Written by at September 20, 2022
Weekly Meal Plan

Menu ala Cafe Hits Kamis – French Toast Simpel untuk Sarapan

French toast merupakan menu sarapan populer di kalangan para bule Eropa. Kombinasi roti tawar yang dipanggang dengan aneka rempah dan topping bikin menu sarapan ini jadi begitu menggoda selera. Sayurfriends yang penasaran dengan rasa menu sarapan ala bule ini, bisa coba bikin sendiri di rumah pakai resep praktisnya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 4 lembar roti tawar tebal
  • Mentega secukupnya untuk memanggang

Bahan Pencelup:

  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh bubuk kayu manis
  • ¼ sendok teh ekstrak vanilla 
  • 100 mililiter susu cair putih

Bahan Topping:

  • Unsalted butter secukupnya
  • Sirup maple secukupnya
  • Stroberi secukupnya, potong-potong
  • Bluberi secukupnya, potong-potong

manu ala cafe hits kamis

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat bahan pencelup, campurkan telur ayam, gula pasir, garam, bubuk kayu manis, ekstrak vanilla, dan susu cair putih dalam wadah.
  2. Kocok campuran bahan pencelup dengan menggunakan whisker atau dengan alat lainnya, hingga semua bahan tercampur dengan rata. Sisihkan.
  3. Panaskan teflon, lalu oleskan mentega secukupnya di permukaannya untuk memanggang.
  4. Celupkan kedua sisi roti tawar ke dalam bahan pencelup. Pastikan semua sisi roti tawar tercelup dengan sempurna.
  5. Panggang roti tawar hingga kedua sisinya berubah warna menjadi kuning kecokelatan.
  6. Taruh roti tawar yang sudah dipanggang di atas piring, lalu oleskan unsalted butter di atasnya.
  7. Tuang sirup maple sesuai selera di permukaan roti tawar.
  8. Terakhir, tata potongan buah stoberi dan bluberi atau aneka buah lainnya yang disukai di bagian paling atas.
  9. French toast nikmat pun siap untuk disantap. Selain jadi sarapan, juga bisa dijadikan bekal sekolah atau ngantor.

Tips Anti Gagal Bikin French Toast 

1.Kocok Bahan Pencelup Hingga Tercampur Rata

Campuran bahan pencelup merupakan salah satu kunci untuk memperoleh roti tawar yang crispy di luar dan lembut di dalam setelah dipanggang. Pastikan Sayurfriends mengocoknya dengan benar, sehingga semua bahan pencelup bisa tercampur dengan rata. Jangan sampai nanti muncul sedikit putih telur di permukaan roti, yang jadi tanda kalau bahan pencelup tidak teraduk rata.

2.Hitung Waktu Saat Mencelupkan Roti

Agar bahan pencelup bisa diserap oleh roti dengan baik, celupkan atau rendam roti di dalam bahan pencelup tersebut selama sekitar 15 hingga 20 menit. Jangan karena gak sabar untuk memanggangnya, Sayurfriends hanya mencelupkannya sebentar saja. Jika roti cuma sekadar dicelupkan, maka akan sulit untuk memperoleh tekstur yang diinginkan.

3.Panggang dengan Api Sedang

Agar roti yang dipanggang bisa matang merata, gak hanya di bagian permukaan namun juga di dalamnya, pangganglah roti dengan menggunakan api sedang. Sayurfriends bisa panggang sisi bawahnya selama 3 hingga 4 menit, lalu balik untuk memanggang sisi lainnya hingga matang. Jika menggunakan api yang terlalu besar, bisa-bisa roti malah menjadi gosong dan tentunya bakal gagal.
Itulah tadi resep simpel French toast yang bisa Sayurfriends cobakan di rumah. Resep ini bisa jadi andalan saat Sayurfriends ingin menyantap menu sarapan ala bule, namun dompet lagi menipis jika harus membelinya di cafe atau resto. Sayurfriends bisa variasikan topping untuk menu satu ini, agar cita rasanya bisa lebih kaya dan Sayurfriends gak jadi bosan dengan topping yang sama. Pastikan memakai bahan-bahan yang terjamin kualitasnya ya!

Related Articles

Menu ala Cafe Hits Minggu – Classic English Breakfast yang Kekinian

Bosan makan menu sarapan itu-itu saja? Coba buat classic English breakfast untuk menu sarapan yang lebih menyenangkan. Seusai dengan...

Menu ala Cafe Hits Sabtu – Resep Avocado Toast with Egg

Apakah Sayurfriends adalah tim tidak bisa makan nasi saat sarapan? Tenang, selain nasi ternyata ada banyak pilihan menu lain yang bisa...

Menu ala Cafe Hits Jum’at – Resep Pasta Aglio Olio Simple

Pasta bisa jadi pilihan menu andalan di rumah saat bosan makan nasi dan menu yang itu-itu saja. Salah satu menu pasta yang wajib dicoba...