Written by at September 20, 2022
Weekly Meal Plan

Menu ala Cafe Hits Senin – Eggs Benedict, Brunch Favorit Orang Amerika

Menu sarapan yang itu-itu aja emang bisa bikin bosan. Makanya, yuk sesekali diganti dengan menu sarapan yang lain dari biasanya, seperti menu sarapan dan juga brunch favorit orang Amerika, yaitu Eggs Benedict. Cita rasanya yang kaya dan pastinya lezat dijamin bakal membuat Sayurfriends seperti lagi menyantap menu makanan ala kafe. Yuk sontek resepnya di bawah ini.

 

Bahan-Bahan:

 

  • 2 butir telur
  • 2 lembar English muffin atau roti tawar
  • 2 lembar smoked beef 
  • 1 sendok teh salted butter 
  • Air secukupnya untuk merebus telur
  • 1 sendok teh cuka
  • Parsley cincang (opsional)
  • Bubuk cabai (opsional)

 

Bahan Saus Hollandaise:

  • 2 buah kuning telur
  • 6 sendok makan unsalted butter, lelehkan
  • 1 sendok makan air perasan lemon
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Menu ala Cafe Hits Senin

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat saus hollandaise, didihkan air terlebih dahulu.
  2. Setelah air mendidih, kecilkan api. Taruh wadah kaca atau stainless di permukaan air, lalu masukkan kuning telur.
  3. Dengan metode double boiler, lanjutkan mengocok kuning telur dengan whisker hingga teksturnya kental. Angkat.
  4. Masukkan air perasan lemon dan butter yang sudah dilelehkan ke dalam wadah berisi kuning telur secara bertahap, lalu aduk hingga terbentuk emulsi.
  5. Tambahkan garam dan merica, lalu aduk rata. Tutup wadah dan sisihkan.
  6. Untuk membuat poached egg, masak air dengan ketinggian 4 hingga 7 sentimeter di dalam panci hingga mendidih.
  7. Setelah air mendidih, kecilkan api hingga hanya tersisa letupan air kecil saja.
  8. Tuangkan cuka ke dalam panci berisi air, lalu aduk melingkar hingga membentuk pusaran.
  9. Masukkan telur, kemudian rebus selama 2 hingga 3 menit tergantung tingkat kematangan yang diinginkan.
  10. Angkat poached egg, lalu tiriskan. Sisihkan.
  11. Siapkan English muffin atau roti tawar, lalu belah menjadi 2 bagian.
  12. Oleskan butter di kedua sisi roti.
  13. Panaskan wajan atau teflon, kemudian panggang roti tersebut hingga warnanya menjadi kekuningan. Angkat.
  14. Pada wajan yang sama, panggang smoked beef hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Angkat.
  15. Susun Eggs Benedict mulai dari lapisan bawah berupa English muffin atau roti tawar, lalu smoked beef, kemudian poached egg, dan terakhir saus hollandaise. Jika diinginkan, bisa ditaburi dengan parsley cincang dan bubuk cabai.
  16. Eggs Benedict pun siap untuk disantap.

 

Sayurfriends gak perlu harus pergi ke café atau resto cuma untuk menyantap menu sarapan ala bule seperti Eggs Benedict di atas. Sayurfriends bisa coba bikin sendiri di rumah dengan pakai resep praktisnya di atas, yang dijamin sama sekali gak bikin ribet. Bahannya pun mudah didapatkan dan biasa distok di rumah, jadi jika pengen bikin langsung bisa dieksekusi. Kalau kehabisan bahannya, tinggal beli di Sayurbox!

Related Articles

Menu ala Cafe Hits Minggu – Classic English Breakfast yang Kekinian

Bosan makan menu sarapan itu-itu saja? Coba buat classic English breakfast untuk menu sarapan yang lebih menyenangkan. Seusai dengan...

Menu ala Cafe Hits Sabtu – Resep Avocado Toast with Egg

Apakah Sayurfriends adalah tim tidak bisa makan nasi saat sarapan? Tenang, selain nasi ternyata ada banyak pilihan menu lain yang bisa...

Menu ala Cafe Hits Jum’at – Resep Pasta Aglio Olio Simple

Pasta bisa jadi pilihan menu andalan di rumah saat bosan makan nasi dan menu yang itu-itu saja. Salah satu menu pasta yang wajib dicoba...