Written by at March 22, 2021
Tips & Trik

11 Makanan Buka Puasa yang Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Kebiasaan menunda waktu makan tentu bisa berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Akibatnya, perut mengalami sakit karena naiknya kadar asam lambung. Bagi penderita gangguan ini, tentu disarankan untuk lebih peduli dalam mengatur ketepatan waktu dan jam makan. Selain soal waktu, jenis makanan yang dipilih juga tidak boleh sembarangan. Karena, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pemicu atau memperburuk kondisi tersebut. Jika kamu memiliki masalah yang sama, tentu kamu harus lebih selektif dalam memilih menu makanan, khususnya saat berbuka puasa nanti. Pastikan menu tersebut aman dan tidak mengakibatkan naiknya asam lambung. Nah, sebagai rekomendasi, berikut ini 11 makanan buka puasa yang sehat untuk penderita asam lambung.

 

Makanan Buka Puasa yang Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Buka Puasa yang Sehat
Makanan Buka Puasa yang Sehat untuk Penderita Asam Lambung. (Foto: Pixabay)

1. Kentang tumbuk (mashed potato)

Kentang merupakan salah satu sumber alternatif makanan pokok. Selain kadar gulanya yang rendah, umbi yang satu ini juga lebih unggul karena memiliki kandungan alkali. Senyawa ini dikenal baik untuk penderita asam lambung karena bisa membantu menetralkan dan menekan gangguan tersebut.

Meski begitu, hanya kentang yang diolah dengan cara direbus atau dikukus saja sebaiknya dikonsumsi. Salah satu menu makanan berbahan kentang yang banyak direkomendasikan adalah mashed potato atau kentang tumbuk. Selain bisa mengurangi gejala asam lambung, kentang juga mampu menyuplai kembali energi yang hilang selama seharian berpuasa.

 

2. Sayur bayam bening

Tidak semua sayuran boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab, beberapa jenis sayur memiliki kandungan gas yang tinggi dan bisa memicu naiknya asam lambung. Sayuran seperti sawi, kol, lobak, dan nangka muda adalah beberapa jenis sayur yang harus dihindari.

Lalu, sayur seperti apa yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung? Jawabannya adalah bayam. Alasannya, tentu karena sayuran ini tidak mengandung gas seperti halnya beberapa sayuran sebelumnya. Kandungan zinc dalam bayam juga dipercaya mampu menghambat sekresi asam lambung, sehingga gejala asam lambung bisa dicegah lebih awal.

 

Baca juga: 11 Makanan Ringan untuk Buka Puasa yang Sehat dan Praktis

 

3. Nasi tim

Bagi penderita gangguan asam lambung, tentu disarankan untuk mengonsumsi makanan bertekstur lunak dan lembut. Tujuannya yaitu untuk meringankan kerja dan proses pencernaan pada lambung.

Salah satu menu hidangan berbuka yang memenuhi kriteria tersebut adalah nasi tim. Pada dasarnya, nasi tim merupakan nasi yang diolah bersama bahan-bahan lainnya, kemudian dikukus dalam waktu yang lama, sehingga teksturnya akan jauh lebih lembut dan lunak.

 

4. Oatmeal

Makanan tinggi serat seperti oatmeal juga direkomendasikan bagi penderita asam lambung. Tingginya serat di dalam oatmeal, dipercaya mampu menekan gangguan lambung tersebut.

Caranya, yaitu dengan menyerap asam lambung yang naik, sehingga hal itu bisa menurunkan gejala refluks asam lambung dan menormalkannya ke kondisi semula.

 

5. Ikan panggang

Tidak hanya berperan sebagai sumber protein, ikan juga dikenal lebih sehat karena rendah akan kandungan lemak. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa ikan menjadi salah satu menu makanan sehat dan aman bagi penderita asam lambung.

Kandungan protein non-lemak di dalamnya dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan pada lambung akibat gastritis yang biasa dialami oleh penderita maag.

Untuk jenisnya sendiri, sebaiknya pilih ikan yang mengandung omega 3 tinggi, seperti ikan tuna, salmon, atau sarden. Ikan-ikan tersebut memiliki anti radang, yang dikenal jauh lebih aman dikonsumsi para penderita gangguan asam lambung.

Selain jenis, pertimbangan cara pengolahan juga tidak boleh sembarangan. Ikan tersebut sebaiknya diolah melalui proses pemanggangan. Jika ingin menggunakan sedikit minyak, sebaiknya pilih jenis minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun.

 

6. Daging tanpa lemak

Para penderita asam lambung memang tidak dianjurkan mengonsumsi daging berlemak tinggi. Apalagi, jika daging tersebut diolah dengan cara digoreng. Meski begitu, bukan berarti mereka tidak boleh menyantap daging sama sekali.

Hanya saja, jenis daging yang diperbolehkan haruslah daging tanpa lemak. Contohnya seperti dada ayam tanpa kulit. Begitu juga dengan proses memasaknya, sebaiknya pilih proses pemasakan yang lebih sehat, seperti dikukus, direbus, atau dipanggang.

 

Ingin mencoba makanan buka puasa yang sehat ini di rumah? Kamu bisa memasak berbagai resep makanan buka puasa yang sehat untuk penderita asam lambung ini dengan membeli bahan-bahannya di Sayurbox. Yuk, beli sekarang, klik tombol “Belanja” di bawah ini, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

7. Roti gandum

Roti gandum yang dikenal tinggi akan serat memang memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satunya bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama dibanding roti yang terbuat dari tepung terigu pada umumnya. Maka, tidak heran, roti gandung kerap dipilih sebagai menu hidangan sahur maupun berbuka puasa. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga bermanfaat untuk menyerap asam lambung jika mengalami kenaikan.

 

8. Pisang

Pisang merupakan buah yang berasal dari daratan tropis. Tidak hanya manis, buah ini juga dikenal mengenyangkan. Teksturnya yang lembut serta kandungan nutrisi yang tinggi, membuat buah ini dikenal sebagai buah sehat. Dalam 1 buah pisang, terdapat kadar pH sebesar 5,6, dimana nilai tersebut mampu membantu menetralisir dan menurunkan kadar asam lambung dalam tubuh, sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah berpuasa seharian.

 

Baca juga: 10 Resep Buka Puasa dan Sahur yang Praktis dan Enak

 

9. Putih telur

Putih telur merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Alasannya, putih telur tidak memiliki lemak tinggi, sehingga tidak memicu terjadinya gejala refluks asam lambung. Sebaliknya, kuning telur justru memiliki kandungan lemak yang tinggi dan harus dihindari. Untuk pengolahannya sendiri, sebaiknya putih telur dimasak dengan cara direbus.

 

10. Yoghurt

Apabila dikonsumsi dalam batas wajar, yoghurt termasuk salah satu makanan yang bisa menekan gejala maag yang diakibatkan naiknya asam lambung. Yoghurt memiliki efek yang bisa memenangkan dinding lambung, sehingga bisa menekan rasa tidak nyaman pada perut. Di sisi lain, kandungan probiotik dalam olahan susu ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan.

 

11. Pepaya

Meski lebih dikenal sebagai pelancar buang air besar alami, namun buah tropis ini juga baik dikonsumsi untuk penderita sakit maag. Kandungan enzim papain dalam buah ini berperan secara tidak langsung untuk meredakan gejala asam lambung. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi beban kerja sistem dan organ pencernaan, termasuk lambung.

 

Baca juga: Cukup Dihangatkan Saat Sahur, Ini 10 Makanan yang Awet Disimpan Selama Ramadan

 

Itulah 11 menu makanan buka puasa yang sehat untuk penderita asam lambung. Supaya tidak bosan, kamu juga bisa kok mengombinasikannya dengan makanan sehat lainnya. Kamu bisa membeli menu makanan buka puasa yang sehat tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...

Post Comment