Written by at March 31, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Sering Dijadikan Jamu, Ini 11 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun temurun sejak dahulu. Jamu sendiri terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah pilihan. Salah satu jenis rempah yang umum dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan jamu adalah kencur. Meski kebanyakan dari kamu mungkin pernah mencicipinya, namun tahukah kamu apa saja sih manfaat kencur bagi tubuh? Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat tersebut, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu kencur dan apa saja kandungan di dalamnya.

 

Apa Itu Kencur?

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur Bagi Tubuh. (Foto: Dok. Sayurbox)

Kencur atau yang dikenal juga dengan nama cekur merupakan salah satu tanaman berakar batang yang batangnya terbenam dalam tanah. Bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat daerah, tanaman ini memang lazim diolah sebagai bahan rempah-rempah atau ramuan obat herbal khusus untuk tujuan pengobatan dan menjaga kesehatan.

 

Kencur sendiri merupakan jenis tanaman obat golongan suku temu-temuan atau zingiberaceae. Dalam rimpang atau rizoma kencur, terdapat kandungan minyak atsiri dan alkaloid yang biasa dimanfaatkan sebagai stimulan.

 

Kandungan Gizi Kencur

Dari kandungan gizinya sendiri, kencur memiliki banyak zat dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan dan tubuh. Beberapa kandungan tersebut antara lain, pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom.

 

Sedangkan kandungan penting atau komponen utama tanaman ini, yaitu etil p-metoksisinamat atau yang kerap disingkat dengan EPMS. Kandungan ini merupakan senyawa hasil isolasi rimpang kencur (Kaempferia galangal L.) yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan tabir surya atau pelindung kulit dari sengatan sinar matahari.

 

Setelah kamu mengetahui apa itu kencur dan apa saja kandungan gizinya, maka pembahasan selanjutnya yaitu mengenai manfaatnya. Apa saja sih manfaat kencur itu? Langsung saja, berikut ini adalah 11 manfaat kencur bagi tubuh.

 

Baca juga: 12 Khasiat Jahe Merah untuk Tubuh

 

Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Meski kebanyakan dari kamu mungkin pernah mencicipi kencur, namun tahukah kamu apa saja sih manfaat dari kencur? Inilah 11 manfaat kencur bagi tubuh.

 

1. Mencegah kanker

Kandungan etil p-metoksisinamat pada kencur ternyata tidak hanya bisa diolah sebagai bahan pembuatan tabir surya saja, tapi juga sebagai bahan antikanker. Kandungan tersebut bekerja dengan cara menghambat proliferasi dari sel karsinoma hati hepatoseluler. Manfaat lainnya dari kandungan etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate pada kencur yaitu bisa memberikan efek menenangkan.

 

2. Mengobati penyakit yang diakibat serangan bakteri

Ekstrak kandungan metanol dalam kencur terbilang efektif sebagai penangkal bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat yang diakibatkan bakteri Granulomatous amoebic encephalitis. Bakteri lainnya seperti Amoebic keratitis yaitu penyebab infeksi pada kornea mata serta cacing parasit penyebab penyakit toksokariasis, juga bisa diatasi dengan mengonsumsi ekstrak metanol dari tanaman ini.

 

3. Mengobati kencing batu

Kencur memiliki senyawa yang biasa diolah untuk mengobati penyakit kencing batu. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa mencuci dua rimpang kencur terlebih dahulu, lalu memarutnya dan mencampurkannya dengan segelas air hangat. Sebelum meminumnya, saring terlebih dahulu dan tambahkan sedikit garam. Minumlah secara rutin sebanyak sehari sekali secara teratur hingga kondisi membaik.

 

4. Mengobati diare dan sakit perut

Gangguan pencernaan seperti diare juga bisa diatasi dengan mengonsumsi kencur. Kandungan antiinflamasi dan antioksidan di dalamnya diyakini bisa membantu meredakan dan mengobati gangguan pencernaan, seperti diare.

 

Selain diare, kencur juga bisa diolah sebagai obat luar untuk mengatasi sakit perut. Ramuan tersebut bisa dibuat dengan cara mencuci terlebih dahulu dua rimpang kencur dan dua siung bawang merah, lalu tumbuk keduanya hingga halus. Setelah itu, bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang, dan letakkan di atas api hingga hangat. Jika sudah, taruh atau balurkan ramuan di atas perut yang terasa sakit.

 

5. Mengobati masuk angin dan flu

Masuk angin dan flu sudah menjadi penyakit yang umum dialami saat pergantian cuaca terjadi. Jika kamu mengalami gangguan ini, kamu bisa memanfaatkan kencur sebagai media pengobatan herbal. Caranya, tumbuk terlebih dahulu satu rimpang kencur dengan dua lembar daun kemukus hingga halus.

 

Setelah itu, beri sedikit air hangat dan gunakan sebagai inhaler. Kamu juga bisa mengoleskannya di area sekitar hidung untuk membantu meredakan hidung tersumbat akibat flu yang kamu alami saat ini.

 

Tidak hanya inhaler, sifat antiinflamasi, antioksidan, dan analgesik pada kencur juga bermanfaat untuk mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan, dan meredakan batuk, di mana ketiganya merupakan gejala umum yang ditimbulkan akibat flu.

 

Kamu ingin merasakan manfaat kencur? Kamu bisa membeli kencur berkualitas di Sayurbox, yuk, cek produknya sekarang di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Mengatasi muntah-muntah

Muntah-muntah bisa diakibatkan karena masuk angin atau keracunan makanan. Setelah muntah, biasanya tubuh akan terasa lemas. Untuk mengatasi gejala tersebut muncul kembali, kamu bisa mengunyah kencur berukuran 1,5 jari yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Kunyah bersama sedikit garam hingga hancur, lalu telan. Setelah beberapa saat, biasanya nafas akan terasa lega dan tidak lagi merasa mual.

 

7. Membantu meningkatkan nafsu makan

Dalam ramuan tradisional, kencur kerap dimanfaatkan sebagai ramuan herbal untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Kandungan uni karminatif dalam tanaman ini diyakini bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Umumnya, masyarakat daerah membuatnya menjadi jamu beras kencur.

 

Baca juga: Kamu wajib tau 6 manfaat jahe & serai berikut

 

8. Menurunkan kadar kolesterol

Naiknya kadar kolesterol bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, mulai dari jantung hingga stroke. Untuk itu, penting bagi kamu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap di batas aman. Nah, salah satu manfaat kencur yaitu bisa menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Ekstrak etanol pada kencur dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah secara bertahap. Meski begitu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendapat hasil yang lebih valid dan maksimal.

 

9. Mengatasi infeksi jamur

Tidak hanya bakteri, kandungan lain pada kencur juga dipercaya bisa mengatasi infeksi akibatkan jamur Candida albicans. Senyawa antimikroba di dalamnya berperan sebagai penghambat pertumbuhan jamur tersebut. Jamur Candida albicans sendiri merupakan jenis jamur yang hidup di dalam tubuh manusia, seperti pada saluran pencernaan, mulut, hingga vagina.

 

10. Mencegah karies gigi

Kandungan antimikroba dalam kencur juga berperan menghambat pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus, yaitu jenis bakteri yang hidup dalam mulut manusia. Bakteri ini bisa menyebabkan gangguan pada gigi, seperti karies.

 

Baca juga: 7 manfaat rempah-rempah untuk kesehatan

 

11. Mengatasi gangguan pada kulit

Di awal pembahasan tentu sudah dijelaskan jika ekstrak kencur berperan sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari. Ternyata, manfaat kencur untuk kulit lebih dari itu. Kencur dipercaya bisa membantu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah, membantu mengencangkan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, serta mengobati bekas jerawat pada wajah. Manfaat ini bisa didapat karena kencur memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya.

 

Itulah pembahasan mengenai 11 manfaat kencur bagi tubuh. Jika kamu mengalami masalah kesehatan seperti di atas, alternatifnya kamu bisa memanfaatkan kencur sebagai obat herbal dengan cara mengolahnya terlebih dahulu menjadi jamu. Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, kamu juga bisa membeli kencur tersebut di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas, tampilan dan bentuk kembang kol memang mirip dengan brokoli. Namun, perbedaan fisik yang paling mencolok dari keduanya adalah...

Jangan Dibuang, Ini 9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut,...

Sebelum Rutin Mengonsumsi, Cari Tahu 11 Manfaat Granola yang Baik untuk Kesehatan

Granola adalah salah satu oalahan makanan yang terbuat dari gandum, kacang-kacangan, dan buah kering. Biasanya granola juga ditambahkan...

Post Comment