Written by at January 10, 2019
Manfaat Sayur dan BuahOthers

Perbedaan Terong Belanda dan Terong Ungu

Pasti ada yang pernah nemu Terong Belanda kan? Di Indonesia memang beberapa tempat ngejus maupun restoran sudah mulai ada menu jus terong belanda nih. Tapi ada yang suka bingung emang terong belanda sama terong ungu biasa beda ya? Beda dong! Berikut beberapa perbedaan terong belanda dan terong ungu.

Perbedaan terong belanda dan terong ungu

Beda Jenisnya.

Terong belanda lebih dikenal sebagai buah, sedangkan terong ungu sebagai sayur. Karena jenisnya berbeda, walaupun namanya sama tapi cara mengolah juga pasti berbeda. Terong belanda dapat langsung dikonsumsi, sedangkan terong ungu lebih enak jika diolah terlebih dahulu. Soal rasa terong belanda punya rasa khas buah manis asem yang bikin enak kalau dinikmati tanpa diolah.

Beda Bentuknya.

Perbedaan terong belanda dan terong ungu

Bentuknya udah pasti berbeda. Terong belanda mirip dengan telur hanya saja punya bentuk yang lebih lancip, sedangkan terong mempunyai bentuk yang lebih memanjang. Terong belanda juga kalau dipegang mirip memegang tomat karena tekstur daging buahnya berair tidak seperti terong ungu. Perbedaan bentuk ini yang bikin terong belanda dan terong ungu walaupun memiliki nama yang sama, tapi terlihat berbeda sekali.

Beda warnanya.

Udah pasti kedua terong ini berbeda warnanya. Terong belanda memiliki warna merah jika sudah matang, sedangkan terong ungu ya pasti warnanya ungu dong. Terong belanda ketika buahnya sudha matang maka buah akan berwarna merah walaupun akan ada sedikit warna kecoklatan. Sedangkan terong ungu yang sudah tua ataupun masih muda warnanya akan tetap ungu.

Beda rasanya.

Perbedaan terong belanda dan terong ungu

Karena jenisnya berbeda, pasti rasanya juga berbeda. Terong belanda akan ada rasa manis cenderung asamnya sedangkan terong ungu akan lebih hambar. Ini kenapa terong ungu lebih enak diolah kembali menjadi sayur, sedangkan terong ungu bisa langsung dinikmati.

Berikut perbedaan terong belanda dan terong ungu. Jangan salah lagi ya!

Fun Fact!

Terong Belanda bukan berarti berasal dari belanda loh yaaa, di Amerika lebih dikenal dengan Tamarillo. Di Indonesia dikenal dengan nama Terong Belanda karena terongnya dibawa masuk ke Indonesia oleh orang belanda. Sekarang, udah banyak petani lokal yang budidaya terong belanda kok.

Perbedaan terong belanda dan terong ungu
Source : Pexels

Related Articles

Berbagai Macam Metode Diet & Manfaatnya

Udah kenal berbagai macam diet belum? Atau udah pernah menjalani berbagai macam diet dan belum menemukan hasil yang tepat? Ada berbagai...

Aturan Dalam Melakukan Diet

Diet bukan sembarang Diet dan bukan asal Diet. Melakukan diet bukan hanya tentang sedikit makan dan sering berolahraga. Diet berarti...

Fenomena Celery Stick Juice

Beberapa bulan belakangan ini ada fenomena terbaru yaitu Celery Stick Juice yang sangat populer di Luar Negri sampai di Indonesia. Beberapa...

Post Comment