Written by at October 16, 2020
Tips & Trik

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi. Jenis telur ini antara lain Tobiko dan Ikura yang rasanya lezat meskipun tanpa dimasak sekalipun. Telur ikan biasanya memiliki harga yang sangat tinggi bahkan untuk jenis black caviar bisa mencapai $7.000 hingga $10.000 per kilonya, Karena banyak sekali jenis telur ikan, maka kamu perlu perhatikan bahwa perbedaan jenis telur ikan ini didasarkan dari jenis ikannya. Oleh sebab itu, kami sudah rangkumkan mengenai jenis-jenis telur ikan yang wajib kamu ketahui!

 

Selain tobiko, ini jenis-jenis telur ikan yang wajib kamu tahu

Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya
Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya. (Foto: Pixabay)

1. Caviar, harganya paling mahal

Caviar merupakan salah satu jenis telur ikan yang berasal dari Ikan Sturgeon. Ikan jenis ini banyak ditemukan di perairan Laut Kaspia atau biasa dikenal Caspian Sea. Jenis ikan ini juga bisa ditemukan di Laut Hitam. Bahkan menurut penelitian menyatakan bahwa ikan sturgeon sudah ada sejak zaman purba, meski kini keberadaan jenis ikan ini sudah mulai langka. Kelangkaan inilah yang menyebabkan harga caviar dari ikan sturgeon liar mampu dijual dengan harga yang mahal.

 

2. Tobiko, sering digunakan untuk makanan Jepang

Tobiko merupakan jenis telur ikan yang berasal dari ikan terbang atau flying fish. Ciri khas dari jenis telur ikan ini adalah warnanya merah cerah dan ukurannya yang sangat kecil. Pencinta kuliner Jepang pasti tahu bagaimana rasa sensasi meletus saat Tobiko tergigit. Umumnya tobiko ini diperkaya dengan memarinasinya dengan tinta cumi, wasabi dan juga yuzu. Proses ini akan memperkaya rasa dan juga membuat tampilan tobiko menjadi lebih menarik.

 

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

 

3. Ikura, ukuran agak besar dan berwarna oranye cerah

Ikura merupakan salah satu jenis telur ikan yang berasal dari Ikan Salmon. Ciri khas dari Ikura ini adalah warnanya oranye cerah dengan ukurannya yang cukup besar bila dibandingkan dengan Tobiko. Jenis telur ikan ini seringkali disebut dengan Salmon Roe atau telur Ikan Salmon. Yang membedakan adalah tekstur telur ikura cenderung berair bila dibandingkan dengan caviar dan tobiko. Akan lebih lezat bila ikura disajikan dalam bentuk Sashimi, isi sushi, dan juga taburan dalam chirashi don.

 

Jenis telur ikan mana yang menjadi favorit kamu? Yuk, beli ikan dan kebutuhan dapur segar lainnya di Sayurbox!

 

 

4. Masago, biasanya berwarna hitam atau putih

Masago adalah jenis telur ikan yang berasal dari Ikan Capelin. Sekilas tampilan dari Masago ini mirip dengan telur Tobiko, bedanya adalah ukuran masago lebih kecil dan terasa lebih lembut. Dan yang terlihat jelas perbedaannya adalah di warnanya, bila tobiko berwarna merah cerah maka masago memiliki warna hitam atau putih. Teksturnya pun bukan renyah, tetapi cenderung kenyal. Seringkali masago digunakan sebagai hiasan pada hidangan sushi karena harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan Tobiko.

 

Baca juga: 6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

 

5. Telur Ikan Kakap, berbentuk gumpalan agak besar

Selain 4 jenis telur ikan di atas, masih ada jenis telur ikan lain yang bisa dimakan. Bisa dikatakan hampir seluruh telur ikan dapat dijadikan sebagai bahan makanan, salah satunya yang paling populer adalah telur ikan kakap. Telur ikan kakap ini berbentuk gumpalan dengan ukuran yang cukup besar. Warna gumpalannya adalah kuning kecoklatan. Bila kamu tertarik mencicipi, kamu bisa menyajikan hidangan telur ikan kakap dengan cara menggoreng maupun bisa dimakan secara mentah.

 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

 

Banyak sekali manfaat telur ikan yang bisa kamu dapatkan bila kamu mengonsumsinya secara teratur. Jepang merupakan salah satu negara yang memanfaat telur ikan sebagai bahan makanan. Oleh sebab itu banyak makanan khas negeri Sakura ini menggunakan telur ikan. Beberapa kandungan nutrisi ini yang bisa kamu peroleh bila mengonsumsi ikan telur, seperti protein, omega 3, Selenium, Vitamin B12, dan Vitamin D.

 

Kandungan protein di dalam telur ikan dapat membantu tubuh memperbaiki jaringan sistemnya. Omega 3 juga bermanfaat untuk kesehatan jantung manusia. Selenium juga memiliki andil untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Sementara itu vitamin B12 yang terkandung di dalam telur ikan ini baik untuk kesehatan otak dan pembentukan sel darah merah. Dan Vitamin D baik untuk kesehatan tulang sehingga cocok untuk mencegah osteoporosis.

 

Jadi, selain tobiko, jenis telur ikan mana yang menjadi favorit kamu? Yuk, beli ikan dan kebutuhan dapur segar lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

7 Tips Menjadi Reseller Sukses Tanpa Perlu Modal!

Menjadi reseller adalah salah satu model bisnis online yang kini sedang diminati. Selain prosesnya yang mudah dilakukan oleh siapa saja,...

Tetap Sehat, Konsumsi 15 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini

Masa-masa kehamilan dan menyusui tentu menjadi masa yang paling berkesan bagi para ibu. Tumbuh kembang anak di masa depan sangat bergantung...

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Post Comment