Written by at September 23, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Manfaat Rempah Masakan Populer

Tau sih di dapur ada banyak banget bumbu yang wajib dipakai pas masak, tapi masih belum tau bisa ngasih manfaat seperti apa untuk tubuh? Padahal bumbu dapur atau rempah-rempah ini selain memberikan aroma sedap dan rasa menarik di masakan juga punya banyak manfaat. Nah, apa aja sih manfaat rempah masakan ini untuk tubuh kita?

Daun Salam

Biasa juga dikenal dengan Bay Leaf, salah satu jenis daun yang paling sering digunakan dalam aneka masakan yang dibuat. Banyak yang menolak menggunakan daun salam karena tidak memberikan rasa yang spesifik, tapi disitulah keindahan daun salam. Daun Salam tidak akan memberikan rasa yang kuat, hanya akan mendukung cita rasa dari masakan itu sendiri. Dengana danya Daun Salam, makanan lebih 1 tingkat berasa dan menarik.

manfaat rempah
Source : Unsplash

Daun Salam juga memiliki kandungan nutrisi yang membawa banyak manfaat diantaranya 50% Essential Oil berupa Sineol, komponen aktif seperti myrcene, limonene,  yang dikenal sebagai antiseptik, juga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B-complex dan juga sumber banyak mineral.

Bayangkan saja, daun salam yang selalu digunakan dalam masakan ternyata sangat bermanfaat loh.

Jahe Merah

Kalau biasanya hanya mengenal Jahe berwarna putih, kali ini ada Jahe Merah yang lebih dikenal sebagai obat atau minuman herbal. Jahe Merah mengandung minyak atsiri yang lebih tinggi dibanding jahe putih, oleh sebab itu mengeluarkan aroma dan rasa pedas yang juga lebih tinggi. Dengan adanya Jahe Merah juga semakin susah membedakan antara lengkuas dan jahe yaa, padahal gampang banget loh, cium aja aromanya kalau lebih pedas berarti itu jahe.

manfaat rempah
Source : intisari.grid.id

Selain kandungan minyak atsiri yang tinggi juga mengandung Gingeol dan Oleorosin yang juga tinggi dibanding jahe putih. Sisanya kandungan vitamin dan mineral pada jahe putih sama dengan pada jahe merah.

Kencur

Rempah-rempah wajib yang ada di dapur selanjutnya nih Kencur, atau mungkin banyak yang mengenalnya lewat beras kencur. Rempah yang sering digunakan untuk memberikan kesegaran pada sayuran berkuah bening seperti bayam dengan jagung bening. Bukan hanya itu kencur juga ternyata mengandung banyak manfaat dengan tingginya kandungan minyak atsiri didalamnya.  Manfaat rempah ini diantaranya dapat mengobati batuk, menghilangkan stress sampai mengobati diare. Karena kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan anti-bakteri.

manfaat rempah

Nah, sekarang salah satu alasan menggunakan rempah-rempah diatas selain memberikan rasa yang kuat juga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Siap mencoba? Dapatkan aneka rempah disini!

Related Articles

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski namanya tak sepopuler strawberry, bukan berarti khasiat blueberry berada jauh di bawahnya. Sama seperti jenis berry lainnya,...

Post Comment