Written by at February 15, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 8 Manfaat Jamur Truffle yang Harganya Mahal Level Sultan

Mengolah dan mengonsumsi jamur sebagai hidangan makanan tentu sudah menjadi hal yang umum. Di Indonesia, beberapa jenis jamur yang banyak dikonsumsi dan cukup dikenal luas, diantaranya adalah jamur tiram dan jamur kancing. Lalu, bagaimana dengan jamur truffle? Pernahkah kamu mendengar nama jamur yang satu ini? Jamur truffle merupakan salah satu jenis jamur langka yang dibanderol dengan harga fantastis. Bahkan, untuk setiap setengah kilogramnya saja, kamu harus siap merogoh kantong mulai dari ratusan jutaan hingga miliaran Rupiah. Tak ayal, jamur ini kerap dijuluki sebagai jamur sultan. Awalnya, jamur ini terkenal sebagai penyedap makanan, khususnya dalam budaya kuliner Eropa. Karena keberadaannya yang langka dan hanya bisa tumbuh secara alami di beberapa jenis pohon tertentu saja, tak heran membuat jamur ini berharga sangat mahal. Dengan banderol harga tersebut, kira-kira apa saja manfaatnya? Langsung saja, berikut ini adalah delapan manfaat jamur truffle yang harganya mahal level sultan.

 

Manfaat Jamur Truffle

Manfaat Jamur Truffle
Manfaat Jamur Truffle yang Harganya Mahal. (Foto: Pixabay)

1. Mencegah penyakit kanker

Antioksidan memang umum dijumpai pada sayuran ataupun buah berwarna merah. Meski tidak memiliki warna tersebut, namun jamur truffle juga mengandung antioksidan di dalamnya. Tak hanya antioksidan, jamur truffle juga mengandung antiinflamasi.

 

Kedua kandungan ini memiliki banyak manfaat penting. Salah satunya yaitu bisa mencegah dan mengobati penyakit kanker. Bahkan, jamur truffle diyakini bisa memutus rantai kanker pada keturunan penderita penyakit ini.

 

Kandungan antioksidan dan inflamasi miliknya berperan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Lambat laun, tubuh akan menjadi resisten terhadap serangan sel kanker.

 

2. Mencegah naiknya kadar kolesterol

Seperti halnya kanker, kolesterol juga memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. Ternyata, jamur dengan harga tinggi ini juga bisa mencegah dan menekan munculnya masalah itu.

 

Hal ini tidak lain karena kandungan lemak HDL dan asam amino esensial pada jamur truffle yang terbilang tinggi. Kedua kandungan tersebut memang dikenal baik untuk mengatasi berbagai penyakit degeneratif, seperti kolesterol.

 

Baca juga: Ternyata Ini 4 Alasan Kenapa Jamur Truffle Harganya Mahal

 

3. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan yang menurun membuat penderita kerap menunda waktu makan, bahkan melewatkannya. Akibatnya, tubuh kurang mendapat asupan, sehingga tubuh pun tidak bisa bekerja maksimal. Efeknya, tubuh akan terasa lemas dan lesu.

 

Manfaat lain dari jamur ini salah satunya yaitu untuk meningkatkan adrenalin dalam tubuh, sehingga tubuh mudah berkeringat dan membuat nafsu makan juga meningkat.

 

Sebenarnya, manfaat ini tidak hanya berlaku pada jamur truffle saja. Pada beberapa jenis jamur lainnya, misalnya jamur kuping, jamur tiram ataupun jamur kancing, juga memiliki peranan yang sama sebagai penambah nafsu makan.

 

4. Mencegah risiko penyakit jantung

Jantung merupakan organ vital manusia. Munculnya gangguan atau penyakit pada jantung, tentu tidak bisa disepelekan begitu saja dan sangat serius.

 

Terkadang, penderitanya sama sekali tidak menyadari jika dirinya menderita penyakit ini. Jika dibiarkan, tidak menutup kemungkinan penyakit ini akan memakan korban jiwa.

 

Salah satu manfaat jamur truffle selanjutnya adalah untuk mencegah risiko penyakit jantung. Jamur ini memiliki kandungan yang berfungsi untuk membersihkan saluran darah dalam arteri jantung, sehingga beberapa gangguan yang menjadi pemicu penyakit jantung seperti penyumbatan dan gangguan otot, bisa diminimalisir. Hal itu juga tentu memengaruhi risiko kemunculan penyakit jantung.

 

5. Mengurangi radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Manfaat lain mengonsumsi jamur yang satu ini yaitu bisa mengurangi gangguan tersebut.

 

Hal ini tidak lain karena kandungan antiinflamasi di dalam jamur truffle yang berfungsi sebagai pereda sekaligus mengobati gangguan tenggorokan, seperti batuk dan radang.

 

Setelah mengetahui tentang manfaat jamur truffle, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Sebagai anti-stres

Banyak masyarakat perkotaan yang mengalami stres tanpa mereka sadari sebelumnya. Entah karena pekerjaan yang menumpuk, tekanan kerja, hingga kemacetan yang kerap mereka lalu selama diperjalanan. Meski terdengar sepele, ternyata rutinitas tersebut bisa menjadi penyebab munculnya stres.

 

Kandungan vitamin dalam jamur truffle memiliki manfaat yang baik sebagai pereda stres. Kandungan gizi di dalamnya berperan sebagai pengontrol perkembangan hormon dalam tubuh sekaligus sebagai antistres.

 

Baca juga: Selain Enak, Ini 10 Manfaat Jamur Tiram yang Bisa Kamu Rasakan

 

7. Meringankan sakit kepala

Sakit kepala yang mendera, terkadang membuat penderitanya tidak nyaman beraktivitas. Jangankan untuk bekerja, berdiri pun membuat kepala terasa pusing dan sakit.

 

Nah, manfaat jamur truffle lainnya yaitu bisa membantu meringankan sakit kepala. Kandungan analgesik dan antipiretik di dalamnya dikenal ampuh untuk meringankan gangguan ini.

 

8. Membunuh bakteri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ternyata jamur truffle bisa berperan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri jahat, seperti Staphylococcus aureus. Bahkan, bisa menekan hingga 66 persen. Hasil yang sama juga berlaku pada bakteri Pseudomonas aeruginosa yang relatif resisten terhadap antibiotik.

 

Baca juga: Kenali 3 Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram dan Jamur Kancing

 

Nah, itulah delapan manfaat jamur truffle bagi kesehatan. Selain manfaat, faktor lain yang membuat jamur ini berharga fantastis tidak lain karena kelangkaannya. Bagi kamu yang ingin membeli jenis jamur lainnya yang lebih murah, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment