Written by at September 04, 2018
Manfaat Sayur dan Buah

Mengenal Sorghum si Pengganti Beras

Hi, Sayurfriend!

Siapa yang udah tau Sorghum? Kalau belum, wajar kok. Sorghum memang belum familiar di Indonesia. Hanya sebagian yang mengetahui apa itu Sorghum dan manfaatnya. Walaupun kurang familiar di Indonesia, tapi Sorghum punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, bisa dimanfaatkan untuk program diet loh.

Sorghum
Sorghum

Sorghum adalah tumbuhan dari keluarga rumput-rumputan. Sorghum juga banyak jenis, bahkan warnanya. Tapi ada salah satu jenis yang khusus untuk gandum dan jneis lainnya lebih digunakan untuk pakan ternak. Nah, Sorghum yang sebagai gandum inilah yang dapat dijadikan pengganti beras, tepung bahkan madu loh.

Sorghum yang dapat dijadikan gandum dan pengganti karbohidrat tadi ini berbentuk agak bulat, berukuran kecil dengan warna agak kecoklatan. Kalau lihat Sorghum di ladang bentuknya tinggi menjulang, dengan buah kecilnya dibagian ujung atas dan mengumpul. Di daerah yang cukup tropis cocok banget sebagai tempat tumbuhnya Sorghum, karena Sorghum tahan sama kekeringan loh.

Gimana cara mengolah Sorghum?

  1. Dapat dijadikan pengganti nasi. Rebus sorghum selama kurang lebih 1 jam dengan air sampai Sorghum lembut. Dapat ditambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa gurih.
  2. Dapat dijadikan bubur. Rebus Sorghum dengan air, susu atau santan kelapa. Dapat ditambahkan bumbu penyedap lainnya, kacang atau bahkan buah-buahan.
  3. Dapat dijadikan pengganti gandum pada salad. Sorghum dapat direndam dengan air sampai tekstur lembut atau sesuai selera.

Gampang kan? Banyak cara mengkonsumsi Sorghum, dapat direbus atau dapat dijuga dijadikan snack seperti popcorn bahkan dapat dijadikan pengganti madu.

Sorghum yang tadinya engga familiar ini bisa punya banyak manfaat. Coba konsumsi Sorghum sebagai snack terlebih dahulu untuk mencicipi rasa Sorghum seperti apa. Dijamin jatuh cinta, terutama yang ingin diet? Harus nyobain.

Sorghum tersedia di Sayurbox.com loh!

Related Articles

Rainbow Food, Makanan Berwarna Kaya Manfaat.

Banyak orang, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan berwarna-warni. Makanan berwarna-warni disini bukan sembarangan makanan yaa,...

Mengenal Kurma Ruthab & Manfaatnya

Kurma kalau biasanya hanya ada saat momen Ramadhan saja dan selalu dengan jenis yang sama, tapi ada juga kurma yang sering dicari bukan...

Mengenal Virgin Coconut Oil

Pasti suka menebak kan apa sih perbedaan antara coconut oil dengan virgin coconut oil? Apa efek penambahan kata virgin untuk kualitas...

Post Comment