Written by at October 07, 2019
Ibu HamilTips & Trik

Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

Menjadi ibu hamil adalah salah satu kebahagiaan tersendiri tapi datang dengan tanggung jawab super besar. Harus menjaga kesehatan tubuh juga menjaga kesehatan janin, makanya ibu hamil suka mendapatkan saran dari orang tua atau langsung dari dokter kehamilan. Berikut ini ada beberapa makanan terbaik untuk ibu hamil yang dapat membantu ibu untuk memilih asupan nutrisi yang masuk. Eits, jangan lupa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Produk Dairy

ibu hamil
Source : Unsplash

Dairy adalah produk yang berasal dari susu hewan, mengonsumsi produk dairy baik untuk ibu hamil karena kandungan kalsiumnya. Kalsium dibutuhkan tubuh agar perkembangan janin berjalan baik, yoghurt terutama memiliki kandungan Kalsium yang cukup tinggi diantara produk dairy lainnya. Mengonsumsi Susu, Yoghurt, Keju yang dilakukan di pagi hari disarankan untuk ibu hamil loh.

Kacang-Kacangan

ibu hamil
Source : Unsplash

Ternyata mengonsumsi kacang-kacangan juga baik untuk ibu hamil selain tinggi serat juga tinggi folat yaitu vitamin B9. Folat sudah menjadi bagian penting bagi ibu hamil, folat sebagai nutrisi yang dibutuhkan baik ibu maupun janin terutama di trimester pertama. Sedikitnya konsumsi Folat menyebabkan anak nantinya mengalami sakit di kemudian hari. Kacang-kacangan seperti lentil, edamame, kacang kedelai dan kacang apapun baik dikonsumsi, korporasikan didalam makanan sehari-hari seperti sayur atau kudapan sehari-hari.

Ubi

ibu hamil
Source : Pexels

Ubi tinggi beta-karoten yang ketika di dalam tubuh akan menjadi vitamin A. Vitamin A penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel janin. Ibu hamil disarankan mengonsumsi vitamin A per harinya 10-40%. Tapi vitamin A yang berasal dari hewan disarankan untuk dikurnagi karena dapat menyebabkan keracunan. Ubi 100-150gr mengandung vitamin A yang penuh dan sangat cukup sesuai RDI (Reference Daily Intake)

Sayuran Hijau

ibu hamil
Source : Pexels

Brokoli, Kale, Bayam engga dipungkiri mengandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, Kalsium, Zat Besi, Folat. Folat sudah pasti baik untuk ibu hamil, namun mengonsumsi sayuran hijau baik untuk imunitas tubuh dan untuk pencernaan. Ternyata masalah pencernaan selalu menjadi masalah bagi ibu hamil, nah mengonsumsi sayuran hijau baik untuk mencegah konstipasi.

ibu hamil
Source : Unsplash

Diantara keempat golongan makanan ini silahkan pilih makanan mana yang paling kamu sukai, walaupun semuanya baik untuk ibu hamil. Kacang-kacangan, bayam, kale, ubi yang baik untuk ibu hamil ini bisa kamu dapatkan di Sayurbox. Biar selama proses kehamilan engga repot ke pasar lagi, bisa me time deh sama baby.

Related Articles

Aneka Resep Bengkoang!

Kalau selama ini hanya tau Bengkoang untuk langsung dimakan, atau dicampur dalam rujak berarti kamu salah besar. Bengkoang/Jicama ini...

Perbedaan Hasil Panen Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida

Ternyata hasil panen juga banyak jenisnya, kalau kali ini tergantung metode penanamannya. Ada Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida. Apa...

Mengenal Virgin Coconut Oil

Pasti suka menebak kan apa sih perbedaan antara coconut oil dengan virgin coconut oil? Apa efek penambahan kata virgin untuk kualitas...

Post Comment