Written by at August 27, 2019
Informasi PentingManfaat Sayur dan Buah

Mengenal Manfaat Chia Seed

Bagi sebagian orang chia seed atau biji chia tidak begitu familiar, tapi sebagian orang lainnya mengkonsumsi chia seed sebagai salah satu menu wajib mereka. Untuk yang tidak familiar dengan chia seed, ada baiknya mengetahui apa itu chia seed dan manfaat chia seed untuk tubuh kita.

Orang yang mengkonsumsi chia seed memiliki kecenderungan untuk menjadikannya sebagai chia pudding untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan. Sebagian lainnya menjadikan chia seed sebagai topping dan campuran dalam smoothies mereka. Banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi chia seed, tapi agar jangan sampai salah mencerna manfaatnya ada baiknya ketahui dulu asal chia seed dan cara terbaik mengkonsumsinya.

manfaat chia seed
Source : Pixabay

Chia Seed (Salvia hispanica) adalah tanaman bunga dari keluarga mint. Mungkin jarang menemukan bunganya, tapi kalau bijinya sendiri sudah mulai dijual di pasaran sayangnya dengan harga yang cukup mahal. Suku Mayan suka mengkonsumsi chia seed sebagai sumber energi utama mereka. Hal ini dipengaruhi karena kandungan nutrisi chia seed yang melimpah.

Chia Seed mengandung 25% minyak yang dapat diekstrak, hal ini berhubungan dengan dalam bahasa Aztec, Chia berarti Minyak. Chia Seed juga kaya akan omega-3, protein tumbuhan, karbohidrat yang cukup tinggi, dan mineral lainnya seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor dan mangan. Semua nutrisi dalam chia seed juga didukung oleh kandungan serat yang cukup tinggi. Makanya engga jarang orang mengkonsumsi chia seed sebagai salah satu menu sarapan mereka.

manfaat chia seed
Source : Pixabay

Manfaat Chia Seed

Biji kecil berwarna hitam ini jika sudah dikonsumsi akan memberikan manfaat yang cukup baik untuk tubuh. Tinggi kandungan seratnya baik untuk melancarkan pencernaan dan kesehatan saluran pencernaan, didukung juga dengan tinggi kandungan air. Tapi, ada penelitian yang mengatakan karena bijinya yang super kecil jika dikonsumsi terlalu berlebihan dalam 1 kali konsumsi akan menyebabkan sembelit. Jadi, ada baiknya konsumsi dalma jumlah yang cukup dan dengan cara yang benar.

manfaat chia seed
Source : Unsplash

Dalam 1cup chia seed mengandung karbohidrat setidaknya 42%, tinggi kandungan karbohidrat dapat memberikan energi yang super saat sarapan pagi hari. Hal ini yang menjadikan suku Mayan benar-benar percaya dengan kemampuan energy boosting dari chia seed.

Sayangnya, penelitian terhadap chia seed tidak membenarkan kalau chia seed dapat menurunkan berat badan yang signifikan. Kandungan serat yang tinggi hanya membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, dan membantu mengontrol nafsu makan. Namun, bukan berarti dapat menurunkan berat badan loh ya.

Manfaat lainnya adalah seperti membantu menjaga kesehatan jantung, dan tinggi kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya untuk tubuh.

manfaat chia seed
Source : Unsplash

Nah kalau sudah tau manfaat chia seed, yuk kita bedah sama-sama bagaimana cara mengolahnya agar mendapatkan manfaatnya lebih banyak.

Tidak ada penelitian spesifik untuk cara terbaik mengkonsumsi chia seed agar mendapat manfaat terbaiknya. Tapi yang harus dipastikan adalah dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan dengan kombinasi makanan yang tepat.

Chia Seed sering dijadikan chia pudding, dengen merendam chia seed selama semalaman dengan susu, jus atau air putih biasa. Jika ingin mendapatkan rasa yang lebih dapat ditambahkan madu, cara ini biasanya dikonsumsi sebagai salah satu sarapan praktis karena dikombinasikan dengan buah-buah segar maupun buah frozen.

manfaat chia seed
Source : Unsplash

Chia seed juga sering dicampurkan ke dalam smoothies untuk menambah tekstur, rasa dan manfaat. Sering juga dicampurkan ke dalam minuman tertentu, bahkan beberapa orang senang memanggangnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Semua cara ini dapat dilakukan dan tetap mendapat manfaat terbaik chia seed.

Sudah yakin mau konsumsi chia seed? Dapatkan disini!

Related Articles

Perbedaan Jenis Beras (Putih, Merah, Hitam & Coklat)

Beras adalah salah satu bahan pokok Indonesia, hidup tanpa beras rasanya ada yang kurang terutama di daerah perkotaan. Namun, semakin...

Mengenal Sea Grapes dan Manfaatnya

Ada yang pernah mendengar Sea Grapes? Kalau belum, mungkin pernah dengar Umibudo juga? Atau belum juga? Tenang, hari ini kita akan mengenal...

Perbedaan Makanan Asian & Western

Indonesia termasuk Asia Tenggara, makanan Indonesia bagaimanapun masuk dalam kategori Asian Cuisine begitupula Vietnam, Filipina, Cina,...

Post Comment