Written by at September 11, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Mengenal Sea Grapes dan Manfaatnya

Ada yang pernah mendengar Sea Grapes? Kalau belum, mungkin pernah dengar Umibudo juga? Atau belum juga? Tenang, hari ini kita akan mengenal sea grapes dan juga manfaat sea grapes itu sendiri, bagaimana rasa sea grapes dan cara mengonsumsinya.

Apa itu Sea Grapes?

Sea Grapes atau dalam bahasa jepang dikenal dengan nama Umibudo (Umi – Sea ; Budo – Grapes) jadi secara bahasa Umibudo juga berarti Sea Grapes. Dinamakan Sea Grapes karena bentuknya menyerupai anggur tapi berasal dari laut.

Umibudo sendiri pertama dikenal di laut Jepang bagian Selatan tepatnya Okinawa. Sea Grapes dibudidaya karena merupakan salah satu jenis alga yang daunnya berbentuk bola-bola kecil. Bola-bola kecil (bubble) ini adalah daunnya Alga jenis Bryopsidale green algae yang tumbuh & terlihat dibawah permukaan laut. Iya, daunnya berbentuk bubble ini.

mengenal sea grapes
Source ; Steemit

Sea Grapes ini berwarna hijau dengan ukuran kecil dan sensasi yang akan pecah didalam mulut ketika dimakan. Bagian batangnya juga dapat dikonsumsi loh.

Sekarang sea grapes sudah dibudiayakan di Indonesia tepatnya di Bali. Penasaran manfaatnya apa sih yang diklaim super bermanfaat ini?

Nutrisi & Manfaat Sea Grapes

Sea Grapes sudah banyak dikonsumsi dalam makanan Jepang, ada alasannya nih. Selain rasanya yang fenomenal, juga kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh.

Nutrisi yang terkandung didalam 100gr Sea Grapes

mengenal sea grapes
Source ; Favy-jp
  1. 330mg Sodium
  2. 39mg Potassium
  3. 34mg Kalsium
  4. 51mg Magnesium
  5. 10mg Fosfor
  6. 8mg Zat Besi
  7. 08mg Mangan
  8. 01mg Copper
  9. 80µg Iodin
  10. 10µg Vitamin A setara Retinol
  11. 2mg Vitamin E Alfa Tokoferol
  12. 35µg vitamin K
  13. 4µg Folat
  14. 1µg Biotin

Mengonsumsi Sea Grapes baik bagi tubuh diantaranya :

  1. Memperkuat Tulang & Sendi

Kandungan Omega-3 yang terdiri protein, kalsium, dan fatty acid poliunsaturated-nya selain baik untuk mengurangi inflamasi juga baik untuk menurunkan resiko tulang rapuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata & Jantung

Unsaturated Fatty Acid seperti AA, LA, DHA, EPA dan ALA dapat meningkatkan fungsi penglihatan, memori, menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi.

mengenal sea grapes
Source ; Favy-jp
  1. Mencegah Hipertensi

Kalsium dan Potassium dalam sea grapes dapat menurunkan tekanan darah karena memicu ekskresi dan melancarkan tekanan darah normal untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat lainnya seperti mencegah konstipasi, mencegah gondok, mengurangi resiko depresi dan sebagai salah satu makanan anti-kanker.

Cara Mengonsumsi Sea Grapes

Kalau sudah tau apa itu Sea Grapes, harus tau juga bagaimana cara terbaik mengonsumsinya. Di Jepang sendiri orang mengonsumsi Sea Grapes biasanya dengan Sashimi atau saus mirin maupun Shoyu. Cara ini paling populer di Jepang dan beberapa wilayah Asia lainnya.

mengenal sea grapes
Source ; Favy-jp

Sea Grapes sendiri dapat langsung dinikmati mentah tanpa harus dimasak. Bubble kecilnya akan pecah didalam mulut dan mengeluarkan rasa asin khas laut yang segar. Karena rasa asinnya ini makanya cocok dinikmati bersama Salmon atau bahkan octopus. Tapi untuk yang vegetarian bisa mencoba alternatif kedua yaitu dinikmati dengan saus mirin atau Shoyu.

Dimana Mendapatkan Sea Grapes?

Sea Grapes sekarang sudah dibudiayakan di Indonesia loh, jadi cukup mudah mendapatkannya. Nah, tipsnya sata membeli Sea Grapes adalah langsung dimakan dan jangan disimpan terlalu lama karena akan sudha tidak segar.

Tertarik mencoba Sea Grapes?

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment