Written by at September 10, 2019
Tips & Trik

Perbedaan Makanan Asian & Western

Indonesia termasuk Asia Tenggara, makanan Indonesia bagaimanapun masuk dalam kategori Asian Cuisine begitupula Vietnam, Filipina, Cina, Jepang, dll. Sedangkan Amerika, Eropa masuk dalam kategori Western Cuisine. Suka penasaran ngga sih apa dan kenapa makanan asian & western itu berbeda? Dan dimana perbedaan makanan asian & western?

Hari ini kita bahas bersama nih apa perbedaan makanan asian & western! Tighten your seat belt.

Rasa

Kalau yang sering nyobain makanan Asia atau western pasti bisa membedakan dari segi rasa bagaimana perbedaannya antara kedua budaya ini. Kalau bicara rasa, Asia menggunakan banyak rempah-rempah untuk memperkaya rasa masakan sedangkan western menggunakan hanya sedikit rempah-rempah esensial. Asia fokus pada rempah yang bikin masakan bukan hanya asin dan manis, tapi juga ada asam, sedikit pahit dan segarnya sedangkan western hanya fokus pada apakah makanannya asin atau manis saja.

perbedaan makanan asian & western
Source : Unsplash

Kalau mencicipi makanan Asia seperti Dimsum, Soba Mie akan merasakan bumbu yang kaya dan segar. Kalau mencicipi steak, fish & chips akan merasakan asin yang cukup dominan. Kalau orang Asia mencicipi makanan Western pasti akan merasa kurang, kalau orang Western mencicipi makanan Asia pasti akan merasa berlebihan. Ini sesuai selera masing-masing orang loh ya.

Bahan-Bahan

Perbedaan makanan asian & western yang paling bisa dilihat adalah penggunaan bahan-bahan dalam memasak. Asia memiliki pemilihan bahan variasi antara seafood, beras, dan juga mie, sedangkan Western memiliki pemilihan bahan yang condong kepada daging, ayam dan juga gandum. Wajar banget karena budaya makan dalam Asia pun condong kepada makan dalam ukuran kecil (ukuran yang mudah dikonsumsi dengan sumpit) makanya seafood pun biasanya disajikan bite size. Makanan Western menyediakan seafood juga namun jarang dan selalu dalam bentuk fillet dan ukuran cukup besar karena cara makan yang menggunakan sendok, garpu dan juga pisau.

perbedaan makanan asian & western
Source : Unsplash

Pemilihan bahan-bahan masakan juga tergantung lokasi suatu daerah. Asia mengkonsumsi seafood dikarenakan sebagian besar wilayahnya cenderung adalah perairan, dan wilayah western lebih didominasi oleh daratan. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa wilayah Asia juga mengkonsumsi daging & ayam sedangkan western juga mengkonsumsi Seafood.

Lain-Lain

Terlihat sederhana tapi juga bisa terjadi loh. Perbedaan makanan asia & western juga berdampak pada minuman yang dikonsumsi. Kalau biasanya orang Asia cenderung mengkonsumsi Teh sebelum makanan, lain halnya orang Western lebih cenderung mengkonsumsi Alkohol seperti Wine sebelum makanan.

perbedaan makanan asian & western
Source : Pexels

Perbedaan makanan asia & western juga terlihat pada kudapan atau makanan pencuci mulut. Asia lebih condong pada mengkonsumsi buah segar, sedangkan western cenderung mengkonsumsi kue ataupun ice cream.

Mengkonsumsi sayuran juga berbeda di kedua budaya ini, Asia lebih sering memasak sayurannya dengan bumbu lainnya dengan teknik menumis atau merebus. Sedangkan western senang mengkonsumsi sayurannya dalam bentuk salad.

perbedaan makanan asian & western
Source : Pexels

Hm, cukup berbeda ya kedua budaya ini dalam hal mengkonsumsi makanan. Kalau kamu lebih menyukai makanan Asia atau Western?

Related Articles

Perbedaan Jamur Kuping, Jamur Tiram & Jamur Kancing

Sebenarnya Jamur banyak jenis dan macamnya, tapi jamur yang bisa dimakan banyak ditemukan di pasar dan ada beberapa yang cukup terkenal....

Makanan Untuk Penambah Darah

Kenapa penting mengetahui makanan untuk menambah darah? Tau ngga Anemia adalah sakit yang sering terjadi, setidaknya 6% orang di Amerika...

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tingkat Gula Darah

Selama ini kita hanya cukup mengenal Diabetes, penyakit yang cukup menakutkan dan wajib diwaspadai. Padahal yang menyebabkan Diabetes...

Post Comment