Written by at January 07, 2019
Tips & Trik

Mengenal Zero Waste Food

Penghujung tahun 2018 banyak sekali istilah Zero Waste yang bermunculan. Kebanyakan yang hidup dengan gaya hidup minimalis menerapkan konsep zero waste, bahkan masyarakat awam pun menerapkan zero waste dalam kesehariannya. Apa sih Zero Waste itu? Bahkan apa itu Zero Waste Food?

Zero Waste adalah sebuah gaya hidup yang menerapkan konsep reuse pada produk atau makanan untuk mencegah sampah produk atau makanan tersebut terbuang ke tempat pembuangan, atau bahkan di laut. Jadi, ingat yaa Zero Waste adalah gaya hidup dengan konsep reuse, jangan lupa konsep reuse nya.

zero waste food
Source : Pexels

Lalu apa sebenarnya Zero Waste Food? Konsepnya sama, hanya saja objek yang difokuskan adalah agar tidak ada sampah dari makanan tersebut berakhir di tempat pembuangan, sehingga dapat di reuse kembali. Loh memangnya sisa makanan bisa di reuse? Bisa dong! Yang penting paham dulu konsep Zero Wastenya, ada nih Do’s & Don’ts buat bisa Zero Waste Food!

Do’s : Atur Porsi Makanan dong!

Konsep zero waste adalah mencegah sampah dengan cara reuse. Reuse artinya sampah diolah kembali menjadi sesuatu yang dapat kembali digunakan. Contoh sederhana adalah sampah plastik yang di reuse jadi aneka wadah penyimpanan.

zero waste food
Source : Pexels

Nah, kalau lagi males atau kurang yakin bisa reuse mulai sekarang makan harus bisa diatur ya porsinya. Seberapa banyak porsi makanan kamu biar makannya sesuai kemampuan jadi meminimalisir sampah yang dibuat juga.

Don’ts : Jangan belanja saat lapar mata!

Usahakan beli makanan jangan pas laper mata yaaa. Karena kamu akan cenderung impulsif, dan ujung-ujungnya menyesal. Apalagi soal makanan, makan satu aja udah kenyang eh sisanya simpan di kulkas sampe berhari-hari dan jadinya lupa dan ujung-ujungnya dibuang juga. Sayang banget kan?

zero waste food
Source : Pexels

Sebenarnya mudah untuk dilakukan, dan bahkan beberapa dari kalian mungkin sudah menerapkan konsep zero waste ini. Tapi, untuk apa sih Zero Waste Food ini? Manfaatnya apa?

Manfaat Jangka Pendek!

Mengurangi sampah. Udah pasti nih, tujuan utama adalah agar sampah dapat berkurang bahkan tidak ada untuk dibuang ke TPA atau ke laut. Jadi sudah pasti manfaatnya adalah sampah jadi berkurang.

Manfaat Jangka Panjang!

Menyelamatkan bumi. Kebayang ngga sih sebanyak sampah yang kita buat yang bisa berdampak buat kesehatan bumi? Emang mau nanti anak cucu kita kena dampaknya karena dari sekarang kita suka numpuk sampah? Engga kan? Banyak masalah terjadi karena sampah yang banyak salah satunya banjir. Iya, banjir salah satunya diakibatkan oleh tumpukan sampah di sungai.

zero waste food
Source : Pexels

Jadi, mulai sekarang dimulai dari hal kecil yuk segerakan Zero Waste Food! Jadi makan lebih aware, terhadap porsi sampai sampah yang kita hasilkan. Berikut ada tips nih biar Zero Wastenya lancar!

Jadikan Kompos.

Kalau masih ada aja sisa makanan yang udah engga bisa dicegah terjadinya, bisa dijadikan kompos! Sisa makanan seperti kulit buah kan bahan-bahan organik ya, jadi cocok untuk dijadikan kompos. Siapa tau dirumah bisa digunakan kembali untuk nanem sayur dan buah kaaan.

Regrow lagi!

zero waste food
Source : Wonder How To -Food Hacks

Beberapa waste dapat ditanam kembali loh, seperti batang daun bawang, bagian pangkal selada atau sawi, bagian pangkal wortel, sampai sereh. Kenapa? Ini adalah bagian-bagian yang sering kita buang kan kalau mau diolah. Padahal bisa ditanam kembali dan tumbuh yang baru loh. Jadinya bisa belajar bertanam sambil turut zero waste deh.

Jadi gimana, udah mau mulai menerapkan gaya hidup zero waste food? Mudah banget kan. Yang penting niatnya dulu yuk diturutin.

See You <3

Related Articles

Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram & Jamur Kancing

Sebenarnya Jamur banyak jenis dan macamnya, tapi jamur yang bisa dimakan banyak ditemukan di pasar dan ada beberapa yang cukup terkenal....

Makanan Untuk Penambah Darah

Kenapa penting mengetahui makanan untuk menambah darah? Tau ngga Anemia adalah sakit yang sering terjadi, setidaknya 6% orang di Amerika...

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tingkat Gula Darah

Selama ini kita hanya cukup mengenal Diabetes, penyakit yang cukup menakutkan dan wajib diwaspadai. Padahal yang menyebabkan Diabetes...

Post Comment