Written by at January 10, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

7 Manfaat Penting Terong Belanda Ungu Yang Baik untuk Tubuh dan Kulit.

 

Terong belanda ungu atau dikenal juga dengan terong belanda merupakan buah yang memiliki rasa unik dan tidak seperti terong ungu sayur pada umumnya. Biasa disebut tamarillo juga ini biasa dijadikan hidangan pencuci mulut yang ringan. Mungkin tidak banyak yang tau, tapi buah yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh sampai kulit. Nah, berikut 7 manfaat terong belanda ungu yang baik dikonsumsi tubuh hingga bisa mempercantik kulit.

terong belanda ungu
Source : Pexels

Berikut manfaat terong belanda yang wajib kamu simak.

  1. Terong belanda dapat membantu menurunkan berat badan

Buah yang berasal dari keluarga tomat ini bukan hanya memberikan rasa yang unik tapi juga manfaat yang diincar banyak orang. Sari terong belanda bertindak sebagai detoks tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, selain itu asam pada terong belanda juga dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Cara mengolah terong belanda untuk mendapatkan manfaat ini juga mudah, cukup di jus tanpa tambahan gula dan nikmati.

  1. Terong belanda dapat mengontrol diabetes

Dalam terong belanda terdapat asam klorogenik yang membantu menurunkan kadar gula pada diabetes melitius tipe II. Hal ini dapat menjadi alternatif untuk penderita diabetes untuk menikmati buah apalagi rasa terong belanda yang tidak begitu manis, selain itu kandungan antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif pada pankreas dan juga hati. Cara mengonsumsinya pun mudah, dapat di jus atau di blend tanpa tambahan gula.

  1. Dapat menjaga kesehatan jantung

Terong belanda tinggi kandungan kalium, salah satu nutrisi yang baik untuk menyeimbangkan efek berbahaya dari kadar natrium yang tinggi di jantung. Hal ini memastikan kondsii jantung terjaga dengan baik. Selain itu tingginya kalium juga baik untuk nutrisi seperti magnesium dalam membantu kelancaran fungsi kardivaskular. Kandungan antioksidan pada terong belanda juga baik untuk mengurangi kemungkinan tekrena strok. Cara mengonsumsi untuk mendapatkan manfaat terbaik untuk jantung adalah dengan di jus, namun dapat juga dicampurkan dengan aneka buah tinggi antioksidan lain seperti buah naga, atau sayuran seperti kale.

Baca Juga : Resep Terong Ungu Untuk MPASI

Mengonsumsi terong belanda ungu selain baik untuk jantung juga sangat mudah untuk diolah, terutama menjadi jus dengan rasa yang segar. Dapatkan terong belanda di Sayurbox yang akan diantarkan langsung ke depan pintu rumah.

  1. Terong belanda dapat menjaga kelembutan kulit

Untuk para wanita, mengonsumsi terong belanda akan sangat baik untuk kelembaban dan kelembutan kulit. Kandungan vitamin A, C dan E pada terong belanda memastikan bahwa kulit tetap sehat dan juga berseri. Kandungan antioksidan seperti antosianin, fenol, dan flavonoid dapat meindungi kulit dari stres oksidatif maupun polusi, menjaga kulit tetap sehat dna terjaga dari dalam. Cara menggunakannya pun selain dikonsumsi sebagai olahan makanan atau minuman juga dapat diaplikasikan sebagai masker wajah.

  1. Salah satu buah yang anti-kanker

Kandungan antioksidna yang tinggi pada terong belanda selain baik untuk menjaga kulit, dan menurunkan resiko terkena strok juga dapat mencegah radikal bebas dan melindungi tubuh dari potensi terkena kanker. Selain itu terong belanda juga memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang dapat mencegah wabah kanker dalam tubuh. Mengolah terong belanda untuk memaksimalkan manfaat ini dapat dicampurkan dalam olahan salad dengan aneka sayuran hijau dan tambahan protein lainnya.

Baca Juga : 10 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

  1. Terong belanda dapat menjaga kesehatan mata

Karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi, terong belanda juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A mengembalikan kelembaban selaput mata, dimana selaput mata ini berfungsi sebagai penghalang bakteri dan virus. Jadi semakin lembab selaput mata maka semakin baik dalam mencegah bakteri dna virus masuk ke dalam mata. Maka pastikan untuk mengonsumsi terong belanda secara rutin. Jika mengolah dengan cara di jus sudah membosankan, dapat juga diolah menjadi selai atau campuran untuk kue seperti pancake atau sponge cake.

  1. Dapat menyembuhkan amandel yang meradang

Anak-anak yang biasanya mudah terkena amandel dapat diobati dengan mengonsumsi terong belanda. Hal ini selain dapat diobati dengan mengonsumsi buahnya juga dapat diobati dengan daun terong belanda yang dihangatkan dan dililit di leher penderita amandel. Di Ekuador, hal ini dipercaya bahwa panas dari daun dapat membantu mengurangi rasa sakit, sedangkan di kolombia mengobati amandel dengan cara membuat tapal buah dan diobati dari luar.

Baca Juga : 9 Manfaat Terong Ungu Untuk Tubuh

Jaid gimana? Kamu sudah berani mencoba mengonsumsi terong belanda ungu lagi? Jangan terintimadi oleh rasa maupun tampilan dulu, karena dibalik itu semua ada manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Dapatkan terong belanda di Sayurbox yang bisa langsung kamu beli sekarang!

Related Articles

10 Manfaat Nangka untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Selain durian, nangka atau yang dikenal dengan nama latin Artocarpus heterophyllus juga menjadi salah satu buah tropis yang cukup populer....

Selain Mencegah Depresi, Ini 13 Manfaat Dark Cokelat yang Bisa Kamu Coba

Siapa yang tidak mengnal dark cokelat atau cokelat hitam, makan manis dengan sedikit sentuhan rasa pahit khas coklat, yang hampir disukai...

10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia....

Post Comment