Written by at April 09, 2019
Inspirasi

Perbedaan Antara Gaya Hidup Vegan & Vegetarian

Suka penasaran ngga sih dengan gaya hidup veganism dan vegetarianism? Motivasi apa yang menjadikan orang-orang semangat banget menjalankan gaya hidup vegan dan vegetarian?

Secara garis besar, vegan dan vegetarian adalah gaya hidup yang tidak melibatkan hewan. Menurut beberapa orang, menjalankan gaya hidup vegan dan vegetarian tergerak karena banyaknya hewan yang disakiti demi memenuhi nafsu makan kita.

gaya hidup vegan vegetarian

Berangkat dari hal tersebut, banyak orang percaya dengan menjalankan gaya hidup vegan maupun vegetarian dapat menyelamatkan hewan dengan nilai tambahan baik bagi kesehatan.

Lantas kalau motivasinya sama, kira-kira apa sih perbedaan menjalankan gaya hidup vegan dan gaya hidup vegetarian?

Sebelum masuk ke penjelasan perbedaan Vegan & Vegetarian, harus diketahui dulu dalam vegeterian ada 5 jenis diantaranya :

  • Lacto-Ovo Vegetarian : Tidak mengkonsumsi daging, ayam, ikan tapi mengkonsumsi telur dan produk dairy.
  • Lacto Vegetarian : Tidak mengkonsumsi daging, ayam, ikan, telur tapi mengkonsumsi produk susu.
  • Ovo Vegetarian : Tidak mengkonsumsi daging, ayam, ikan, produk susu tapi mengkonsumsi telur
  • Partial Vegetarian : Menghindari daging, ayam tapi hanya mengkonsumsi Ikan (atau disebut peskaterian)
  • Vegan : Tidak mengkonsumsi Daging, Ikan, Ayam dan produk turunan hewan lainnya.

gaya hidup vegan vegetarian

Jadi sebenarnya Vegan ada didalam Vegetarian ya. Yang membedakan secara garis besar adalah metode pelaksanaannya, walaupun dengan tujuan menjalankan gaya hidup yang sama.

Vegan

Menghindari konsumsi aneka makanan hewan beserta turunannya seperti madu, gelatin. Bahkan bukan hanya makanan yang dihindari tapi juga produk-produk kosmetik, alat-alat rumah tangga. Jika mengandung elemen hewan maka akan dihindari oleh orang yang menjalani gaya hidup Vegan. Veganism juga percaya terhadap kalim cruelty free guna melindungi hewan.

gaya hidup vegan vegetarian

Vegetarian

Vegetarian pada dasarnya seperti vegan, tidak mengkonsumsi makanan mengandung hewan. Hanya saja vegetarian beberapa masih menggunakan produk-produk mengandung hewan maupun turunannya. Namun, metode pelaksanaannya untuk menghindari penggunaan produk hewan kembali kepada masing-masing orang untuk menjalani gaya hidup mereka.

gaya hidup vegan vegetarian

Kedua gaya hidup ini biasanya jadi jalan keluar untuk lose weight. Karena didalamnya dari segi makanan akan dikontrol habis-habisan apa yang harus dikonsumsi dan apa yang harus dihindari. Biasanya dengan tidak mengkonsumsi daging ada beberapa hal yang bisa terhindari tapi ada juga yang ngga bisa dihindari alias ada juga kekurangannya.

Kekurangannya diantara lain adalah tubuh kita tetap membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan secara maksimal dari mengkonsumsi daging hewan seperti Omega 3 dari Ikan.

Pada dasarnya ada juga yang menyarankan menjalankan gaya hidup vegan maupun vegetarian tapi tetap tidak melupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bagaimanapun nutrisi dari dagin hewan juga baik untuk tubuh loh.

Jadi kamu maunya #TimVegan atau #TimVegetarian atau masih entar dulu nih?

Related Articles

Kenapa Harus Beli Hasil Panen Lokal?

Cintailah produk-produk lokal guysss! Salah satu alasan kenapa harus beli hasil panen lokal adalah kualitas yang engga kalah bagus sama...

PUPU PAULA, Menjadi Vegan Mencegah Animal Abuse.

Hi, sayurfriend! Pupu Paula, seorang Fashion Designer yang menjadi Influencer dan menjadi vegan untuk mencegah animal abuse. What a...

Cerita Petani Lokal Lembang

Hi, Sayurfriend! Selamat Hari Tani untuk semua Petani di Indonesia. Terima Kasih karena sudah memberikan kualitas produk yang lebih baik...

Post Comment