Written by at September 20, 2019
Manfaat Sayur dan BuahTips & Trik

Perbedaan Jenis Beras (Putih, Merah, Hitam & Coklat)

Beras adalah salah satu bahan pokok Indonesia, hidup tanpa beras rasanya ada yang kurang terutama di daerah perkotaan. Namun, semakin tinggi pengetahuan tentang hidup sehat, semakin banyak jenis beras bermunculan. Selain beras putih, ada juga beras merah, beras hitam dan beras coklat. Apa saja perbedaan jenis beras-beras ini?

Beras Putih

perbedaan jenis beras
Source : Unsplash

Beras putih adalah beras yang paling banyak digunakan orang Indonesia. Selain mudah didapatkan, rasa berasnya juga sangat familiar dengan lidah orang Indonesia. Beras putih memiliki rasa yang lebih manis dibanding jenis beras lainnya oleh karena itu berpengaruh pada level gula darah dalma tubuh. Beras putih adalah jenis beras yang bagian sekam, kulit dan juga benihnya terlepas makanya memiliki kandungan serat yang lebih sedikit begitu juga kandungan protein, antioksidan sampai jenis vitamin dan mineral lainnya.

Hal ini berdampak pada mengonsumsi nasi putih tidak akan lebih mengenyangkan dibanding jenis nasi berwarna lainnya.

Beras Merah

perbedaan jenis beras
Source : Pixabay

Beras merah masuk dalam daftar jenis beras sehat yang menjadi pilihan untuk dikonsumsi kalau ingin menurunkan atau menjaga berat badan. Hal ini disebabkan karena tingginya nutrisi dibanding beras putih walaupun mengakibatkan rasa beras merah tidak lebih manis dari beras putih. Warna merah pada beras merah juga menyebabkan jenis beras ini tinggi akan kandungan antosianin, salah satu antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan seratnya tentu lebih banyak dibanding beras putih namun lebih sedikit dibanding beras hitam atau coklat.

Beras Hitam

perbedaan jenis beras
Source : Pixabay

Beras hitam paling beda diantara beras merah & putih, karena berasal dari jenis yang berbeda dengan rasa yang lebih nutty dan earthy. Walaupun memasak beras hitam membutuhkan waktu lebih lama dibanding beras putih dan beras merah tapi kandungan protein didalamnya sangat worth to wait. Dalam 100gr beras hitam terdapat 9,1gr protein loh adalah yang paling banyak diantara jenis beras lainnya.

Selain itu beras hitam juga mempunya Glikemik Indeks yang rendah dan tinggi serat sampai kaya akan antioksidan antosianin yang merupakan elemen anti-kanker.

Beras Coklat

perbedaan jenis beras
Source : Pixabay

Jenis beras lainnya yang jarang disentuh di Indonesia adalah beras coklat yang merupakan whole grain yang dilepas hanya bagian luar sekam berasnya. Beras coklat juga mempunyai tekstur yang lebih lembut dan empuk dibanding ketiga jenis beras lainnya. Dalam 100gr beras coklat terdapat 7,2gr protein yang juga tinggi kandungan magnesium, tiamin dan zat besi. Bahkan kandungan serat beras coklat juga tinggi sebanyak 3.2gr dalam 100gr penyajian beras coklat.

Nah, kamu lebih suka jenis beras yang mana nih?

Related Articles

Aneka Resep Bengkoang!

Kalau selama ini hanya tau Bengkoang untuk langsung dimakan, atau dicampur dalam rujak berarti kamu salah besar. Bengkoang/Jicama ini...

Mengenal Kurma Ruthab & Manfaatnya

Kurma kalau biasanya hanya ada saat momen Ramadhan saja dan selalu dengan jenis yang sama, tapi ada juga kurma yang sering dicari bukan...

Perbedaan Hasil Panen Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida

Ternyata hasil panen juga banyak jenisnya, kalau kali ini tergantung metode penanamannya. Ada Organik, Hidroponik dan Bebas Pestisida. Apa...

Post Comment