gluten. Tepung dengan kandungan protein tinggi menghasilkan lebih banyak. Dan gluten menentukan struktur dan tekstur barang yang dipanggang. Tepung serbaguna cocok digunakan untuk membuat kue, muffin, roti, kulit pie, pancake, biskuit, adonan pizza, dan pasta.

 

2. Bread flour

Menurut Berkeley Wellness, tepung roti seluruhnya terbuat dari gandum keras. Jumlah yang lebih besar dari gluten yang dihasilkan oleh tepung berprotein tinggi ini membantu roti naik lebih tinggi. Itu karena gluten menjebak dan menahan gelembung udara saat kamu mencampur dan menguleni adonan. Tepung roti adalah pilihan terbaik untuk produk ragi, seperti roti.

 

3. Tepung kue

Tepung kue memiliki kandungan protein terendah dari semua tepung pada 5 hingga 8 persen. Karena itu, ia memiliki lebih sedikit gluten, yang mengarah pada makanan yang dipanggang lebih lembut — sempurna untuk kue (jelas!), Muffin, dan biskuit. Tepung kue juga menyerap lebih banyak cairan dan gula daripada tepung serbaguna, yang menjamin kue yang sangat lembab.Terbaik digunakan untuk: kue bolu, kue pound, kue lapis, kue makanan malaikat, muffin, dan biskuit.

 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Sajian dari Cokelat Vegan di Rumah

 

4. Pastry flour

Tepung pastry terbuat dari gandum lunak, yang membuatnya lebih halus dari tepung serbaguna. Kandungan proteinnya menempatkannya di antara tepung serbaguna dan tepung kue. Dengan kandungan protein 8 hingga 9 persen, tepung pastry berada di antara tepung serbaguna dan tepung kue. Itu menyerang keseimbangan sempurna antara renyah dan kelembutan, menjadikannya pilihan utama untuk kulit pie, kue tar, dan kue. 

 

Tepung ini cocok digunakan kulit pie, kue, muffin, kue, pancake, biskuit, dan roti. Kamu dapat menemukan tepung pastry di toko kue khusus, atau memesannya secara online. Kamu bahkan dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan 1 1/3 cangkir tepung serbaguna dengan 2/3 cangkir tepung kue.

 

5. Tepung Gandum

Kepala biji gandum memiliki tiga bagian: kuman, dedak, dan endosperma. Tepung putih hanya mencakup endosperma, bukan dedak dan kuman. Tetapi dedak dan kuman mengandung sebagian besar serat dan protein.

 

Pasalnya, tepung terigu memiliki ketiga bagian, itu lebih tinggi daripada tepung putih dalam nutrisi dan serat makanan. Fine Cooking menjelaskan bahwa dedak dalam tepung gandum utuh merobek untaian gluten, sehingga menghambat perkembangan gluten. Dan Bon Appétit mencatat bahwa gandum utuh lebih banyak menyerap daripada tepung putih. Itu mengharuskan penggunaan lebih banyak cairan dan menghasilkan adonan lengket, yang bisa jadi menantang bagi pemula. Kamu dapat mengimbangi efek dan menundukkan rasa gandum utuh dengan memadukan seluruh gandum dan tepung serbaguna.

 

Baca juga: Selain Mencegah Depresi, Ini 11 Manfaat Dark Cokelat yang Bisa Kamu Coba

 

Setelah mengetahui macam-macam tepung yang sering digunakan untuk membuat kue, kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tepung berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

macam-macam tepung

 

6. Tepung Terigu Utuh Putih

Tidak menjadi bingung dengan tepung yang diputihkan, tepung terigu putih utuh terdiri dari komponen yang sama dengan tepung terigu utuh, tetapi dari berbagai jenis gandum yang lebih pucat yang disebut gandum putih keras. Ini memiliki kandungan protein yang sama dengan tepung gandum utuh pada 13 hingga 14 persen, tetapi rasanya sedikit lebih manis karena kandungan tanin yang lebih rendah.

 

Tepung gandum dan tepung terigu putih sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang sama, jadi jika kamu lebih suka rasa dan tekstur roti putih, tetapi menginginkan nilai gizi dari gandum utuh, maka ini adalah tepung yang cocok untuk kamu. Tepung terigu cocok digunakan untuk roti, muffin, dan kue. 

 

Baca juga: Camilan Sehat dan Enak, Ini 5 Cara Membuat Granola Bar Sendiri di Rumah

 

7. Tepung Oat

Bon Appétit melaporkan bahwa tepung oat memiliki tekstur prima, bahkan halus. Dan rasanya yang manis menjadikannya “salah satu rasa ‘gandum utuh’ yang paling mudah didekati.” Tepung oat bebas gluten dan karena itu cocok untuk orang yang diet bebas gluten. Namun, Livestrong mencatat bahwa variasi ini dapat membuat kue yang kamu panggang berat atau rapuh. Jadi, kamu mungkin perlu menambahkan lebih banyak cairan atau bahan yang mengembangkan kue ke resep kamu. 

 

8. Self-rising flour

Tidak yakin apakah kamu membutuhkan tepung yang mengembang sendiri, atau bertanya-tanya apa isinya? Variasi ini merupakan campuran tepung serbaguna, baking powder, dan garam, menurut The Kitchn. Dan ya, kamu pasti bisa membuatnya di dapur kamu. Campurkan 1 cangkir tepung serbaguna dengan 1 ½ sendok teh baking powder dan ¼ sendok teh garam halus. Resep untuk roti, biskuit, dan panekuk sering kali disebut untuk itu. 

 

9. Tepung Bebas Gluten

Tepung bebas gluten dapat dibuat dari semua jenis bahan dasar, seperti beras, jagung, kentang, tapioka, soba, quinoa, sorgum, atau kacang-kacangan. Permen karet xanthan kadang-kadang dapat ditambahkan ke tepung bebas gluten untuk membantu merangsang kekenyalan yang terkait dengan gluten. Tepung bebas gluten tidak selalu dapat menggantikan 1: 1 untuk tepung terigu, jadi pastikan untuk memeriksa resep spesifik kamu. Tepung bebas gluten cocok digunakan untuk kue, pancake, roti, dan muffin.

 

10. Tepung Almond

Jenis tepung ini dibuat dengan merebus almond dalam air mendidih untuk menghilangkan kulitnya, kemudian digiling diayak menjadi tepung yang halus. Tepung almond rendah karbohidrat dan tinggi lemak serta serat sehat. Untuk mengganti tepung gandum dengan tepung almond, mulailah dengan mengganti tepung 1: 1 dan kemudian tambahkan lebih banyak zat peningkat (seperti baking powder atau baking soda) untuk mengakomodasi berat tepung almond yang lebih berat. Tepung ini baik digunakan untuk kue, muffin, pancake, biskuit, dan roti.

 

Kini kamu telah mengetahui macam-macam tepung yang sering digunakan untuk membuat kue. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tepung berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

macam-macam tepung

Related Articles

Jangan Sampai Daging Keras, Ini 5 Cara Masak Daging Biar Empuk

Daging memang cukup tricky untuk diolah. Salah langkah, daging bisa jadi keras dan alot sehingga rasanya pun tidak begitu enak. Padahal...

5 Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit dan Rasanya Lezat

Pare umumnya dihindari oleh banyak orang karena rasanya yang pahit. Padahal di balik rasa pahitnya, pare menyimpan begitu banyak manfaat...

Masak Jadi Praktis, Ini 8 Rekomendasi Paket Sayur Siap Masak Sayurbox

Pernah gak sih Sayurfriends batal masak sayur karena bahannya yang tak lengkap di dapur? Meskipun bahannya terbilang sederhana, tetap saja...