Written by at March 30, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Jangan Dibuang, Ini 9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut, yaitu jantungnya. Meskipun jantung pisang tidak sepopuler buahnya, tapi banyak juga lho yang menyukainya. Biasanya, jantung pisang diolah dengan cara ditumis atau dimasak kuah santan. Seperti buahnya, jantung pisang juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Nah, untuk kamu yang belum tahu apa saja manfaatnya, berikut ini adalah sembilan manfaat jantung pisang untuk kesehatan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat jantung pisang tersebut, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu jantung pisang dan apa saja kandungan gizinya.

 

Apa Itu Jantung pisang?

Manfaat Jantung Pisang
Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

Meskipun disebut jantung pisang, namun bagian tersebut sebenarnya adalah cikal bakal buah pisang. Jantung pisang terdiri dari beberapa bagian, di mana lapisan pertama adalah kulit terluarnya. Bagian ini ditandai dengan warna merah tua dan agak gelap. Setelah bagian kulit, bagian selanjutnya adalah bagian dagingnya. Bagian ini berwarna putih kekuningan. Selanjutnya adalah bagian bunganya yang terletak di bagian paling atas.

 

Kandungan Gizi Jantung Pisang

Seperti buahnya, jantung pisang juga berperan sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan gizi yang dikandungnya di antaranya seperti vitamin, mineral, serat, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfat, hingga magnesium.

 

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Salah satu yang membuat jantung pisang spesial, yaitu kandungan fitokimia-nya. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan alami bagi tubuh yang dapat memerangi radikal bebas dan berbagai efek jangka panjang yang diakibatkannya. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah sembilan manfaat jantung pisang untuk kesehatan.

 

1. Baik dikonsumsi untuk mendukung program diet

Ketika menjalani program diet atau penurunan berat badan, tentu ada banyak anjuran dan pantangan yang harus dijalankan, terutama dalam urusan makanan. Nah, salah satu manfaat mengonsumsi jantung pisang, yaitu bisa mendukung program diet yang kamu jalani.

Kandungan kalori dan karbohidrat-nya yang rendah, diyakini bisa mendukung program penurunan berat badan. Di sisi lain, jantung pisang yang tinggi akan serat bisa membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama.

Hal inilah yang menjadikan jantung pisang cukup direkomendasikan sebagai hidangan atau menu pendukung diet. Biasanya, jantung pisang diolah menjadi sup ataupun salad.

 

2. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

Rutin mengonsumsi ekstrak jantung pisang selama 30 hari berturut-turut dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Tidak hanya itu, ekstrak tersebut juga dipercaya bisa meningkatkan kadar hemoglobin total dalam darah. Meskipun banyak pendapat positif tentang hal ini, namun kamu tetap harus berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

 

3. Bantu meredakan infeksi yang diakibatkan bakteri

Manfaat ekstrak jantung pisang diyakini bisa membantu meredakan infeksi yang diakibatkan berbagai bakteri, seperti bakteri Bacillus subtilis, Bacillus cereus, dan Escherichia coli. Bakteri seperti Bacillus cereus dan Escherichia coli dipercaya sebagai penyebab munculnya masalah gangguan pencernaan akut, seperti diare, sakit perut, mual, hingga muntah.

 

Selain itu, ekstrak jantung buah berwarna kuning ini juga berpotensi menghambat pertumbuhan parasit dalam tubuh, misalnya seperti Plasmodium falciparum, yaitu salah satu parasit penyebab malaria. Sayangnya, hasil tersebut harus dilakukan pengujian lebih dalam untuk mendapat hasil yang maksimal.

 

4. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Seperti pembahasan di awal, jantung pisang memiliki banyak kandungan penting seperti vitamin, flavonoid, dan juga protein. Karena tingginya kandungan tersebut, membuat jantung pisang memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh.

Antioksidan sendiri berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, serta mencegah efek buruk ke depannya. Jika dibiarkan tanpa penanganan lanjutan, kondisi tersebut bisa memicu timbulnya penyakit kronis lainnya, seperti jantung dan kanker.

 

Baca juga: 7 Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

5. Membantu mengurangi pendarahan saat haid

Beberapa wanita mungkin pernah mengalami pendarahan cukup banyak saat masa haid berlangsung. Salah satu cara untuk menekan dan mengurangi pendarahan yang berlebih di masa itu yaitu mengonsumsi jantung pisang.

Kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan cara memasaknya terlebih dahulu, lalu mencampurkannya dengan 250 ml yoghurt. Kombinasi kedua bahan tersebut dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon progesteron, yaitu hormon yang berperan untuk membantu meredakan pendarahan yang berlebih saat masa haid.

 

Ingin merasakan manfaat jantung pisang? Kamu bisa membeli jantung pisang segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Meredakan gejala dan gangguan saat haid

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jantung pisang juga baik dikonsumsi untuk meredakan gejala dan gangguan saat haid. Ketika kondisi ini berlangsung, banyak wanita yang merasa sakit dan tidak nyaman di sekitar area sensitifnya, serta suasana hati yang terkadang tidak menentu.

Untuk meredakan gejala-gejala ini, kamu bisa mengukus jantung pisang terlebih dahulu, kemudian mencampurkannya bersama yoghurt dan kelapa parut. Kandungan probiotik dan serat di dalamnya, dipercaya bisa mengurangi gangguan tersebut dan meminimalisir terjadinya pembengkakan. Secara alami, kandungan magnesium di dalamnya juga berperan sebagai antidepresan alami, sehingga bisa memperbaiki mood dan menjaga suasana hati.

 

Baca juga: Resep Butternut Gulung Pisang Kukus

 

7. Baik untuk menjaga kesehatan pencernaan

Serat dan probiotik miliknya juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam jantung pisang meliputi serat larut dan yang tidak. Keduanya memiliki peran yang saling mendukung, di mana serat larut berperan untuk meredakan penyakit irritable bowel syndrome (IBS). Sedangkan serat tidak larut bermanfaat untuk mengatasi konstipasi kronis.

 

8. Mencegah terjadinya gangguan saraf

Peran zat antiradikal bebas dalam jantung pisang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari reaksi senyawa berbahaya radikal bebas, seperti pada polusi udara. Apabila tubuh terpapar secara terus menerus tanpa adanya perlindungan, maka tubuh bisa mengalami gangguan saraf seperti alzheimer dan parkinson yang diakibatkan penumpukan senyawa radikal bebas secara terus menerus.

 

9. Baik untuk menjaga Kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital manusia yang berfungsi sebagai pemompa darah dan oksigen ke otak. Terganggunya siklus tersebut, tentu bisa berdampak buruk pada kesehatan hingga nyawa seseorang. Nah, salah satu kandungan penting dalam jantung pisang, yaitu kalium, di mana kandungan ini dipercaya bisa mengurangi dan menjaga tekanan darah. Apabila kondisi ini tidak terkontrol, maka risiko penyakit jantung bisa saja muncul.

 

Baca juga: Manfaat Makanan dengan Kalori dibawah 100!!

 

Nah, itulah sembilan manfaat jantung pisang untuk menjaga kesehatan. Ternyata, bagian yang kerap dibuang dan jarang dimanfaatkan ini menyimpan banyak manfaat yang luar biasa, bukan? Kalau kamu ingin membeli pisang dengan kualitas terbaik, kamu juga bisa membelinya di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Sering Dijadikan Jamu, Ini 11 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun temurun sejak dahulu. Jamu sendiri...

10 Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas, tampilan dan bentuk kembang kol memang mirip dengan brokoli. Namun, perbedaan fisik yang paling mencolok dari keduanya adalah...

Sebelum Rutin Mengonsumsi, Cari Tahu 11 Manfaat Granola yang Baik untuk Kesehatan

Granola adalah salah satu oalahan makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, dan buah kering. Biasanya granola juga ditambahkan...

Post Comment