Written by at September 30, 2022
Manfaat Produk

5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan

Hot coffee in a glass. Doc: Freepik

Meneguk secangkir kopi hitam hangat sepertinya telah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama di pagi hari. Banyak yang bilang dengan mengonsumsi kopi hitam bisa menambah energi. 

Bagaimana dengan Sayurfriends? Apakah kamu termasuk salah satu yang menyakini kopi hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita?

Untuk lebih jelasnya, yuk, kita simak 5 manfaat kopi hitam untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1. Mencegah Depresi

Stress Doc: Freepik

Jika Sayurfriends termasuk salah satu orang yang sering mengonsumsi kopi hitam ketika sedang merasa overthinking, bisa dibilang itu merupakan pilihan yang tepat.

Menurut beberapa penelitian, kopi hitam disebut mengandung antidepresan yang bisa menurunkan risiko depresi. Namun yang tetap harus diingat adalah, depresi bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat juga, ya, Sayurfriends!

2. Menjaga Fungsi Otak

cara-menjaga-kesehatan-otak doc: carevo

Apakah kamu sering merasa kurang fokus kalau belum menyerput secangkir kopi hitam ketika sedang lelah dalam bekerja? Bisa jadi itu benar-benar karena belum ngopi. Salah satu manfaat rutin minum kopi hitam adalah mencegah penurunan fungsi otak. 

Menurut informasi, jenis minuman ini bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia. Kandungan kopi hitam juga disebut bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia. 

Baca Juga: Manfaat Susu Almond

3. Membantu berat badan tetap ideal

Salah satu manfaat unik dari mengonsumsi kopi hitam adalah menjaga berat badan tetap ideal bahkan mungkin dapat membantu menurunkannya. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi minum kopi hitam antara orang yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi hitam dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak. Jadi, mengonsumsi kopi hitam mungkin dapat mendukung usaha menjaga berat badan dan diet Sayurfriends.

4. Mengurangi Resiko Batu Empedu

Ilustrasi Sakit Batu Empedu Doc: Istocphoto

Berbagai manfaat kafein dalam kopi hitam yang disebut-sebut dapat mencegah pembentukan batu empedu. Ini karena kandungan kopi mampu mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan pembentukan kristal atau biasa juga disebut batu di kantung empedu.

Kandungan tersebut dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di sana.

5. Baik untuk Jantung

Jantung sehat Doc: Cardiac Screen Ltd

Menurut informasi yang ditulis situs Harvard School of Public Health, minum kopi hitam secara rutin mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang disebutkan di situs tersebut.

Kabarnya, dengan minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. 

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Current Cardiology Reports membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

Apakah Sayurfriends sudah tertarik untuk mengonsumsi kopi hitam lebih sering? Langsung pilih dan pesan kopi hitam favoritmu di Sayurbox. 

Klik buat belanja kopi hitam di sini!

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...