Written by at February 26, 2021
Baby Food

Cari Tahu 9 Manfaat Daun Singkong, Yuk!

Daun singkong memang lazim ditemui di beberapa hidangan khas daerah. Daun ini biasa dikonsumsi sebagai lalapan ataupun diolah menjadi sayur dan tumisan. Meski daun singkong identik dengan hidangan khas Sunda, yaitu sebagai lalapan pendamping sambal, namun nyatanya daun ini juga digunakan pada hidangan khas daerah lainnya, seperti nasi Padang. Meski kamu sering menyantapnya, tapi tahukah kamu, apa sih manfaat mengonsumsi daun singkong bagi kesehatan? Dari beberapa penelitian yang dilakukan, daun singkong memiliki nutrisi yang beragam. Bahkan, jumlahnya bisa melebihi bayam. Beberapa kandungannya yang terbilang tinggi, yaitu protein dan serat. Sedangkan beberapa kandungan lainnya, yaitu vitamin B1, B2, C, karotenoid, dan mineral, seperti fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium. Tingginya kandungan zat besi, asam folat, dan vitamin C yang dimilikinya, membuat daun singkong juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sembilan manfaat daun singkong untuk kesehatan. Yuk, cari tahu!

 

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Manfaat Daun Singkong
Cari Tahu 9 Manfaat Daun Singkong. (Foto: Pixabay)

1. Sebagai pelancar ASI

Mungkin tidak banyak yang tahu manfaat daun singkong yang satu ini. Memang, kebanyakan para ibu justru lebih sering mengonsumsi daun katuk untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal, mereka juga bisa kok mengonsumsi daun singkong sebagai pelancar dan meningkatkan produksi ASI. Hal ini tidak lain karena daun singkong memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral penting yang berperan akan hal itu.

 

2. Mencegah gizi buruk

Kurangnya asupan penting bagi tubuh tentu berdampak pada kondisi dan kesehatan orang tersebut. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang seimbang adalah kuncinya.

Persoalan gizi memang identik dengan produk pangan hewani. Meski begitu, kamu juga bisa kok mendapatkannya dari sumber pangan nabati seperti daun singkong.

Meski tergolong sederhana, namun daun ini memiliki total asam amino esensial yang mirip bahkan hampir setara dengan jumlah protein telur ayam. Kandungan asam amino tersebut juga lebih tinggi dibanding bayam, kacang kedelai, oat, dan beras sekalipun.

 

3. Melancarkan buang air besar

Pencernaan yang tidak lancar bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari kekurangan asupan serat, mengonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu, hingga penyebab lainnya.

Nah, untuk melancarkan masalah tersebut, kamu bisa mengonsumsi daun singkong sebagai solusinya. Kandungan serat dalam daun ini dipercaya bisa membantu melunakkan feses sehingga tidak membuat kamu mengalami konstipasi. Di sisi lain, serat juga berperan dalam memadatkan feses, khususnya bagi kamu yang mengalami diare.

Asupan serat yang cukup juga bisa menjaga sistem pencernaan lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan sistem pencernaan lainnya, seperti wasir, penyakit divertikular, hingga kanker usus besar.

 

Baca juga: Tidak Hanya Harum, Tapi Ini 10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

 

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang terus meningkat bisa mengganggu kinerja organ vital lainnya, termasuk jantung. Untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol agar tetap stabil, kamu bisa mengonsumsi daun singkong.

Jika dikonsumsi sesuai anjuran dan batas yang tepat, daun ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Lebih lanjut, kandungan serat dalam daun singkong juga bisa memengaruhi kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, tetap perhatikan jumlah dan cara pengolahannya. Mengolah daun singkong dengan santan ataupun olahan makanan tertentu, justru bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat.

 

5. Menstabilkan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, menjaga asupan dan kadar gula tentu penting. Hal ini dilakukan agar kadar gula dalam darah tetap stabil dan normal. Nah, salah satu cara menjaga kondisi tersebut, yaitu dengan mengonsumsi daun singkong.

Serat dalam daun singkong dipercaya mampu memperlambat proses penyerapan gula dalam makanan, dengan begitu kadar gula darah akan lebih stabil. Mengonsumsi daun singkong dalam takaran yang tepat juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Ingin merasakan manfaat daun singkong ini? Kamu bisa membeli daun singkong segar dan berkualitas di Sayurbox, yuk, cek produknya dengan tekan tombol “Belanja” di bawah ini!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Mencegah kanker

Kanker bisa muncul karena berbagai faktor. Salah satu cara mencegah risiko tersebut yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa zat antioksidan, seperti polifenol, yang memiliki fungsinya sebagai pencegah kanker. Tak hanya baik untuk menekan risiko kanker, antioksidan juga berperan penting menurunkan risiko penyakit jantung.

 

Baca juga: Yuk, Coba Ini 5 Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

 

7. Mencegah anemia

Anemia bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan zat besi. Nah, salah satu sumber alternatif zat besi alami yaitu daun singkong.

Zat besi sendiri berfungsi membantu meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan mencegah terjadinya anemia. Hal ini umumnya dialami oleh wanita di masa kehamilan.

Saat kondisi tersebut, biasanya pasokan darah, oksigen, dan nutrisi yang dibutuhkan juga akan meningkat. Maka tak heran, daun singkong sangat baik dikonsumsi untuk wanita di masa kehamilan.

 

8. Mencegah gangguan perkembangan janin

Sayuran hijau umumnya kaya akan asam folat, begitu juga dengan daun singkong. Pada dasarnya, kandungan ini sangat penting untuk ibu dimasa kehamilan.

Tercukupinya asupan tersebut tentu bisa menekan risiko terjadinya gangguan perkembangan janin. Maka tak heran, pada masa-masa awal kehamilan, yaitu pada 12 minggu pertama, para ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi daun ini. Jumlah konsumsi asam folat harian untuk ibu hamil yaitu sebanyak 400 mg per hari.

 

9. Meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan janin

Di masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan yang bisa meningkatkan kemampuan imun dan kesehatan janin di dalamnya. Beberapa asupan tersebut antara lain seperti vitamin C dan folat.

Kedua kandungan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin yang dikandungannya. Untuk vitamin C sendiri berperan sebagai booster bagi sistem imun tubuh sekaligus sebagai antioksidan alami. Dengan tercukupinya asupan ini, maka kesehatan janin juga lebih terjaga dan risiko infeksi yang rentan dialami oleh ibu hamil bisa diminimalisir.

 

Baca juga: Bisa Atasi Demam Berdarah, Ini 9 Manfaat Daun Pepaya

 

Itulah sembilan manfaat daun singkong untuk kesehatan dan ibu hamil. Meski kerap dianggap sebagai makanan sederhana, ternyata daun singkong memiliki beragam manfaat yang luar biasa, bukan? Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa membeli daun singkong ini di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

(Siti Kamilla)

Related Articles

Weekend di Depan Mata, Voucher Cashback Rp50.000 Menantimu Buat Belanja!

Wow, ada kabar gembira di akhir pekan! Sayurfriends pengguna Sayurtunai x Sayurkilat di Bintaro, Jaktim, Depok dan Kelapa Gading...

Arek Suroboyo! Saatnya Nikmatin yang Manis-manis dan Gratis

Lagi-lagi ada bonusan tak terkira buat Sayurfriends pengguna Sayurtunai. Kali ini belanja minimal Rp100.000 bisa bawa pulang yang...

Merapat! Ada Voucher Belanja ‘Pasar Kaget’ yang Siap Bikin Gajimu Tetap Awet

Hari-harinya nunggu gajian nih Sayurfriends. Biar penghasilan tetap awet, belanja bulanannya jelas di Sayurbox. Serasa ditraktir, setiap...