Written by at November 13, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 11 Manfaat Chia Seed, Superfood untuk Menangkal Berbagai Penyakit

Seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat pada pola hidup sehat, secara tidak langsung juga berpengaruh pada tingginya permintaan terhadap makanan organik. Salah satu makanan organik yang mulai banyak diminati yaitu chia seedChia seed adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. dan banyak dijumpai di kawasan Meksiko serta Amerika Selatan. Seiring dengan kepopulerannya, chia seed pun kini dikenal hingga ke penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Biji-bijian dengan kandungan protein 19% ini juga dikenal sebagai superfood. Biasanya, chia seed dikonsumsi dengan cara dicampur dengan makanan atau minuman lain, seperti sup, salad, bubur oat, jus, smoothies, ataupun yoghurt. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan manfaat makan organik yang satu ini, berikut adalah 11 manfaat chia seed, superfood untuk menangkal berbagai penyakit yang wajib kamu tahu.

Kandungan gizi pada 28 gram chia seed

  • 11 gram Serat
  • 4 gram Protein
  • 9 gram lemak
  • Kalsium
  • Mangan
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Vitamin B3
  • Potasium
  • vitamin B1
  • vitamin B2

Ini manfaat chia seed untuk kesehatan

manfaat chia seed
Manfaat Chia Seed, Superfood untuk Menangkal Berbagai Penyakit. (Foto: Pixabay)

1. Membantu memperlancar sistem pencernaan

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Kandungan serat yang cukup, tentu bisa membantu menjaga sistem pencernaan seseorang. Nah, manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi chia seed. Kandungan seratnya yang tinggi, ternyata tidak hanya bisa melancarkan pencernaan sistem pencernaan saja. Manfaat lain dari biji-bijian yang satu ini yaitu mengurangi kadar lemak dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tak heran, chia seed juga kerap dimasukan dalam menu program diet.

2. Menurunkan kolesterol

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti jantung. Salah satu kandungan dari chia seed yaitu, asam lemak omega-3, yang dikenal baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Asam lemak omega-3 sendiri dikenal mengandung lemak monounsaturated yang terbukti ampuh dalam menekan kadar lemak jahat.

3. Kaya akan antioksidan

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Polusi udara dan gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi pemicu munculnya masalah kanker. Siapa sangka, chia seed ternyata mengandung antioksidan yang juga tinggi. Salah satu manfaat kandungan ini tidak lain bisa membantu menangkal radikal bebas pada kulit, sehingga bisa menekan terjadinya penuaan. Jika dikonsumsi secara rutin, chia seed juga bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa membantu proses regenerasi kulit dan melindungi paparan sinar matahari.

Baca juga: Ini 5 Cara Membuat Chia Pudding yang Sehat dan Praktis untuk Sarapan

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Kalsium merupakan salah satu mineral yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat tersebut ternyata bisa kamu dapatkan dalam chia seed. Tidak hanya kaya akan kalsium, kandungan lain seperti mangan juga terkandung cukup tinggi di dalamnya. Nah, kedua kandungan tersebut ternyata juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Membantu mempercepat pertumbuhan rambut

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Masalah rambut rontok mungkin terdengar sepele. Namun, jika terjadi dalam rentan waktu yang cepat dan kuantitas yang tinggi, pastinya bisa merusak kepercayaan diri kamu. Untuk membantu menjaga kekuatan dan pertumbuhan rambut, kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E. Nah, salah satu stimulannya bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi chia seed.

Ingin mencoba manfaat chia seed? Kamu juga bisa membeli chia seed secara online di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

manfaat chia seed

6. Menjaga kesehatan jantung

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital. Peran jantung yaitu tak lain sebagai pemompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Salah satu kandungan chia seed yaitu, asam lemak omega-3, yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, kandungan omega-3 miliknya juga dikenal baik dalam mengurangi produksi trigliserida dan menurunkan tekanan darah.

7. Menekan pertumbuhan sel kanker

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Polusi udara dan gaya hidup tidak sehat memang menjadi salah satu pemicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Untuk menekan hal itu, kamu bisa mengonsumsi chia seed secara rutin. Selain antioksidan yang tinggi, kandungan lainnya seperti asam alpha-linoleat juga dikenal baik dalam mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker, misalnya saja seperti kanker payudara.

Baca juga: 7 Resep Dessert Mudah dan Sehat untuk Dicoba di Rumah

8. Kontrol gula darah

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Layaknya efek domino, tingginya kadar gula darah juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya. Nah, untuk menekan masalah itu, kamu bisa mengonsumsi chia seed secara rutin. Selain bisa membantu mengurangi masalah resistensi insulin dalam tubuh, biji-bijian organik ini juga bisa menekan dan meminimalisir terjadinya penyakit diabetes.

9. Meningkatkan kualitas tidur

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Tidur berkualitas tentu berpengaruh pada kesiapan kamu menjalani aktivitas di esok hari. Salah satu cara meningkatkan kualitas tidur, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan triptofan. Ternyata, chia seed juga dikenal kaya akan kandungan tersebut. Selain itu, kandungan omega-3 miliknya juga bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres pada tubuh. Apabila pikiran dalam kondisi tenang, tentu kualitas tidur pun dapat lebih terjaga.

10. Mencegah terjadinya hipotiroid

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Hipotiroid merupakan sebuah kondisi di mana tubuh kekurangan kadar hormon tiroid. Pasalnya, hormon ini memiliki pengaruh penting terhadap seluruh organ dan sel-sel dalam tubuh. Salah satu manfaat mengonsumsi chia seed yaitu, bisa membantu kamu menambah kadar hormon tiroid berkat kandungan omega-3 di dalamnya.

Baca juga: 15 Makanan Sehat untuk Diet yang Aman dan Seimbang

11. Menjaga perut kenyang lebih lama

manfaat chia seed
Sumber Gambar: Pixabay

Chia Seed dinamakan superfood bukan tanpa sebab, chia seed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan kandungan lemak baik pada chia seed. Oleh karena itu, mengonsumsi chia seed saat pagi hari dapat membuat perut kenyang lebih lama hingga siang hari.

Nah, itulah 11 manfaat chia seed, superfood untuk menangkal berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Apabila kamu mengalami salah satu dari masalah tersebut, mungkin ini saatnya bagi kamu mencoba makanan organik yang satu ini. Selain itu, kamu juga bisa membeli chia seed secara online di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

manfaat chia seed

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Punya Rasa yang Kuat, Ini 9 Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu tentang oregano. Wajar saja, tanaman ini memang cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Karena memang, oregano lebih...

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi...

Selain Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Buah Plum Merah

Plum agaknya belum terlalu populer di Indonesia. Sayang sekali, padahal ada banyak manfaat buah plum merah yang bisa kamu rasakan. Bagi...

Post Comment