Written by at April 30, 2022
Tips & Trik

7 Aktivitas Olahraga saat Puasa yang Pasti Aman Dilakukan

Menjalani ibadah puasa bukanlah sebuah halangan untuk tetap aktif berolahraga. Dalam kondisi puasa sekalipun Sayurfriends tetap punya kesempatan untuk olahraga agar tubuh selalu bugar. Aktivitas fisik seperti olahraga juga sangat efektif membantu melancarkan metabolisme tubuh. Namun, jenis olahraganya tetap harus dipilih dengan cermat. Berikut ini ada 7 pilihan olahraga saat puasa yang aman untuk Sayurfriends lakukan.

1. Yoga

olahraga saat puasa

 

Pilihan pertama adalah yoga. Olahraga ini memang dikenal jauh lebih rileks daripada aktivitas olahraga lainnya. Meskipun memang butuh tenaga, namun yoga lebih memungkinkan untuk dilakukan saat berpuasa. Instruksi yoga juga mudah ditemui di YouTube atau Sayurfriends juga bisa bergabung dengan kelas yoga online. Melakukan yoga setiap pagi akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan pikiran jadi lebih damai.

2. Shadow Boxing

 

olahraga yang aman saat puasa

Berikutnya ada shadow boxing yang mungkin terdengar cukup unik dan aneh. Olahraga ini adalah boxing yang dilakukan sendiri, tanpa lawan atau alat pembantu apapun. Sayurfriends hanya perlu melakukan tinju di udara. Jika bingung bagaimana cara melakukannya, coba saja cari referensi dan instruksinya dengan menonton video YouTube. Sama halnya dengan yoga, olahraga ini juga sangat fleksibel untuk dilakukan di rumah.

Baca juga: Olahraga Menyenangkan yang Mudah Dilakukan

3. Jogging

 

jogging saat puasa

Memang sangat disarankan untuk memilih jenis olahraga saat puasa yang ringan dan aman. Salah satunya adalah jogging yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Jogging bisa dilakukan selama 10 hingga 15 menit agar tak terlalu menguras energi dan tak membuat Sayurfriends cepat haus. Selain terbilang ringan, jogging ini juga jadi jenis olahraga yang terbilang mudah untuk dikerjakan.

Sayurfriends bisa memilih jogging di sekitar halaman rumah atau bisa juga dengan menggunakan treadmill. Sangat disarankan untuk jogging menjelang waktu berbuka, paling tidak 2 jam sebelum buka puasa. Ini dilakukan agar Sayurfriends bisa segera makan dan minum setelah lelah jogging.

4. Bersepeda

 

olahraga bersepeda

Pilihan berikutnya adalah bersepeda. Bagi Sayufriends yang hobi bersepeda, cobalah untuk tetap rutin melakukannya selama bulan puasa. Bersepeda bisa dilakukan saat pagi maupun sore menjelang berbuka. Pastikan untuk memilih jalur sepeda yang nyaman dan tidak membutuhkan tenaga ekstra. Jangan lupa batasi waktu bersepeda agar tidak membuat tubuh lemas.

5. Pull Up

 

pull up

Aktivitas olahraga yang satu ini sangat simpel dan cocok sekali dilakukan sambil berpuasa. Pull up biasa dilakukan untuk memperkuat dan membentuk otot lengan. Gerakannya sangat sederhana tapi bisa memberikan manfaat yang optimal. Tak hanya otot lengan tapi otot punggung juga lebih kuat berkat latihan pull up. Pull up juga bisa dilakukan di rumah selama ada alat yang bisa digunakan.

6. Ball Crunch

 

Ball Crunch pakai gym ball

Sebenarnya ada banyak jenis aktivitas olahraga ringan yang cocok dilakukan saat berpuasa. Salah satunya adalah ball crunch yang cukup seru untuk dilakukan. Ball crunch merupakan jenis olahraga yang dilakukan memakai gym ball.

Mainkan gym ball untuk peregangan oto-otot tubuh. Jenis olahraga ini cukup menyenangkan tapi bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh. Inspirasi gerakannya bisa Sayurfriends lihat melalui video-video YouTube.

Baca juga: 10 Panduan DEBM untuk Pemula

7. Sit Up

 

sit up saat puasa

Nah, Sayufriends juga bisa meluangkan waktu untuk sit up di rumah. Sit up adalah jenis aktivitas fisik yang cukup simpel dan efektif untuk membentuk perut atas maupun bawah. Sit up akan membantu membentuk kekuatan otot perut dan membasmi lemak yang menumpuk di area tersebut. Cobalah untuk melakukan sit up secara rutin sebelum sahur maupun sebelum tidur malam.

Olahraga saat puasa sebenarnya tak sulit untuk dilakukan. Asalkan Sayufriends memilih jenis olahraga yang tepat dan tidak menguras terlalu banyak tenaga. Jangan lupa, pilih juga waktu terbaik untuk berolahraga misalnya sebelum berbuka, setelah berbuka, maupun setelah makan sahur.

Related Articles

Jangan Dibiarkan! Begini 5 Cara Tepat Mengatasi Anemia

Merasa pusing, lemas, dan wajah pucat? Bisa jadi ini adalah tanda-tanda anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah...

Kaya akan Nutrisi, Ini 7 Manfaat Minyak VCO bagi Tubuh

Virgin coconut oil atau VCO ialah salah satu jenis minyak kaya manfaat yang aman untuk digunakan luar dalam. Sesuai dengan namanya, VCO ini...

Efektif Bikin Ngantuk, Ini 6 Pilihan Minuman untuk Insomnia

Pernah merasakan insomnia? Insomnia atau sulit tidur akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Biasanya orang dengan insomnia punya...