Written by at May 09, 2022
Tips & Trik

Efektif Bikin Ngantuk, Ini 6 Pilihan Minuman untuk Insomnia

Pernah merasakan insomnia? Insomnia atau sulit tidur akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Biasanya orang dengan insomnia punya risiko lebih tinggi mengalami depresi dan kesehatan fisiknya juga bisa terganggu. Jika Sayurfriends mengalami gejala-gejala insomnia, langsung cari solusi yang tepat! Salah satunya dengan mengonsumsi 6 pilihan minuman yang efektif mengatasi insomnia berikut.

minuman untuk insomnia

1. Susu Hangat

Segelas susu hangat bisa jadi pilihan tepat untuk diminum menjelang waktu tidur. Minuman ini juga sangat mudah untuk disajikan dan punya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Setelah meminum segelas susu hangat, biasanya tubuh akan menjadi lebih rileks dan perut juga jadi kenyang. Kebanyakan orang akan merasa lebih mudah tidur jika pikiran sudah rileks dan perut dalam kondisi kenyang.

Susu juga diketahui punya kandungan triptofan. Ini merupakan zat yang bisa membantu meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin bisa memberi rasa tenang dan bahagia. Selain itu, peningkatan hormon serotonin juga akan berpengaruh pada peningkatan hormon melatonin yang mempermudah seseorang untuk tidur.

2. Susu Almond

Bagi para vegan, konsumsi susu hangat bisa diganti dengan susu almond. Susu almond mengandung triptofan dan melatonin yang cukup tinggi. Sangat efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membantu Sayurfriends mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Supaya lebih sehat, cobalah untuk membuat susu almond sendiri atau pastikan bahwa produk susu yang dikonsumsi tidak mengandung kadar pemanis terlalu tinggi.

Baca juga: 15 Resep Es Campur Buah yang Sehat

3. Chamomile Tea

Nah, jika Sayurfriends adalah penggemar teh maka cobalah minum chamomile tea. Teh ini sudah sangat populer dikenal sebagai minuman yang efektif mengatasi insomnia. Bahkan sejak zaman dahulu, jenis teh yang satu ini sudah sering dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Kandungan dalam chamomile tea ternyata hampir sama dengan kandungan obat penenang yang biasanya dipakai untuk merangsang tidur.

4. Cokelat Hangat

Berikutnya ada cokelat hangat yang juga biasa direkomendasikan sebagai minuman untuk insomnia. Secangkir cokelat hangat tak hanya terasa lezat tapi juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Jika Sayurfriends termasuk pencinta cokelat maka minuman yang satu ini akan jadi sebuah pilihan tepat. Dengan catatan harus gosok gigi setelah minum cokelat hangat di malam hari untuk menjaga kebersihan rongga mulut.

Kenapa ya cokelat hangat direkomendasikan bagi penderita insomnia? Secangkir cokelat hangat ternyata bisa memberikan efek mengantuk. Selain itu, cokelat hangat juga bisa membantu seseorang lebih cepat terlelap. Rasa dan aromanya yang khas juga bisa membantu tubuh serta pikiran jadi lebih rileks.

5. Teh Valerian

Saat masalah insomnia menyerang, cobalah untuk mengatasinya dengan minum teh valerian. Mungkin nama teh ini terdengar asing namun ternyata cukup mudah untuk ditemukan di toko makanan dan toko obat herbal. Jenis teh satu ini juga sudah sangat populer digunakan untuk mengatasi insomnia karena terbukti efektif membuat seseorang merasa rileks dan mudah tidur.

Baca juga: 7 Cara Membuat Minuman Jahe Merah

6. Madu dan Air Hangat

Tak ada salahnya mencoba ramuan sederhana madu dan air hangat untuk mengatasi insomnia. Cara membuatnya sangat praktis, cukup campurkan madu secukupnya ke secangkir air hangat. Madu punya kandungan triptofan, sama seperti susu, yang bisa membantu seseorang jadi lebih rileks dan mudah tidur. Jenis minuman ini juga efektif meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuat Sayurfriends jadi lebih sehat.

Cobalah berbagai jenis minuman untuk insomnia ini agar Sayurfriends punya kualitas tidur yang lebih baik. Ingat ya, kualitas tidur yang bagus akan membuat tubuh jadi lebih sehat. Tidur yang cukup dan berkualitas juga akan menghindarkan tubuh dari stres atau depresi sehingga Sayurfriends akan merasa lebih bahagia.

Related Articles

Jangan Dibiarkan! Begini 5 Cara Tepat Mengatasi Anemia

Merasa pusing, lemas, dan wajah pucat? Bisa jadi ini adalah tanda-tanda anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah...

Kaya akan Nutrisi, Ini 7 Manfaat Minyak VCO bagi Tubuh

Virgin coconut oil atau VCO ialah salah satu jenis minyak kaya manfaat yang aman untuk digunakan luar dalam. Sesuai dengan namanya, VCO ini...

5 Manfaat Kacang-kacangan untuk Program Diet yang Sehat

Saat menjalani program diet, Sayurfriends harus benar-benar memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Dari sekian banyak bahan makanan...