Written by at August 31, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Mengenal Manfaat Sorgum Sebagai Pengganti Beras

Bagi kamu yang sedang menekuni pola hidup sehat atau sedang menjalani program diet, sorgum wajib masuk dalam daftar makananmu.  Di Indonesia, sorgum memang belum terlalu familiar, padahal sorgum dapat dijadikan pengganti nasi untuk menu diet dan menu hidup sehat. Selain memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh, ada banyak manfaat sorgum yang juga bisa kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin. Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat sorgum, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengganti beras satu ini.

Apa itu Sorgum?

 

manfaat sorghum
Mengenal manfaat sorghum sebagai pengganti beras. (Foto: Pixabay)

Sorgum adalah tumbuhan dari keluarga rumput-rumputan. Sorgum juga banyak jenis, bahkan warnanya. Ada salah satu jenis yang khusus untuk gandum dan jenis lainnya lebih digunakan untuk pakan ternak. Nah, Sorgum yang sebagai gandum inilah yang dapat dijadikan pengganti beras, tepung bahkan madu loh.

Sorgum yang dapat dijadikan gandum dan pengganti karbohidrat tadi berbentuk agak bulat, berukuran kecil dengan warna agak kecoklatan. Kalau lihat Sorgum di ladang bentuknya tinggi menjulang, dengan buah kecilnya dibagian ujung atas dan mengumpul. Di daerah yang cukup tropis cocok banget sebagai tempat tumbuhnya Sorgum, karena Sorgum tahan sama kekeringan.

 

Baca juga: 12 Resep Makan Sehat untuk Diet

Ini Kandungan Gizi Sorgum per 100 gram:

  • Kalori : 339 Kkal
  • Protein : 11,3 gram
  • Karbohidrat : 74,6 gram
  • Gula : 0 gram
  • Serat : 6,3 gram
  • Lemak : 3,3 gram

 

Ini manfaat sorgum untuk kesehatan

Mengkonsumsi sorgum sebagai pengganti nasi dalam makanan sehari-hari dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, di antaranya:

1. Menambah energi pada tubuh

Mengonsumsi makanan dengan bahan utama sorgum dapat memberi energi pada tubuh karena kandungan niasin atau vitamin B3 yang melimpah. Vitamin B merupakan bagian integral yang mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

Satu porsi sorgum dapat menyumbang sekitar 28% dari asupan harian yang direkomendasikan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Untuk kamu yang sedang dalam program diet, konsumsi sorgum dapat membantu menurunkan berat badan. Karena konsentrasi serat makanan yang terkandung dalam sorgum cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian sereal lainnya, hal tersebut membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan menjaga perut dari rasa lapar.

Dalam satu porsi sorgum mengandung lebih dari 12 gram atau sekitar 48% dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari.

 

Baca juga: Cari Tahu 3 Manfaat Quinoa dan Cara Mengolahnya

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Memiliki kandungan serat yang tinggi, sorgum dapat menurunkan kadar LDL atau kolestrol jahat dalam tubuh sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

Tidak hanya kaya serat, sorghum juga mengandung antioksidan dan nutrisi seperti magnesium, zat besi, vitamin B, dan vitamin E. Kandungan tersebut juga membantu tubuh terhindar dari penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

 

Manfaat sorgum lainnya seperti menguatkan tulang, membangun jaraing sel dan jaringan pada tubuh, sampai melawan kanker juga dapat kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin. Yuk, beli sorgum dan berbagai kebutuhan sehat lainnya di Sayurbox!

manfaat sorghum

 

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi dan tembaga pada sorgum dapat menghindari anemia. Karena zat besi sangat penting untuk perkembangan sel darah merah dan tembaga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Dengan demikian, mengonsumsi sorgum dapat membantu meningkatkan perkembangan sel darah merah, dan meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan dalam tubuh.

5. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi sorgum dapat membantu mengontrol gula darah yang di mana setiap sorgum masuk dalam tubuh akan dicerna secara lambat, sehingga mendorong peningkatan gula darah secara bertahap.

 

Baca juga: 9 manfaat mengonsumsi kacang-kacangan

 

Ini cara mengolah sorgum yang benar

 

1. Dapat dijadikan pengganti nasi.

Rebus sorgum selama kurang lebih 1 jam dengan air sampai Sorgum lembut. Dapat ditambahkan garam secukupnya untuk menambah rasa gurih.

2. Dapat dijadikan bubur.

Rebus Sorgum dengan air, susu atau santan kelapa. Dapat ditambahkan bumbu penyedap lainnya, kacang atau bahkan buah-buahan.

3. Dapat dijadikan pengganti gandum pada salad.

Sorgum dapat direndam dengan air sampai tekstur lembut atau sesuai selera.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat sorgum ini? Yuk, beli berbagai makanan sehat dan segar untuk kebutuhan sehari-harimu di Sayurbox!

manfaat sorghum

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment