Written by at May 09, 2022
Tips & Trik

5 Manfaat Kacang-kacangan untuk Program Diet yang Sehat

Saat menjalani program diet, Sayurfriends harus benar-benar memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Dari sekian banyak bahan makanan yang bisa dikonsumsi, ada satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan yaitu kacang-kacangan. Nah, ternyata ada banyak manfaat kacang-kacangan bagi tubuh saat menjalani program diet. Yuk, cari tahu apa saja manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin!

manfaat kacang-kacangan

1. Memenuhi Kebutuhan Lemak

Banyak orang berpikir bahwa tubuh harus menghindari lemak selama program diet. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Meskipun Sayurfriends sedang dalam program diet, pastikan untuk tetap mendapatkan asupan lemak bagi tubuh. Namun, pilihlah jenis lemak yang tepat seperti asam lemak tak jenuh. Zat ini diketahui ada di berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang almond.

Lemak tak jenuh bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Zat ini akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah. Selain itu, asam lemak tak jenuh juga akan bekerja efektif dalam merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Asupan lemak tak jenuh yang memadai bagi tubuh juga akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung maupun stroke.

2. Memberi Rasa Kenyang

Kacang-kacangan juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan bahan makanan satu ini sangat efektif memberi rasa kenyang yang lebih lama. Sayurfriends pasti tahu sendiri bahwa rasa lapar menjadi salah satu kendala saat menjalani program diet. Apalagi bagi tipe orang yang memang mudah merasa lapar. Nah, kacang-kacangan bisa jadi solusi yang tepat agar tidak mudah lapar dan nafsu makan bisa dikendalikan.

Pada dasarnya setiap jenis kacang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Namun untuk hasil yang lebih optimal, Sayurfriends bisa mengandalkan kacang almond yang kandungan proteinnya realtif lebih tinggi dari jenis kacang lain. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan, jenis kacang ini juga biasa dibuat susu dan diminum secara rutin.

Baca juga: 7 Olahan Pasta untuk Diet yang Sehat dan Enak

3. Berperan sebagai Sumber Energi

Manfaat kacang-kacangan berikutnya adalah bisa berperan sebagai sumber energi bagi tubuh saat menjalani diet. Selain mengandung lemak tak jenuh dan protein, kacang-kacangan juga memiliki kandungan kalori yang mencukupi bagi tubuh. Semua zat tersebut akan membantu menghasilkan energi yang memadai sehingga tubuh bisa beraktivitas setiap hari dengan lancar.

Banyak sekali orang yang ternyata merasa lemas saat menjalani program diet. Sayurfriends sebaiknya tidak menjalani program diet yang justru menyiksa dan membuat tubuh jadi lemas. Aturlah pola makan yang tepat supaya program diet tetap jalan tapi tubuh tidak merasa lemas. Misalnya dengan mengonsumsi kacang-kacangan yang bisa jadi sumber energi bagi tubuh.

4. Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

Konsumsi kacang-kacangan pada saat program diet juga bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Saat menjalani program diet, biasanya kadar gula darah jadi tidak terkendali. Umumnya kadar gula darah akan menurun drastis dan sebaiknya Sayurfriends tidak sembarangan mengonsumsi karbohidrat atau makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Lebih baik makan saja kacang-kacangan yang lebih aman dan sehat.

5. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Kacang-kacangan ternyata juga bisa membantu meningkatkan pembakaran lemak di tubuh, lho! Ada penelitian yang membuktikan bahwa individu yang mengonsumsi kacang ternyata memiliki tingkat pembakaran kalori yang lebih tinggi sampai 28%. Jika pembakaran lemak di tubuh meningkat, otomatis berat badan juga bisa berkurang secara efektif!

Nah, kini Sayurfriends sudah tahu apa saja manfaat kacang-kacangan saat menjalani program diet. Bahan makanan yang satu ini bisa jadi pilihan saat Sayurfriends sedang ingin menurunkan berat badan. Kombinasikan saja dengan bahan-bahan makanan lain atau jadikan sebagai camilan sehari-hari.

Related Articles

Jangan Dibiarkan! Begini 5 Cara Tepat Mengatasi Anemia

Merasa pusing, lemas, dan wajah pucat? Bisa jadi ini adalah tanda-tanda anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah...

Kaya akan Nutrisi, Ini 7 Manfaat Minyak VCO bagi Tubuh

Virgin coconut oil atau VCO ialah salah satu jenis minyak kaya manfaat yang aman untuk digunakan luar dalam. Sesuai dengan namanya, VCO ini...

Efektif Bikin Ngantuk, Ini 6 Pilihan Minuman untuk Insomnia

Pernah merasakan insomnia? Insomnia atau sulit tidur akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Biasanya orang dengan insomnia punya...