Written by at November 18, 2019
Tips & Trik

Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram & Jamur Kancing

Sebenarnya Jamur banyak jenis dan macamnya, tapi jamur yang bisa dimakan banyak ditemukan di pasar dan ada beberapa yang cukup terkenal. Nah tau ngga perbedaan tiap-tiap jamur itu apa? Dari segi rasa, manfaat, nutrisi, bentuk sampai bagaimana cara memasak jamur tersebut. Berikut perbedaan jamur kuping, jamur tiram & jamur kancing, yaitu 3 jenis jamur yang biasa dikonsumsi.

Jamur Kuping

perbedaan jamur

Biasa disebut dengan Ear Mushroom, tapi secara jenis dikenal juga dengan Wood Ear Mushroom karena tumbuh di batang-batang kayu dan bentuk menyerupai telinga manusia. Jamur Kuping memiliki nama latin Auricularia auricula-judae yang termasuk jamur yang dapat diolah dan dikonsumsi. Jamur Kuping memiliki tekstur yang kenyal, berwarna coklat gelap dan bentuk yang menyerupai telinga, daging jamur ini yang lebih kenyal dan lebih melebar dan tidak begitu tipis maupun tebal. Jamur Kuping sering dijadikan campuran sayur sop atau makanan khas jepang yaitu Shabu. Nyobain Jamur Kuping dengan rasa yang lebih earthy jadi harus diolah dengan benar agar rasanya tidak mengganggu makanan lainnya. Tau ngga kalau Jamur Kuping terkenal karena kandungannya rendah lemak namun tinggi protein? Yup bener banget!

Jamur Tiram

perbedaan jamur

Kenapa disebut Jamur Tiram? Karena bentuknya seperti Tiram yang melebar dan terlihat cantik. Bukan hanya bentuknya saja, tapi juga rasa dan warna jamur yang menyerupai salah satu jenis kerang ini. Namun, Jamur Tiram bukan hanya yang berwarna putih tulang loh tapi ada juga yang berwarna kuning bahkan merah muda. Kamu pasti sering menemukan Jamur Tiram dimana-mana karena jamur satu ini sering dijadikan kudapan seperti jamur crispy, karena tekstur daging yang tidak terlalu kenyal dan lebih meaty. Jamur Tiram bukan hanya satu jenisnya, tapi ada Pearl Oyster, Blue Oyster, Golden Oyster, Pink Oyster, Phoenix Oyster dan King Oyster.

Jamur Kancing

perbedaan jamur

Disebut juga dengan nama Common Mushroom, Portobello Mushroom sampai White Mushroom. Bentuknya seperti kancing yang paling sering dijadikan topping pizza atau campuran untuk pasta. Ukurannya tidak terlalu dan cenderung berwarna putih, jenis lainnya yaitu Cremini Mushroom berwarna coklat muda dan berukuran sedang, jika Cremini dewasa makan bernama Portobello Mushroom dengan warna coklat sedikit lebih tua dan ukuran lebih besar, mereka termasuk Jamur Kancing karena bentuk yang serupa. Tekstur Jamur Kancing tidak lebih kenyal namun lebih meaty dengan rasa yang ringan dan halus.

Diantara ketiga jenis jamur ini, favorit kamu yang mana? Semua jamur di atas memiliki banyak manfaat dan dapat diolah menjadi aneka makanan yang enak-enak! Semua jamur tadi dijual di Sayurbox dengan bisa dapet Gratis Ongkir!

Related Articles

Kenali 3 Perbedaan Gula Aren, Gula Merah, dan Gula Batok Sebelum Membeli

Bagi kamu yang gemar memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan nama gula aren. Tetapi terkadang masih banyak pula orang yang belum dapat...

Begini 5 Cara Memilih Alpukat Matang yang Benar

Alpukat adalah salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan omega 3 dan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya...

12 Manfaat Telur Asin untuk Kesahatan yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan makanan yang terbuat dari telur asin atau salted egg. Bahan makanan yang satu ini memang...

Post Comment