Written by at May 20, 2019
Inspirasi TerkiniTips & Trick

Menjalankan Hidup Sehat untuk Remaja

Gimana sih caranya hidup sehat untuk Remaja. Karena terkadang semua proses diet, olahraga dan gaya hidup sehat diperuntukkan untuk orang dewasa dan sering juga remaja mengikuti proses diet tersebut. Tapi tau ngga sih, metabolisme tubuh Remaja dan orang Dewasa berbeda loh dan pastinya membutuhkan penanganan berbeda pula. Apalagi sampai memutuskan untuk menjalankan gaya hidup sehat.

Ada baiknya, perhatikan beberapa hal berikut sebelum menerapkan gaya hidup sehat untuk Remaja agar tidak salah langkah dan berjalan lancar dan memberikan hasil yang efektif pula.

hidup sehat untuk remaja
Source : Pexels

Sebelumnya, ketahui dulu metabolisme secara umum pada tubuh Remaja.

Remaja baik perempuan atau Laki-Laki membutuhkan ekstra nutrisi untuk mendukung pertumbuhan tulang, perubahan hormon, dan perkembangan otak. Ekstra nutrisi yang diperlukan diluar Karbohidrat, Protein, Kalori dan Lemak adalah Kalsium dan Zat Besi. Selain itu juga metabolisme tubuh yang baik juga dicapai dengan tetap menjaga aktivitas tubuh tetap aktif karena masa Remaja adalah masa dimana tubuh masih bertumbuh sangat cepat. Jadi, menjalankan gaya hidup sehat harus memperhatikan hal-hal penting seputar metabolisme tubuh loh ya!

Kalsium dan Zat Besi adalah jenis nutrisi yang cukup penting.

Kalsium seperti yang kita tau adalah bentuk nutrisi yang baik bagi perkembangan tulang. Didapat dari mengkonsumsi produk Dairy dan juga Susu. Mengkonsumsi kalsium yang cukup dapat menurunkan resiko patah tulang bagi remaja dan menurunkan resiko osteoporosis saat dewasa nanti.

Asupan yang dianjurkan adalah Perempuan usia 13-17 Tahun (1300mg/hari) dan Laki-Laki usia 13-17 Tahun (1400mg/hari)

Namun kalsium bukan hanya didapat dari produk Dairy. Ada juga Almond, Pak Choy, Brokoli, Buah Fig, Nasi, Kacang Kedelai, Salmon dan Sarden.

Zat Besi adalah nutrisi yang dibutuhkan remaja perempuan saat mulai menstruasi dan remaja laki-laki saat mulai bertambah massa tubuh. Kebutuhan yang disarankan adalah 15mg/hari dan bisa didapatkan dari Tahu, Kacang Kedelai, Lentil, Almond, Kacang Mete, Sereal, Telur, Dada Ayam, Fig Kering atau Kismis, Pak Choy, Brokoli, Kale, Kentang.

hidup sehat untuk remaja
Source : Pexels

Nah, hidup sehat untuk Remaja juga tidak terlepas dari keinginan untuk Diet. Tapi, ada beberapa hal yang salah dilakukan Remaja saat melakukan Diet diantaranya :

  • Tidak sarapan terlebih dahulu. Kebanyakan remaja melewati sarapan karena yakin sarapan membuat berat badan bertambah dengan cepat. Padahal sarapan justru memberikan energi yang sangat dibutuhkan tubuh saat pagi hari.
  • Mengkonsumsi Soda, Makanan Manis untuk mendapatkan energi. Padahal mengkonsumsi jenis makanan seperti ini justru menambah berat badan dengan cepat.
  • Terlalu sering makan di restoran fast food. Menghindari makan dirumah, tapi ternyata saat makan diluar malah mengkonsumsi fast food yang tinggi lemak dan kalori yang tidak baik bagi tubuh.
hidup sehat untuk remaja
Source : Pexels

Hidup Sehat untuk Remaja ada baiknya diawali dengan konsumsi nutrisi yang benar-benar dibutuhkan tubuh seperti Karbohidrat, Protein, Lemak, Kalori, Kalsium, Zat Besi dan lainnya. Karena di usia Remaja, tubuh masih membutuhkan jenis nutrisi tersebut untuk bertumbuh. Tapi, kalau kamu termasuk jenis Remaja yang ingin juga melakukan Diet, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut :

  • Konsumsi Gandum, Sayur dan juga Buah-Buahan yang rutin.
  • Konsumsi Susu dan produk Dairy yang low-fat.
  • Lakukan aktifitas fisik baik disekolah seperti kegiatan berolahraga.
  • Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam yang jangan pernah dilewatkan.
  • Kudapan sehat seperti buah, baked vegetables.
  • Makan saat benar-benar lapar dna berhenti saat sudah kenyang.
  • Jangan makan yang berlebihan!
hidup sehat untuk remaja
Source : Pexels

Nah, sebelum memulai hidup sehat perhatikan hal-hal tersebut ya! Agar tidak sia-sia menjalankan gaya hidup sehat maupun dietnya.

Good Luck!

Related Articles

Kondisi Tubuh saat Berpuasa 12 Jam.

Penasaran ngga sih apa yang terjadi dengan tubuh kita selama dan setelah berpuasa selama kurang lebih 12jam? Apa yang menyebabkan hari...

Berbagai Macam Metode Diet & Manfaatnya

Udah kenal berbagai macam diet belum? Atau udah pernah menjalani berbagai macam diet dan belum menemukan hasil yang tepat? Ada berbagai...

Fenomena Celery Stick Juice

Beberapa bulan belakangan ini ada fenomena terbaru yaitu Celery Stick Juice yang sangat populer di Luar Negri sampai di Indonesia. Beberapa...

Post Comment