Written by at January 29, 2019
Inspirasi Terkini

Metode Aquaponik untuk Membudidayakan Sayur dan Buah

Metode bertanam ada banyak loh selain konvensional, ada organik, bebas-pestisida, hidroponik sampai aquaponik. Di Sayurbox ada semua pilihannya, biar kamu sebagai consumer lebih dapat kualitas yang baik. Selain itu juga metode bertanam ini punya manfaat tersendiri, sekarang tinggal kamu sebgaai consumer mau pilih yang seperti apa.

metode aquaponik

Gimana kalau mengenal metode tanam Aquaponik? Metode yang mungkin jarang didengar tapi sebenarnya ada, metode bertanam yang cukup unik tapi punya manfaat yang luar biasa.

Aquaponik adalah sistem yang mengkombinasikan 2 metode yaitu aquakultur dan hidroponik. Aquakultur adalah proses ternak hewan air seperti ikan, siput, maupun udang. Sedangkan hidroponik adalah metode menanam tanaman di dalam air. Kedua metode ini dikombinasikan dalam lingkungan simbiosis dan dikenal dengan aquaponik.

metode aquaponik

Teknisnya seperti apa?

Teknisnya adalah dengan metode aquaponik, kita dapat ternak ikan sambil panen tanaman. Caranya adalah mengintegrasikan kedua sistemnya dengan baik. Pada dasarnya metode aquaponik dapat bekerja karena ekskresi dari hewan ternak seperti ikan difiliter oleh bakteri nitrifikasi untuk menjadi nitrit dan kemudian nitrat yang akan digunakan oleh tanaman sebagai sumber nutrisi, nantinya air akan kembali disirkulasikan untuk aquakultur. Jadi, kedua proses ternak ikan dan menanam dalam sistem aquaponik harus dijaga dengan baik untuk kelangsungan keduanya.

metode aquaponik

Manfaatnya apa dengan metode aquaponik?

Padahal kan banyak banget metode bertanam yang lebih mudah buat dilakukan. Ternyata dengan metode aquaponik manfaatnya antara lain :

  1. Tanaman terhindari dari gulma dan hewan kecil
  2. Dapat menghemat air karena rata-rata hanya menggunakan 1/10 air dibandingkan metode bertanam biasa.
  3. Ruang bertanam yang fleksibel bahkan bisa dilakukan di rumah
  4. Terbebas dari penggunaan bahan pestisida dan bahan berbahaya lainnya

Kenapa? Soalnya dengan limbah ikan yang kita ternak sendiri punya nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh segar dan aman. Selain itu saat panen kita juga bisa panen tanaman sekalian hasil ternak ikannya bisa untuk dikonsumsi.

metode aquaponik

Di Indonesia ada GAIA Farm yang menggunakan metode aquaponik untuk menanam sayuran seperti wild rocket, basil dan aerohead juga. Lokasi di daerah cikarang ternyata bisa menghasilkan kualitas sayur yang bisa dikonsumsi banyak orang!

metode aquaponik

Yeay, hidup pertanian Indonesia.

Related Articles

Kado Valentine Anti-Mainstream!

Yang udah kelabakan nyari kado hari kasih sayang siapa nih? Memang sih tradisi yang cukup menguras tenaga, energi, waktu, dan biaya adalah...

Ide Resep Buat Valentine – Masak Gampang!

Mau tau ngga cara gampang, ngga terlupakan dan pastinya bikin senang orang terkasih di hari Valentine? Ah, ngasih bunga udah mainstream....

Imperfect Produce & Buah Kualitas Grade B/C

Percaya ngga kalau dibilang banyak petani yang terpaksa membuang buah atau sayur yang masih layak konsumsi? Ini bisa terjadi karena...

Post Comment