Written by at September 20, 2022
Weekly Meal Plan

Menu ala Cafe Hits Selasa – Resep Simpel Blueberry Pancakes

Saat lagi berhemat, keinginan untuk makan-makan di kafe atau resto memang perlu dikurangi. Namun, itu bukan hambatan bagi Sayurfriends untuk bisa makan enak. Sayurfriends bisa coba bikin sendiri menu ala café di rumah, yang tentunya jauh lebih hemat. Kali ini, yuk coba bikin blueberry pancakes, salah satu menu makanan ala café yang populer, pakai resep di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung terigu, ayak
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh double acting baking powder 
  • 1 sendok teh soda kue
  • ½ sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 180 gram keju ricotta 
  • 300 mililiter susu cair
  • 60 mililiter mentega leleh
  • 100 gram buah blueberry, cuci bersih
  • Buah bluberi tambahan secukupnya (opsional)
  • Gula bubuk (opsional)

menu ala cafe hits selasa

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat adonan pancake, campurkan tepung terigu, gula, baking powder, soda kue, dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur, keju ricotta, susu, dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata.
  3. Masukkan buah bluberi, aduk rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket atau teflon yang telah diolesi dengan sedikit mentega, kemudian tuang adonan sebanyak 1 hingga 2 sendok sayur.
  5. Jika sudah muncul lubang-lubang kecil di permukaan atau sisi atas pancake, balikkan. Masak hingga kedua sisinya matang sempurna, lalu angkat. Masak hingga semua adonan pancake habis.
  6. Blueberry pancake siap untuk dinikmati. Sayurfriends bisa tambahkan potongan buah bluberi dan gula halus sebagai topping.

 

Tips Anti Gagal Bikin Pancake 

 

1. Gunakan Baking Soda yang Masih Baru 

Agar hasil akhir pancake bisa sesuai dengan yang Sayurfriends harapkan, harap gunakan baking soda yang masih baru. Jika menggunakan baking soda yang sudah lama disimpan atau bahkan sudah expired, maka pancake gak akan bisa mengembang dengan sempurna. Sayurfriends tentu gak mau bukan bikin pancake yang melempem dan sama sekali gak fluffy?

2. Kocok Adonan dengan Merata

Tips selanjutnya untuk membuat pancake, termasuk blueberry pancake, kocoklah adonan dengan sempurna sehingga semua bahannya tercampur dengan merata. Mengocok adonan pancake dengan merata juga akan membuat tak ada gumpalan-gumpalan kecil pada adonan, yang hanya akan membuat pancake jadi gagal saat dipanggang.

3. Masak dengan Api Sedang

Agar pancake bisa matang merata, baik di bagian permukaan dan juga bagian dalamnya, pangganglah pancake dengan menggunakan api sedang. Jangan karena ingin memasak pancake dengan cepat, Sayurfriends malah memasaknya dengan api besar. Kalau begini, bagian dalamnya berisiko gak matang, serta bagian permukaan bisa jadi hangus.

4. Tambahkan Mentega atau Butter pada Teflon

Setelah selesai memanggang satu adonan, coba perhatikan kondisi teflon atau wajan untuk memanggang. Jika kondisi teflon sudah mulai kering, tambahkan mentega atau butter di permukaannya. Mentega yang dioleskan pada permukaan teflon akan membuat di kedua sisi permukaan pancake menjadi lebih gurih terasa.
Yuk bikin blueberry pancake di rumah pakai resep simpel yang dibagikan di atas. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips anti gagal bikin pancake sebelumnya, agar Sayurfriends bisa bikin pancake yang endeus rasanya dan tentunya matang merata. Sayurfriends bisa variasikan topping untuk pancake tersebut, misalnya seperti pakai whipping cream atau sirup, agar gak merasa bosan.

Related Articles

Menu ala Cafe Hits Minggu – Classic English Breakfast yang Kekinian

Bosan makan menu sarapan itu-itu saja? Coba buat classic English breakfast untuk menu sarapan yang lebih menyenangkan. Seusai dengan...

Menu ala Cafe Hits Sabtu – Resep Avocado Toast with Egg

Apakah Sayurfriends adalah tim tidak bisa makan nasi saat sarapan? Tenang, selain nasi ternyata ada banyak pilihan menu lain yang bisa...

Menu ala Cafe Hits Jum’at – Resep Pasta Aglio Olio Simple

Pasta bisa jadi pilihan menu andalan di rumah saat bosan makan nasi dan menu yang itu-itu saja. Salah satu menu pasta yang wajib dicoba...