Written by at September 04, 2018
Manfaat Sayur dan BuahPengolahanRecipe

Mengenal Sorghum si Pengganti Beras

Hi, Sayurfriend!

Siapa yang udah tau Sorghum? Kalau belum, wajar kok. Sorghum memang belum familiar di Indonesia. Hanya sebagian yang mengetahui apa itu Sorghum dan manfaatnya. Walaupun kurang familiar di Indonesia, tapi Sorghum punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, bisa dimanfaatkan untuk program diet loh.

Sorghum
Sorghum

Sorghum adalah tumbuhan dari keluarga rumput-rumputan. Sorghum juga banyak jenis, bahkan warnanya. Tapi ada salah satu jenis yang khusus untuk gandum dan jneis lainnya lebih digunakan untuk pakan ternak. Nah, Sorghum yang sebagai gandum inilah yang dapat dijadikan pengganti beras, tepung bahkan madu loh.

Sorghum yang dapat dijadikan gandum dan pengganti karbohidrat tadi ini berbentuk agak bulat, berukuran kecil dengan warna agak kecoklatan. Kalau lihat Sorghum di ladang bentuknya tinggi menjulang, dengan buah kecilnya dibagian ujung atas dan mengumpul. Di daerah yang cukup tropis cocok banget sebagai tempat tumbuhnya Sorghum, karena Sorghum tahan sama kekeringan loh.

Gimana cara mengolah Sorghum?

  1. Dapat dijadikan pengganti nasi. Rebus sorghum selama kurang lebih 1 jam dengan air sampai Sorghum lembut. Dapat ditambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa gurih.
  2. Dapat dijadikan bubur. Rebus Sorghum dengan air, susu atau santan kelapa. Dapat ditambahkan bumbu penyedap lainnya, kacang atau bahkan buah-buahan.
  3. Dapat dijadikan pengganti gandum pada salad. Sorghum dapat direndam dengan air sampai tekstur lembut atau sesuai selera.

Gampang kan? Banyak cara mengkonsumsi Sorghum, dapat direbus atau dapat dijuga dijadikan snack seperti popcorn bahkan dapat dijadikan pengganti madu.

Sorghum yang tadinya engga familiar ini bisa punya banyak manfaat. Coba konsumsi Sorghum sebagai snack terlebih dahulu untuk mencicipi rasa Sorghum seperti apa. Dijamin jatuh cinta, terutama yang ingin diet? Harus nyobain.

Sorghum tersedia di Sayurbox.com loh!

Related Articles

Berbagai Macam Metode Diet & Manfaatnya

Udah kenal berbagai macam diet belum? Atau udah pernah menjalani berbagai macam diet dan belum menemukan hasil yang tepat? Ada berbagai...

Fenomena Celery Stick Juice

Beberapa bulan belakangan ini ada fenomena terbaru yaitu Celery Stick Juice yang sangat populer di Luar Negri sampai di Indonesia. Beberapa...

Apa itu Diet Keto dan Manfaatnya!

Diet Keto saat ini cukup populer, banyak yang menyarankan melakukan diet keto karena untuk beberapa orang terbukti dapat menurunkan berat...

Post Comment