Written by at September 03, 2019
Tips & Trik

Perbedaan Paprika Merah, Kuning & Hijau

Siapa yang suka makan paprika? Yang sering diolah sebagai sayur ini banyak pecintanya tapi juga banyak menolak mengonsumsinya. Cita rasa berbeda dan kurang familiar dengan lidah orang Indonesia, tapi mungkin kamu termasuk yang menolak mengonsumsinya karena belum familiar dengan jenis paprikanya. Karena beda warna juga beda rasa loh, nah berikut perbedaan paprika merah, kuning dan hijau.

perbedaan paprika merah kuning & hijau
Source : Unsplash

Paprika adalah sayuran dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, serta kandungan antioksidan yang juga tinggi. Disebut juga bell peppers atau Capsicum yang dapat dikonsumsi mentah walaupun dimasak. Sebenarnya perbedaan paprika merah, kuning dan hijau terdapat pada tingkat kematangan dan juga saat dipanen. Nah, lebih lanjut dibahas dibawah ini ya.

Paprika Hijau

Paprika Hijau bukan hanya berbeda dengan paprika merah dan kuning karena warnanya, tapi juga karena tingkat kematangannya. Paprika hijau dipanen saat paprikanya berwarna hijau dan belum terlalu matang oleh sebab itu warnanya hijau gelap dan masih cukup keras dan renyah. Paprika hijau juga berbeda dengan paprika lainnya karena kandungan vitaminnya yang tidak begitu banyak, karena dipanen saat masih belum matang jadi kandungan vitamin C maupun vitamin A tidak sebanyak paprika merah.

perbedaan paprika merah kuning & hijau
Source : Pexels

Paprika hijau memiliki rasa yang agak pahit, tekstur yang renyah tapi tetap memberikan asupan vitamin C 200% dari asupan vitamin C rekomendasi harian kita. Kalau kamu ingin memberikan tekstur renyah dan rasa yang berbeda dalam masakan, cobain pakai paprika hijau deh.

Paprika Kuning

perbedaan paprika merah kuning & hijau
Source : Unsplash

Paprika kuning adalah jenis paprika yang dipanen setelah berubah warnanya dari hijau, dengan tingkat kematangan yang lebih baik dari paprika hijau dan rasa yang lebih manis dari paprika hijau. Tekstur paprika kuning juga lebih lembut dibanding paprika hijau. Mengkonsumsi paprika kuning biasanya dilakukan karena orang ingin mendapatkan warna yang menarik dalam hidangan mereka karena warna kuning yang cerah.

Walaupun kandungan vitamin C dan antioksidan pada paprika kuning tidak setinggi dibanding paprika merah tapi masih lebih baik dibanding paprika hijau.

Paprika Merah

Lain halnya dengan paprika hijau dan paprika kuning, paprika merah sudah mencapai tingkat kematangan sempurna. Dipanen saat benar-benar sudah matang sehingga warnanya merah merona. Paprika merah memiliki rasa yang lebih manis, tekstur yang lebih lembut dibanding kedua jenis paprika sebelumnya.

perbedaan paprika merah kuning & hijau
Source : Pexels

Selain itu kandungan vitamin C, vitamin A dan antioksidan dalam paprika merah juga lebih tinggi. Vitamin C 2 kali lebih tinggi dan beta-karotin 9 kali lebih tinggi dibanding paprika hijau. Mengkonsumsi paprika merah selain memberikan rasa yang lebih manis, juga memberikan kandungan vitamin yang lebih tinggi.

Nah, kalau sudah tau perbedaan paprika merah, kuning dan hijau gini kamu jadi lebih gampang menentukan paprika mana yang kamu sukai dari segi rasa maupun kandungan nutrisinya. Semua jenis paprika ini tersedia di Sayurbox loh.

Related Articles

Kenali Penyebab Bronkitis dan Cara yang Benar untuk Mencegahnya

Apakah kamu sering mengalami batuk berlendir yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 hari? Jika iya, sebaiknya segera periksa kondisi...

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Vertigo dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba pusing dan merasa benda di sekeliling kamu berputar, padahal sedang tidak terjadi apa-apa? Kalau kamu...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 4 Panduan dan Cara Diet OCD yang Benar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan program diet. Dari beberapa program...

Post Comment