Written by at March 31, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

10 Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas, tampilan dan bentuk kembang kol memang mirip dengan brokoli. Namun, perbedaan fisik yang paling mencolok dari keduanya adalah soal warna, yaitu dominan putih pada kembang kol dan hijau pada brokoli. Jika ditelisik lebih jauh, kembang kol memang masih berhubungan dengan brokoli dan kubis. Sayuran ini merupakan sayuran silangan yang berkerabat dekat dengan kedua sayuran tersebut. Sama seperti brokoli, kembang kol juga memiliki serat dan nutrisi yang juga tinggi. Maka tak heran, kembang kol kerap disajikan sebagai menu sehat pendukung program diet. Di sisi lain, mengonsumsi kembang kol dalam porsi yang cukup bisa memberikan banyak manfaat. Dari beberapa manfaat tersebut, terdapat 10 manfaat yang bisa diberikan sayuran ini bagi kesehatan tubuh. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat tersebut, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu kembang kol dan apa saja kandungan gizinya.

 

Apa Itu Kembang Kol?

Manfaat Kembang Kol
Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh. (Foto: Pixabay)

Kembang kol atau bunga kol merupakan salah satu tumbuhan atau sayuran yang termasuk ke dalam kelompok Botrytis, khususnya dari jenis Brassica oleracea. Selain dikenal dengan nama kembang kol, sayuran ini juga kerap disebut dengan nama bunga kubis. Penyebutan kembang kol sendiri diambil dari bahasa Belanda, yaitu Bloemkool.

 

Kandungan Gizi Kembang Kol

Berdasarkan informasi yang dimuat Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam setiap cangkir kembang kol mentah terdapat kandungan vitamin C sebanyak 77% dari total kebutuhan harian orang dewasa.

 

Untuk kandungan gizi lainnya, kembang kol diperkaya dengan protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, besi, magnesium, fosfor, zinc, serat, vitamin B6, vitamin K, asam folat, asam pantotenat, dan juga kalium.

 

Alasan mengapa sayuran ini sangat dianjurkan dalam menu sehat pendukung program diet yaitu karena kandungan lemak jenuhnya yang rendah. Bahkan, nilai kandungan kolesterolnya sangat sedikit, yaitu kurang dari 1 gram per kg.

 

Sebagaimana jenis kubis-kubisan lainnya, kembang kol juga mengandung zat antigizi, seperti goitrogen. Zat tersebut bisa membuat perut mengalami kembung jika dikonsumsi berlebihan. Kembali ke pembahasan utama, apa saja sih manfaat mengonsumsi kembang kol? Berikut ini adalah penjelasan mengenai 10 manfaat kembang kol untuk kesehatan tubuh.

 

Baca juga: 10 Variasi Resep Kembang Kol yang Lezat dan Praktis Dimasak

 

Manfaat Kembang Kol

Kembang kol dalam porsi yang cukup bisa memberikan banyak manfaat. Inilah 10 manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh.

 

1. Kaya akan antioksidan

Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang tinggi akan antioksidan. Manfaat kandungan tersebut salah satunya sebagai penekan risiko penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari serangan peradangan dan radikal bebas. Kandungan glukosinolat dan isothiocyanate pada sayuran ini juga dipercaya memiliki manfaat yang sama, yaitu menekan munculnya sel-sel penyebab kanker kolon, paru-paru, payudara, dan prostat.

 

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Jantung merupakan organ vital yang berperan untuk memompa darah dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu manfaat baik dari kembang kol yaitu bisa menekan terjadinya risiko penyakit jantung. Hal ini tidak lain karena sayuran ini mengandung senyawa karotenoid dan flavonoid, yaitu senyawa yang berperan terhadap kelancaran peredaran darah ke jantung.

 

3. Membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh berperan sebagai protektor dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Menurunnya sistem tersebut bisa membuat tubuh mudah terserang flu, terutama saat musim pergantian cuaca.

 

Nah, salah satu manfaat kembang kol yaitu bisa membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa hingga 77%. Vitamin C sendiri berperan penting sebagai pendukung sistem imun pada tubuh.

 

Baca juga: 7 resep bakso vegetarian yang bisa dicoba di rumah

 

4. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Meski jumlah kalori yang dimilikinya sangat rendah, namun kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki kembang kol justru lebih tinggi dibanding beberapa sayuran lainnya. Kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya antara lain, serat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, asam pantotenat, kalium, mangan, magnesium, serta fosfor.

 

5. Membantu menurunkan berat badan

Kembang kol merupakan sayuran dengan jumlah kalori yang sangat rendah. Sebagai perbandingan, sayuran ini hanya memiliki 25 kalori per cangkirnya. Bahkan, 92% dari total beratnya adalah air. Maka tak heran, sayuran ini dikenal sebagai salah satu sumber serat yang baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

 

Ingin merasakan manfaat kembang kol? Kamu bisa membeli kembang kol segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang dengan klik tombol “Belanja” di bawah ini!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Rendah karbohidrat, sehingga cocok sebagai menu diet

Ketika menjalani program diet, tentu makanan yang kamu konsumsi harus memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Apabila kamu bosan dengan pilihan menu makanan diet yang selama ini kamu konsumsi, mungkin kamu bisa mencoba kembang kol sebagai variasinya.

 

Kembang kol memiliki kandungan karbohidrat yang jauh lebih rendah ketimbang biji-bijian dan kacang-kacangan. Sebagai perbandingan, dalam secangkir kembang kol hanya terdapat 5 gram karbohidrat saja, sedangkan nasi bisa mengandung 45 gram. Nilai tersebut setara sembilan kali lipat lebih tinggi.

 

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Dalam setiap cangkirnya, kembang kol mampu menyuplai 3 gram serat bagi tubuh. Jumlah tersebut setara dengan 10% kebutuhan serat harian. Serat sendiri berperan dalam mendukung fungsi bakteri baik dalam usus, sehingga sistem pencernaan akan lebih sehat dan lancar ketika memproses makanan. Efeknya, tentu risiko peradangan dan konstipasi dapat diminimalisir.

 

8. Menjaga kesehatan saraf dan otak

Dalam setiap cangkir kembang kol, tubuh akan mendapat 45 miligram kolin. Lalu, apa manfaat kandungan tersebut? Kolin merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh, terutama untuk membantu menjaga keutuhan membran sel, membantu pembentukan DNA, memperlancar metabolisme tubuh, dan menjaga kesehatan saraf dan otak.

 

9. Meredakan gangguan peradangan

Senyawa glukosinolat yang terkandung dalam kembang kol ternyata bisa berperan sebagai pereda terjadinya peradangan. Tidak hanya meredakan, kandungan tersebut juga berperan untuk menetralkan efek dari radikal bebas dalam tubuh, sehingga sel tubuh yang terkontaminasi bisa dinormalkan kembali dan keberadaan virus dalam tubuh bisa ditekan perkembangannya.

 

Baca juga: 7 resep ikan asam manis, cobain yuk!

 

10. Menjaga kesehatan tulang

Tidak hanya susu, kembang kol juga memiliki manfaat yang sama, yaitu bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat ini bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin dengan jumlah yang cukup. Mengapa kembang kol bisa memiliki manfaat tersebut? Seperti susu, kembang kol juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

 

Itulah penjelasan mengenai 10 manfaat kembang kol untuk kesehatan dan tubuh. Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sayuran yang satu ini. Kamu bisa membeli sayuran yang satu ini di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Sering Dijadikan Jamu, Ini 11 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun temurun sejak dahulu. Jamu sendiri...

Jangan Dibuang, Ini 9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut,...

Sebelum Rutin Mengonsumsi, Cari Tahu 11 Manfaat Granola yang Baik untuk Kesehatan

Granola adalah salah satu oalahan makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, dan buah kering. Biasanya granola juga ditambahkan...