Written by at October 04, 2019
Manfaat Sayur dan BuahTips & Trik

Mengenal Virgin Coconut Oil

Pasti suka menebak kan apa sih perbedaan antara coconut oil dengan virgin coconut oil? Apa efek penambahan kata virgin untuk kualitas coconut oil itu sendiri. Ternyata ada sebabnya kenapa namanya virgin coconut oil, kali ini kita akan mengenal virgin coconut oil lebih jauh. Buckle Up!

virgin coconut oil
Source : Jonas Ducker on Unsplash

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah jenis lain dari coconut oil, merupakan bentuk derifatif (turunan) dari coconut oil. VCO berbeda dengan coconut oil karena ada perbedaan dalam metode ekstraksinya. VCO sendiri diekstrak tanpa menggunakan panas untuk mengeluarkan minyak dari buah kelapa itu sendiri, hal ini yang menyebabkan VCO datang dengan banyak manfaat dan berbeda dengan coconut oil.

Proses pembuatan virgin coconut oil dengan cara cold compression langsung dari daging  buah kelapa, tanpa terekspos panas dari api maupun cahaya matahari. Hal ini juga menjadikan VCO lebih tahan lama dan tidak gampang berubah tengik.

Perbedaan antara VCO dengan coconut oil biasanya selain pada proses pembuatannya juga mempengaruhi tampilan minyaknya, rasa dan manfaat coconut oil. VCO cenderung lebih halus dan bersih dari sisi tampilannya, sedangkan coconut oil terlihat fatty acids didalamnya.

virgin coconut oil
Source : Kelly Sikkema on Unsplash

VCO karena merupakan minyak unrefined akan lebih banyak kandungan alami yang terjaga selama proses ekstraksinya, salah satunya tinggi kandungan vitamin E. Makanya, VCO ini adalah salah satu pelembab alami loh.

Mengonsumsi VCO selain sebagai pelembab alami untuk kulit dan rambut juga dapat digunakan untuk memasak atau memanggang kue. Kandungan antioksidan didalamnya bagus untuk tubuh, selain itu memasak menggunakan VCO juga tergolong sehat karena tinggi kandungan saturated fat. Saturated Fat walaupun terekspos panas yang tinggi juga tidak akan berubah teksturnya tidak seperti unsaturated fat. Makanya itu menggoreng, menumis juga tergolong sehat menggunakan VCO.

virgin coconut oil
Source : Jonas Ducker on Unsplash

Virgin Coconut Oil bisa kamu gunakan untuk kulit wajah, kulit kepala, rambut sampai untuk memasak karena banyak manfaat baiknya. Nah, kalau memasak bisa bikin aneka makanan sehat yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran. Sehatnya dobel! Buah-buahannya beli di Sayurbox soalnya lagi ada promo jadi untungnya mantap.

Related Articles

Aneka Resep Bengkoang!

Kalau selama ini hanya tau Bengkoang untuk langsung dimakan, atau dicampur dalam rujak berarti kamu salah besar. Bengkoang/Jicama ini...

Mengenal Kurma Ruthab & Manfaatnya

Kurma kalau biasanya hanya ada saat momen Ramadhan saja dan selalu dengan jenis yang sama, tapi ada juga kurma yang sering dicari bukan...

Perbedaan Hasil Panen Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida

Ternyata hasil panen juga banyak jenisnya, kalau kali ini tergantung metode penanamannya. Ada Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida. Apa...

Post Comment