Written by at January 06, 2020
Berita & Promo

#mulaitahunini Kurangi Penggunaan Plastik

Sayurbox turut memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional pada 10 Januari 2020 nanti. Kamu juga turut Sayurbox ajak untuk berpartisipasi dengan melakukan pengiriman tanpa plastik, tau kan kalau penggunaan plastik di dunia sudah jadi isu yang cukup serius beberapa bulan belakangan ini?

Dimulai dengan berita mengejutkan beberapa bulan lalu ketika sedotan plastik tersangkut di hidung penyu, memunculkan kontroversi oleh siapapun terkait kebiasaan kita yang suka membuang sampah plastik terutama di laut. Mengakibatkan bukan hanya penyu, tapi kepiting, ikan juga terkena dampak tersebut.

pengiriman tanpa plastik
Sumber : Unsplash

Bahkan terlihat di tengah-tengah samudra pasifik, sampah plastik membentuk kawanannya sendiri yang begitu jauh dari daratan. Bukan hanya di Indonesia, seluruh dunia turut menyaksikan peristiwa ini.

Fakta yang kita ketahui, plastik sangat susah terurai oleh tanah dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Bayangkan jika kita tetap membuang sampah plastik terus-menerus menyebabkan sampah menumpuk atau memenuhi lautan hingga mencemari dan membahayakan seluruh makhluk hidup?

Kita bukan hanya harus mengurangi penggunaan plastik, tapi harus dengan bijak menggunakan plastik. Sebisa mungkin lakukan reuse sampai recycle dengan produk plastik yang kita punya. Jika menggunakan kantong plastik, simpan di rumah dan gunakan kembali untuk keperluan lainnya, jika minum dari botol plastik, berikan sampahnya kepada komunitas seperti Waste 4 Change atau komunitas lainnya yang sering melakukan proses recycle.

Sayurbox melakukan minggu tanpa plastik untuk pengiriman mulai tanggal 7 Januari sampai 13 Januari 2020. Di dalam box pesanan kamu nantinya akan ada produk yang dikemas dengan kertas, namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  1. Tidak menggunakan plastik dapat menyebabkan penurunan kualitas pada sayur yang dikirimkan
  2. Beberapa produk sensitif tetap dikirimkan menggunakan plastik karena tidak memungkinkan untuk dikirimkan tanpa plastik.

Solusinya adalah, langsung pindahkan sayurnya ke dalam lemari es atau dapat langsung diolah jika memang terlihat kualitas yang menurun. Berikan sampah plastik jika ada item yang menggunakan plastik kepada komunitas seperti Waste 4 Change, atau gunakan kembali plastik tersebut jika memungkinkan.

#mulaitahunini harus lebih bijak dalam menggunakan produk plastik, harus lebih aware terhadap akibat dari penggunaan plastik.

Yuk, kita sama-sama #mulaitahunini

Related Articles

Beberapa Daerah Yang Tidak Dapat Dilakukan Pengiriman

Hai Sayurfriends, Beberapa daerah di Jakarta tidak dapat dilakukan pengiriman oleh Sayurbox dikarenakan cuaca hujan dan banjir di...

Imlek bareng BNI, Diskon 88rb!

Spesial Imlek dari BNI! Belanja kebutuhan  buah & sayur segar di Sayurbox dan dapatkan diskon Rp 88,000 dengan menggunakan Kartu...

Promo Tanggal Tua! Belanja Di Sayurbox Pakai GoPay Cashback 40%

Belanja kebutuhan  buah & sayur segar di Sayurbox dan dapatkan Cashback 40%. Support petani kita dan cintai produk pangan lokal...

Post Comment