Written by at January 26, 2021
Tips & Trik

Perhatikan Kualitas Buah & Sayur Saat Cuaca Tidak Menentu

Cuaca sedang tidak menentu nih, akhirnya kualitas buah & sayur juga terpengaruhi. Saat ini, para petani sangat kesulitan menjual hasil panennya karena masalah kualitas. Padahal sebenarnya buah & sayur yang tampilan luarnya kurang bagus, masih memiliki daging buah, rasa dan tekstur yang baik untuk dikonsumsi. Nah, ini ada 5 hal yang wajib kamu ketahui soal kualitas buah & sayur saat cuaca tidak menentu.

Perhatikan kualitas buah & sayur saat cuaca tidak menentu seperti sekarang

kualitas buah & sayur
Kualitas buah & sayur saat cuaca tidak menentu (Foto: Sayurbox)

Cuaca tidak menentu mempengaruhi tampilan buah & sayur

kualitas buah & sayur
Cuaca tidak menentu mempengaruhi tampilan buah & sayur (Foto: Sayurbox)

Sebentar hujan, sebentar panas juga mempengaruhi tampilan buah & sayur. Karena buah & sayur memerlukan kondisi temperatur, kelembaban yang stabil untuk menjaga kualitasnya. Dengan berubahnya cuaca secara cepat, juga merubah tempertaur dan kelembaban lingkungan sekitar sehingga menyebabkan perubahan kualitas dan tampilan pada buah & sayur. Namun, tidak perlu khawatir karena di Sayurbox sendiri hanya tampilan luar buah & sayur yang terpengaruh, sedangkan dgaing buah maupun rasa buah & sayur tetap segar dan bagus seperti pada umumnya.

Baca Juga : Ini 7 Cara Menyimpan Daun Bawang yang Benar Agar Lebih Tahan Lama

Petani yang kesulitan menjual hasil panen

kualitas buah & sayur
Petani yang kesulitan menjual hasil panen (Foto: Sayurbox)

Cuaca yang tidak menentu juga menjadi mimpi buruk bagi para petani buah & sayur. Mereka harus menjaga kualitas stabil untuk dapat menjualnya ke pasar maupun tengkulak. Karena saat seperti ini, tidak banyak yang mau menerima hasil panen. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya edukasi tentang kualitas buah & sayur yang masih tetap dapat dikonsumsi.

Cek yuk buah dan sayur di Sayurbox yang datang langsung dari petani lokal.

kualitas buah & sayur

Bersihkan sayur & buah dengan benar sebelum menyimpan

kualitas buah & sayur
Bersihkan sayur & buah dengan benar sebelum menyimpan (Foto: Pixabay)

Jika kamu mendapatkan buah & sayur dengan kualitas yang kurang baik, segera bersihkan dnegan cara potong atau gunting bagian buah atau sayur yang kurang bagus tersebut. Hindari juga mencuci sayur sebelum menyimpan, tapi pastikan kamu mencucinya sebelum diolah. Hal ini dilakukan agar sayur tidak cepat membusuk.

Baca Juga : 7 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Benar agar Tidak Mudah Layu

Simpan sayur & buah pada menggunakan wadah yang sesuai

kualitas buah & sayur
Simpan sayur & buah pada menggunakan wadah yang sesuai (Foto: Pixabay)

Menggunakan tempat penyimpanan juga harus menyesuaikan dnegan jenis sayur yang disimpan. Beberapa jenis sayur seperti sayuran hijau dapat disimpan menggunakan wadah tertutup yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Beberapa sayur juga dapat disimpan di wadah kedap udara untuk menjaga kelembaban sayuran tersebut. Pastikan sayur & buah tidak disimpan bersamaan yaah.

Hindari menumpuk buah & sayur

kualitas buah & sayur
Hindari menumpuk buah & sayur (Foto: Pixabay)

Saat menyimpan buah & sayur di kulkas, perhatikan juga cara menyimpannya. Jika tidak menggunakan kontainer kedap udara, hindari menumpuk buah ataupun sayur untuk menjaga daun tidak lembek dan layu. Untuk buah maupun sayur non daun, jangan sampai ditumpuk dengan sayuran berdaun yah. Hindari juga menyimpan buah & sayur di dalam 1 tempat terutama buah seperti apel dan pisang. Apel & pisang menyebabkan sayur dapat matang lebih cepat hingga sampai membusuk lebih cepat.

Baca Juga : Cari Tahu 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama

Nah, jadi sekarang sudah tau kan kenapa kalau saat cuaca tidak menentu, kualitas buah & sayur juga jadi menurun? Sudah tau juga kan cara menjaga sayur & buah kualitasnya tetap baik walaupun cuaca tidak menentu? Tenang saja, belanja buah & sayur di Sayurbox tetap terjaga kualitasnya dan juga jadi membantu petani menghabiskan hasil panen yang suka ditolak di pasar.

kualitas buah & sayur

Related Articles

Mulai Tahun Ini Coba 7 Alternatif Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

Minyak goreng merupakan salah satu bahan masak yang sering dipakai untuk menumis dan menggoreng. Minyak goreng yang dipakai sehari-hari...

Ternyata, Ini 18 Jenis Edible Flower yang Bisa Dimakan

Dari namanya saja, ‘edible flower’ alias bunga yang bisa dimakan. Bunga jenis ini nggak hanya berfungsi untuk hiasan tetapi pastinya...

9 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Benar agar Tidak Mudah Layu

Sayuran merupakan subutan dari bahan pangan asal tumbuhan, mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar maupun diolah...

Post Comment