Written by at August 25, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Mengenal dan Manfaat Kurma Ruthab yang Wajib Kamu Tahu

Kurma adalah salah satu buah yang wajib ada saat momen Ramadan. Buah kurma yang bisanya disajikan saat bulan Ramadan kurma biasanya adalah kurma yang berwarna coklat tua dan rasanya manis. Namun, ternyata ada juga jenis kurma lainnya yang sering dicari bukan karena rasanya tapi ada banyak manfaat kurma ruthab untuk kesehatan. Jenis kurma tersebut adalah kurma ruthab. Kurma ruthab disebut juga kurma muda. Hal paling utama yang membedakan kurma ruthab dan jenis kurma biasa yang sering dikonsumsi adalah tingkat kematangannya.

 

Tingkat kematangan kurma terbagi dalam 4 fase yaitu Chimri, Khalal, Ruthab dan Tamar. Chimri adalah tahap paling muda sedangkan Tamar adalah tahap dimana kurma matang sempurna. Ruthab walapun merupakan tahap ke-3 dalam proses pematangan kurma namun bentuknya masih terlihat sangat muda dan segar, dengan warna kuning, merah atau hijau. Tekstur kurma yang berusia muda ini cenderung lebih renyah dibandingkan dengan kurma pada umumnya yang telah matang sempurna. Selain itu, rasa kurma ini pun tidak begitu manis. Pada tahap ruthab, kurma sebenarnya sudah mulai matang dan teksturnya cukup lembut untuk dimakan.

 

Kurma dengan tingkat kematangan ruthab ini sama seperti kurma lainnya yang juga berasal dari pohon palm dan biasanya dibudidayakan dari Timur Tengah, Afrika, India, Bangladesh dan Pakistan. Selain itu, daerah-daerah yang terkenal dengan iklim tropis, seperti di Indonesia juga sudah mulai membudidayakan berbagai jenis kurma termasuk kurma ruthab.

 

Kurma Ruthab terkenal karena memiliki banyak manfaat, terutama untuk wanita. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Jenis kurma ini mengandung hormon biostin, hormon serupa oksitosin, zat besi 0,90mg dalam 100gr, antioksidan diantaranya beta karoten, lutein, zeaxanthin, vitamin B-complex seperti pridoksin, niasin, asam pantoterat, dan riboflavin, kandungan vitamin A dan gula fruktosa untuk memberikan energi. Setelah mengenal apa itu kurma ruthab, kini cari tahu, yuk, apa saja manfaat kurma ruthab.

 

Ini kandungan gizi Kurma Ruthab per 100 gram:

  • Kalori : 281 Kkal
  • Protein : 2,5 gram
  • Karbohidrat : 75 gram
  • Gula : 63 gram
  • Serat : 8 gram
  • Lemak : 0,4 gram

 

Ini manfaat kurma ruthab untuk kesehatan

manfaat kurma ruthab
Manfaat kurma ruthab untuk kesehatan. (Foto: Dok. Sayurbox)

1. Memberi energi bagi tubuh

memberi energi
Memberi energi bagi tubuh (Foto: Thought Catalog)

Kandungan gula fruktosa dalam kurma ruthab, dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Sehingga dapat memberi energi dan merevitalisasi tubuh dengan cepat. Ini alasannya, kurma ruthab sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan saat tubuhmu kekurangan energi.

 

2. Menjaga kesehatan mata

menjaga kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata (Foto: Unsplash)

Khasiat kurma ruthab adalah menjaga kesehatan mata, hal ini karena kandungan vitamin A dan senyawa zeaxanthin didalamnya yang menawarkan perlindungan terhadap degenerasi makula terkait usia. Maka, dengan rutin mengonsumsi kurma ruthab, mata kamu dapat senantiasa terjaga.

 

3. Baik untuk ibu hamil

baik untuk ibu hamil
Baik untuk ibu hamil (Foto: Unsplash)

Bukan rahasia lagi bahwa khasiat kurma ruthab sangat berguna bagi ibu hamil. Kandungan hormon oksitosin, zat besi, dan kalsium di dalam kurma ruthab diketahui dapat membantu mempercepat proses kelahiran. Buah renyah ini juga mencegah terjadinya perdarahan hebat saat melahirkan karena kandungan vitamin K di dalamnya yang dapat berfungsi mencegah pembekuan darah sehingga darah yang keluar lebih terkontrol.

 

Bahkan kandungan fitoestrogen dan Hormon Botosin dalam kurma ruthab pun memiliki aktivitas estrogenik yang memiliki struktur serupa dengan estrogen alami wanita sehingga dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. Buah kurma ruthab, juga bisa dimanfaatkan oleh laki-laki sebagai makanan sehat guna meningkatkan kualitas sperma Untuk pasangan yang menantikan kehadiran buah hati, tak ada salahnya untuk mengonsumsi secara rutin buah yang satu ini.

 

Baca juga: Bosan Dikonsumsi Utuh, ini 11 Olahan Kurma yang Enak dan Menggugah Selera

 

4. Meningkatkan produksi air susu ibu

meningkatkan air susu ibu
Meningkatkan produksi air susu ibu (Foto: Unsplash)

Selain daun katuk yang bisa meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI), kurma ruthab dapat kamu jadikan alternatif bagi ibu menyusui. Kandungan oksitosin dalam buah kurma ruthab dapat meningkatkan produksi ASI untuk bayi.

 

Ingin mencoba manfaat kurma ruthab?  Yuk, beli kurma berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga.

 

manfaat kurma ruthab

 

5. Membantu proses metabolisme tubuh lebih optimal

manfaat telur asin untuk kesahatan
Membantu proses metabolisme tubuh lebih optimal (Foto: Pixabay)

Khasiat kurma ruthab lainnya yaitu sebagai sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B-kompleks, seperti pridoksin, niasin, asam pantotenat dan riboflavin yang bertindak sebagai c0-factor dalam proses metabolisme karbohidrat, protein juga lemak di dalam tubuh.

 

Baca juga: 10 Manfaat Menakjubkan Kurma untuk Ibu Hamil yang Bisa Kamu Coba

 

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

kekebalan tubuh
Meningkatkan kekebalan tubuh (Foto: Unsplash)

Dalam kurma ruthab terkandung berbagai senyawa antioksidan seperti, beta karoten, flavonoid, karotenoid, asam fenolik, lutein dan zeaxanthin yang memiliki andil besar dalam memberikan proteksi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Zat-zat tersebut menjadi sumber khasiat kurma muda untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, alzheimer dan diabetes.

 

7. Kaya akan antioksidan

Kaya akan antioksidan (Foto: iStockphoto)

Di dalam kurma ruthab terkandung berbagai senyawa antioksidan seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang memiliki andil besar dalam memproteksi sel-sel tubuh dari radikal bebas untuk mencegah timbulnya kanker dan beragam penyakit kronis lainnya.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Kurma Coklat untuk Camilan

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat kurma ruthab ini saat puasa? Yuk, beli kurma berkualitas di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga.

 

manfaat kurma ruthab

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment