Written by at February 08, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 11 Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Polong dengan bentuk memanjang ini memang kerap diolah menjadi tumisan ataupun capcay. Karena tampilannya mirip seperti kacang panjang, banyak yang tertukar ketika menyebutkan nama keduanya. Padahal, jika dilihat secara seksama, bentuk buncis akan cenderung lebih pendek dan agak melebar. Dari sisi kandungan, buncis mengandung beberapa nutrisi dan mineral penting bagi tubuh, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin K, dan folat. Dengan beragamnya kandungan tersebut, tentu ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 11 manfaat buncis untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan.

 

Ini Manfaat Buncis untuk Kesehatan

Manfaat Buncis
Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan

Dalam setiap cangkirnya, buncis segar mengandung 31 kalori. Artinya, polong ini termasuk sayuran rendah lemak. Dengan porsi yang sama, kandungan gula di dalamnya juga terbilang rendah, yaitu 3,6 gram saja. Dengan jumlah tersebut, buncis menjadi salah satu rekomendasi olahan menu makanan diet yang ideal.

 

2. Baik untuk kesehatan jantung

Karena tidak mengandung kolesterol, buncis tidak akan mengganggu kerja dan kesehatan jantung. Malahan, kandungan serat di dalamnya juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kondisi tersebut berpotensi besar terhadap munculnya risiko penyakit jantung.

 

3. Mencegah risiko kanker

Pastinya kamu sering menjumpai buncis dalam setiap menu hidangan daging seperti steak, bukan? Peran buncis sebagai pendamping steak tidak lain sebagai penekan risiko kanker.

 

Daging yang diolah dengan cara dipanggang dengan temperatur tinggi berpotensi menimbulkan efek karsinogenik dari amina heterosiklik, di mana hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya risiko kanker.

 

Kandungan klorofil yang tinggi dalam buncis dipercaya bisa menurunkan risiko kanker dengan cara menghadang efek karsinogenik tersebut.

 

4. Meningkatkan kesuburan reproduksi

Makanan tinggi zat besi dipercaya bisa meningkatkan kesuburan wanita, sehingga peluang hamil akan lebih tinggi. Manfaat ini tidak lepas karena kandungan zat besi dalam buncis terbilang tinggi, yaitu mencapai 1,03 miligram (mg).

 

Selain zat besi, kandungan folat di dalamnya juga baik untuk kesehatan janin. Khususnya, meminimalisir bayi lahir dalam kondisi cacat tabung saraf.

 

Baca juga: Cobain Yuk, Ini 10 Resep Tumis Buncis yang Enak untuk Keluarga

 

5. Menurunkan tingkat depresi

Masih dengan kandungan folat, kandungan tersebut bisa mencegah kelebihan homosistein, yaitu asam amino alami yang apabila kadarnya meningkat atau berlebihan bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah menuju otak.

 

Kondisi ini bisa mengganggu produksi hormon serotonin dan dopamin. Di mana, keduanya berperan penting dalam menjaga mood dan suasana hati seseorang.

 

Ingin merasakan manfaat buncis ini? Kamu bisa membeli buncis segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, langsung klik tombol “Belanja” di bawah ini dan mulai berbelanja sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Kaya akan protein

Dalam setiap cangkirnya, buncis yang dikonsumsi dalam keadaan mentah mengandung 2 gram protein. Nilai tersebut tentu terbilang cukup tinggi.

 

Peran protein sendiri yaitu untuk membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri. Tak hanya imun, protein juga baik untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang, rambut, dan otot.

 

7. Sebagai sumber vitamin alami

Meskipun tidak memiliki rasa asam seperti sumber vitamin C lainnya, ternyata buncis juga memiliki kandungan tersebut. Peran vitamin C sendiri yaitu baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan dan elastisitas kulit dari stres oksidatif. Tak hanya vitamin C, polong hijau ini juga memiliki kandungan vitamin lainnya, seperti vitamin A, B1, B3, B6, E, dan K.

 

Baca juga: Berikut Ini Harga Sayur Mayur Segar dan Berkualitas Terbaru

 

8. Sebagai sumber mineral

Buncis memiliki kandungan mineral yang cukup beragam. Mulai dari kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, mangan, hingga zinc. Salah satu mineralnya, yaitu mangan, dipercaya bisa membantu meningkatkan metabolisme dan kemampuan antioksidan dalam tubuh. Kandungan mineral lainnya juga dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mempercepat proses penyembuhan luka.

 

9. Menambah energi

Sayuran hijau seperti bayam, memang identik sebagai sumber kekuatan karakter Popeye. Tapi, tahukah kamu, ternyata buncis memiliki kadar zat besi dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan sayuran hijau tersebut, lho.

 

Peran zat besi tergolong penting, yaitu sebagai komponen yang berperan untuk menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh sel dalam tubuh, yang pada akhirnya bisa menambah energi orang tersebut.

 

10. Menjaga kesehatan tulang

Selain zat besi, kandungan lain yang juga berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang adalah vitamin K. Kandungan vitamin K dalam buncis tergolong tinggi, sehingga bisa membantu mengaktifkan osteocalcin, yaitu protein non-kolagen utama dalam tulang. Senyawa ini akan mengunci molekul kalsium, sehingga bisa menguatkan tulang dari dalam.

 

Baca Juga : 7 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Benar agar Tidak Mudah Layu

 

11. Menjaga kesehatan mata

Kandungan karotenoid dalam buncis bisa mencegah degenerasi makula, yaitu kondisi yang bisa mengganggu penglihatan dan fungsi mata. Kandungan lainnya seperti lutein dan zeaxanthin juga dipercaya bisa meningkatkan kemampuan penglihatan mata, khususnya saat kondisi gelap.

 

Itulah 11 manfaat buncis untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Meskipun dianggap sederhana, ternyata buncis menyimpan berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan. Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa membeli sayuran hijau yang satu ini di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment