Written by at November 14, 2019
Tips & Trik

Makanan Untuk Penambah Darah

Kenapa penting mengetahui makanan untuk menambah darah? Tau ngga Anemia adalah sakit yang sering terjadi, setidaknya 6% orang di Amerika menderita Anemia. Anemia terjadi karena produksi hemoglobin sedikit/berkurang. Hemoglobin adalah salah satu jenis sel darah merah yang bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kalau hemoglobin kita sedikit, tubuh kita akan semakin bekerja keras agar oksigen dapat tersalurkan ke seluruh tubuh. Hal ini yang menyebabkan kenapa tubuh kita cepat lelah dan mengalami pusing, inilah yang disebut dengan Anemia.

Solusi terhindar dari Anemia adalah memastikan produksi hemoglobin kita cukup untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Yang paling bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi untuk memproduksi sel darah merah terutama hemoglobin.

Ada 4 makanan untuk penambah darah, dimana makanan ini mengandung vitamin yang baik untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

Bayam

makanan untuk penambah darah
Source : Unsplash

Bayam kaya akan zat besi yang baik untuk memproduksi hemoglobin. Karena zat besi pada bayam mengandung protein yang nantinya dalam sel darah merah membawa oksigen & karbon dioksida. Dalam 1 cup bayam mengandung 0,81 gram zat besi. Bayam dapat diolah menjadi apa saja, hanya jangan terlalu matang dalam memasak agar tidak menghilangkan sebagian besar kandungan zat besinya. Dapat juga mengonsumsi baby spinach dalam salad untuk mendapatkan manfaat zat besi sepenuhnya.

Kale

makanan untuk penambah darah
Source : Unsplash

Kale termasuk superfood yang berarti makanan dengan manfaat yang banyak. Pastinya Kale juga kaya akan zat besi, Kale dapat dikonsumsi mentah yang lebih memperkaya asupan zat besi dalam tubuh. Konsumsi Kale biasanya dalam salad dicampur dengan olive oil, dalam 100gr Kale mengandung 2,7mg zat besi. Udah tau kan zat besi baik buat memproduksi sel darah merah?

Baca juga tentang Superfood disini

Daging Merah

makanan untuk penambah darah
Source : Pexels

Daging merah seperti sapi, ikan salmon adalah penyumbang vitamin B12 yang cukup besar untuk tubuh. Vitamin B12 penting dalam membantu tulang sum-sum kita memproduksi sel darah merah secara efektif. Kekurangan vitamin B12 mengakibatkan produksi sel darah tidak efisien dan menyebabkan terjadinya Anemia. Hal ini penting diketahui untuk Vegan atau Vegetarian yang cenderung kekurangan vitamin B12 untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12.

Alpukat

makanan untuk penambah darah
Source : Unsplash

Makanan untuk penambah darah yang selanjutnya adalah Alpukat. Alpukat mengandung asam folat atau vitamin B9 yang penting untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini berkaitan pula dengan vitamin B12, jika vitamin B12 berkurang maka asam folat juga berkurang. Perannya asam folat sama pentingnya seperti vitamin B12, makanya mengonsumsi Alpukat yang kaya akan asam folat dapat membantu menambah darah.

Bayam, Kale, Daging Merah dan Alpukat adalah 4 contoh kecil makanan untuk penambah darah. Makanan lainnya juga banyak selama diperhatikan kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan zat besi, vitamin B12 dan folat juga sangat penting dibutuhkan tubuh untuk menambah darah.

Dapatkan sayuran dan buah-buahan favorit kalian di Sayurbox!

Related Articles

Kenali 3 Perbedaan Gula Aren, Gula Merah, dan Gula Batok Sebelum Membeli

Bagi kamu yang gemar memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan nama gula aren. Tetapi terkadang masih banyak pula orang yang belum dapat...

Begini 5 Cara Memilih Alpukat Matang yang Benar

Alpukat adalah salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan omega 3 dan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya...

12 Manfaat Telur Asin untuk Kesahatan yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan makanan yang terbuat dari telur asin atau salted egg. Bahan makanan yang satu ini memang...

Post Comment