Written by at September 30, 2020
Resep

Ini Menu Plant Based Diet untuk 7 Hari yang Praktis dan Sehat

Meskipun plant based diet kini mulai dikenal, nyatanya masih banyak yang bingung dalam menentukan kriteria menu diet yang satu ini. Selain masih terbatasnya pemahaman mereka, anggapan jika membuat menu makanan plant based itu sulit masih menjadi alasan utamanya. Padahal, menentukan menu untuk plant based diet cukup sederhana. Pada dasarnya, plant based diet adalah salah satu metode diet yang memfokuskan sumber makanan dan asupan pada produk nabati atau tumbuhan, seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Meski diet ini terfokus pada sumber makanan nabati, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi sumber pangan hewani, seperti daging, ikan, ataupun susu. Sumber makanan tersebut boleh-boleh saja dikonsumsi, asalkan jumlah porsinya terbatas dan dilakukan sesekali saja. Misalnya hanya sekali saja dalam seminggu. Sumber hewani yang dipilih juga harus makanan utuh. Dalam artian, makanan tersebut bukanlah jenis makan olahan. Kembali ke pembahasan utama kali ini, lantas bagaimana kriteria menu plant based diet yang proporsional? Langsung saja, berikut ini adalah menu plant based diet untuk 7 hari yang praktis dan sehat.

 

Ini menu plant based diet untuk 7 hari

Menu Plant Based Diet
Menu Plant Based Diet untuk 7 Hari yang Praktis dan Sehat. (Foto: Pexels)

1. Menu plant based diet di hari pertama

Di hari pertama, kamu bisa memulainya dengan membuat tumis tahu sebagai menu sarapan. Sedangkan untuk menu makan siang, sumber pangan dari biji-bijian seperti kacang hitam, serta jagung dengan nasi kembang kol bisa kamu pilih. Tambahkan buah alpukat sebagai sumber nutrisi tambahan.

 

Bagaimana dengan menu makan malam? Pizza dengan topping sayuran bisa menjadi pilihan yang pas. Sebagai alternatifnya, kamu juga bisa mengonsumsi salad. Jika ingin ngemil, keripik singkong atau keripik jenis umbian lainnya, seperti ubi dan kentang bisa kamu pilih.

 

2. Menu plant based diet di hari kedua

Di hari kedua, sarapan dengan oatmeal bisa menjadi pilihan. Salah satu kelebihan oatmeal yaitu bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Untuk menu makan siang sekaligus ngemil, salad dengan kulit tortilla bisa menjadi pilihan. Untuk menu makan malam kamu bisa membuat tumis sayur dan tahu.

 

Baca juga: Ini 7 Fakta Mengenai Plant Based Diet yang Wajib Kamu Tahu

 

3. Menu plant based diet di hari ketiga

Di hari ketiga, pancake oatmeal bisa menjadi sarapan yang tepat. Siangnya, kamu bisa memilih salad sayur dan sepotong roti gandum. Sedangkan untuk menu makan malam, sajian menu tahu dengan kuah kari panas bisa menjadi penghangat. Untuk camilan sekaligus pencuci mulut, kamu bisa memilih yoghurt stroberi yang segar.

 

4. Menu plant based diet di hari keempat

Tak seperti hari kedua dan ketiga, menu sarapan di hari keempat ini kamu bisa memilih telur dadar dengan topping irisan paprika. Siangnya, cobalah burger vegetarian dan salad. Lanjut di menu makan malam, kamu bisa memilih steak kembang kol dan kentang goreng.

 

Ingin mencoba menu plant based diet ini di rumah? Kamu bisa membeli berbagai bahan makanan dan kebutuhan untuk membuat menu plant based diet ini di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

5. Menu plant based diet di hari kelima

Di hari kelima, kamu bisa memilih yoghurt dan granola sebagai menu sarapan, sedangkan tumis sayur untuk menu makan siangnya, dan pasta dengan saus tomat untuk makan malamnya. Untuk camilannya, pilihlah kacang atau buncis rebus.

 

Baca juga: Selain Hanya Makan Sayur, Ini 7 Jenis Vegetarian dan Pola Makannya

 

6. Menu plant based diet di hari keenam

Di hari hari keenam, puding biji chia dengan satu sendok kacang almond bisa menjadi sarapan penunjang energi kamu saat beraktivitas nanti. Roti bakar alpukat bisa menjadi alternatif makan siang, dan tumis jamur untuk makan malam.

 

7. Menu plant based diet di hari ketujuh

Sama seperti hari kedua dan ketiga, di hari ketujuh ini kamu bisa mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan, namun dengan tambahan susu almond segar. Untuk makan siang, kamu bisa memilih semangkuk sereal dan kentang goreng. Lain lagi dengan makan malam, menu sehat seperti salad sayur dengan alpukat bisa menjadi pilihan. Jika ingin ngemil, pilihlah roti panggang dengan selai kacang.

 

Manfaat menjalani plant based diet selama 7 hari

Meskipun kebanyakan pelaku plant based diet ingin menurunkan berat badan, namun dengan menjalani diet ini selama seminggu penuh dengan menu makanan yang tepat bisa memberikan kontribusi yang baik bagi kesehatan. Salah satunya bisa meningkatkan daya tahan tubuh orang tersebut.

 

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan yang selama ini kita konsumsi. Karena fokus utama dari plant based diet adalah makanan dari produk nabati seperti sayur dan buah, maka bisa dipastikan kandungan vitamin, mineral, fitokimia, serta antioksidan di dalamnya baik bagi tubuh.

 

Bahkan, terbilang efektif dalam menjaga fungsi dan kerja sel-sel tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih kebal terhadap ancaman virus dan bakteri. Di sisi lain, produk atau sumber makanan nabati lebih aman bagi penderita hipertensi dan kolesterol. Bahkan, kadar kolesterol dalam tubuh bisa menurun hingga 10%.

 

Baca juga: Perbedaan Antara Gaya Hidup Vegan & Vegetarian

 

Seperti yang kamu ketahui, kedua masalah tersebut merupakan pemicu berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Nah, itulah beberapa penjelasan tentang menu plant based diet untuk 7 hari yang praktis dan sehat yang bisa kamu coba. Penuhi kebutuhan gizi kamu untuk menjalani plant based diet di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

 

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Variasi Resep Kembang Kol yang Lezat dan Praktis Dimasak

Kembang kol menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Bentuknya mirip seperti sayuran brokoli...

10 Aneka Olahan Ubi Ungu yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa pasti rasanya tidak nikmat kalau tidak dengan makanan yang manis-manis. Sampai-sampai kita jadi bingung makan apa, ya untuk...

Ini 10 Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat untuk Bekal Anak

Bingung mencari ide bekal untuk si kecil? Coba buat mie goreng yang enak dan sehat, yuk! Mie goreng merupakan makanan yang disukai oleh...

Post Comment