Written by at May 19, 2022
Kecantikan

Bikin Wajah jadi Makin Glowing, Ini 5 Manfaat Masker Gelatin

Gelatin merupakan protein alami yang berasal dari kolagen yang sudah dimasak. Kolagen banyak ditemukan pada kulit, tulang, dan otot. Kebanyakan orang  mengenal gelatin sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan seperti jeli, namun dibalik itu ternyata gelatin juga menjadi bahan dalam pembuatan masker. Simak berikut ini manfaat masker gelatin tersebut bagi kulit.

manfaat masker gelatin

1. Menjaga Kekencangan Kulit Wajah

Gelatin merupakan superfood yang berasal dari kolagen. Kolegan ini merupakan protein yang bermanfaat untuk menjaga keelastisan kulit dan juga membuat kulit wajah tetap terlihat awet muda, halus, dan glowing. Alhasil, penggunaan masker gelatin ini akan bisa memperlambat munculnya garis halus dan kerutan di wajah, yang merupakan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Hal yang tak sedikit dipertanyakan adalah, bukankah tubuh sendiri masih memproduksi kolagen, mengapa harus memperoleh asupan kolagen tambahan, seperti dengan memakai masker kolagen ini? Salah satu alasannya adalah karena seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen dalam tubuh pun menurun, yang kemudian ditandai dengan berkurangnya kekencangan kulit.

Dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari gelatin inilah, maka kulit wajah akan memperoleh asupan kolagen tambahan. Penyerapan kolagen dari masker gelatin pun akan terbilang lebih cepat berlangsung, karena kontak langsung dengan permukaan kulit.  Alhasil, kesehatan kulit wajah pun tetap terjaga, yang salah satunya ditandai dengan kulit yang terjaga kekencangannya.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati di Permukaan Kulit

Sayurfriends tentu tahu bahwa penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit bisa memicu wajah jadi kusam dan membuat jerawat jadi bersemi. Nah, untuk itulah masker gelatin ini dibutuhkan karena dengan menggunakannya, akan bisa berlangsung proses eksfoliasi, di mana sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah jadi terangkat, begitu pun dengan kotoran lainnya di wajah.

3. Memperhalus Kulit

Manfaat masker gelatin selanjutnya yang bisa Sayurfriends rasakan membuat kulit menjadi lebih halus. Gelatin mengandung ragam nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, khususnya protein, yang mana saat diaplikasikan ke kulit wajah, akan mengisi celah tak kasat mata di permukaan wajah. Celah di wajah yang terisi kembali ini pun membuat permukaan kulit wajah jadi lebih halus.

4. Mencegah Munculnya Jerawat

Siapa sih yang gak sebal saat jerawat bersemi di wajah? Apalagi jika jerawatnya meradang, selain menahan rasa sakit, jerawat pun jadi terlihat begitu kentara, sehingga tak jarang banyak orang yang menurun kepercayaan dirinya saat sedang berjerawat. Salah satu pemicu munculnya jerawat ini sendiri adalah tersumbatnya pori-pori wajah oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati.

Penggunaan masker gelatin sendiri akan bisa membantu mengangkat minyak, kotoran, dan tumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah tersebut. Dengan begini, maka pori-pori wajah akan jadi lega, serta yang pastinya jerawat enggan untuk bersemi di permukaan kulit wajah. Wajah pun jadi terasa segar, bersih, dan sehat.

5. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Banyak hal yang bisa memicu terjadinya penuaan dini pada kulit, seperti paparan sinar matahari, polusi, serta pola hidup yang tak sehat. Selain memang karena pertambahan usia yang memicu berkurangnya produksi kolagen, faktor lainnya tersebut turut memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan di wajah.

Jika tak segera diatasi, tanda-tanda penuaan dini ini tentu makin lama akan makin banyak, sehingga wajah pun bisa jadi terlihat lebih tua dibandingkan dengan umur sendiri. Nah, salah satu cara untuk mencegah terjadinya penuaan dini ini adalah dengan meningkatkan asupan kolagen dari masker gelatin, sehingga kekencangan wajah terjaga dan garis halus serta kerutan jadi tersamarkan.

Nah, itulah tadi lima manfaat masker gelatin yang bisa Sayurfriends peroleh dengan melakukan pemakaian secara rutin. Masker gelatin diketahui kaya akan nutrisi penting bagi kulit wajah, khususnya kolagen, yang diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kekencangan atau keelastisan kulit wajah. Jadi, tunggu apa lagi? Coba pakai masker gelatin ini mulai dari sekarang.

Related Articles

Bantu Hidrasi Kulit, Ini 6 Manfaat Bunga Telang untuk Kecantikan

Bagi masyarakat di tanah air, bunga telang bukanlah bunga yang asing. Tak hanya dijadikan sebagai penghias rumah, namun bunga telang juga...

Jangan Kemakan Hoaks, 6 Mitos Skincare Ini Wajib Diketahui

Makin hari, makin banyak orang yang peduli dengan perawatan kulitnya. Sayangnya, tak sedikit pula cara merawat kulit tersebut yang tak...

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Sayur Kale untuk Kecantikan

Di sekitar kita ada banyak jenis bahan alami yang bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah sayur kale yang sering diolah jadi...