Written by at May 15, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Perkenalkan, Buah Semangka Kuning!

Udah pada tau belum ada Semangka Kuning? Bukan kulitnya loh ya berwarna kuning, tapi daging buahnya yang berwarna kuning cerah nan segar.

Selain ada Semangka yang biasa kita kenal daging buah berwarna merah, ada juga Semangka Kuning. Semangka Kuning ini warna daging buah kuning cerah, kalau dilihat siang-siang hari bisa berasa tenggorokan lebih segar. Membayangkan kandungan air yang banyak, sama banyak dengan Semangka Merah.

Semangka Kuning

Kenapa Semangkanya bisa berwarna Kuning?

Buah Semangka Kuning memiliki daging buah berwarna kuning karena kurangnya kandungan likopen. Likopen adalah senyawa yang memproduksi pigmen kemerahan pada buah maupun sayur termasuk Semangka. Seperti yang diduga, kandungan Likopen pada Semangka Kuning sedikit sampai tidak bisa memproduksi warna merah pada Semangka. Lain halnya dengan Semangka Merah yang warna merah cerahnya diproduksi dari cukupnya Likopen dalam buahnya.

Fun Facts : Semangka Kuning dibudidayakan terlebih dahulu sebelum Semangka Merah

Semangka Kuning
Source : Pexels

Tujuan Semangka Kuning dibudidayakan terlebih dahulu untuk membentuk Likopen yang cukup dalam buahnya. Jadi memang awalnya yang terbentuk adalah Semangka Kuning sampai Likopen cukup dalam buahnya sehingga bisa berwarna kemerahan.

Bukan berarti buahnya engga matang ya, sudah matang sempuran hanya saja Likopen yang belum cukup.

Bagaimana dengan kandungan nutrisi pada Semangka Kuning?

Semangka Kuning secara umum punya kandungan yang sama dengan Semangka Merah, dalam 1cup Semangka Kuning terdapat 46kKal. Ada kandungan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata dan juga kulit. Selain itu kandungan beta karoten yang baik sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker dan juga sakit mata.

Sampai sekarang, penelitian menunjukkan tidak ada hubungannya antara kandungan likopen yang sedikit dengan manfaat buah itu sendiri. Karena manfaat buah didapatkan dari nutrisi dan vitamin lainnya dan bukan hanya likopen.

Semangka Kuning
Source : Pexels

Jadi, mengkonsumsi Buah Semangka Kuning yang sedikit likopennya tidak mengurangi sedikitpun manfaat dari Semangka itu sendiri ya!

Rasanya enak engga ya?

Beberapa orang mengaku Semangka Kuning punya rasa yang tidak jauh berbeda dari Semangka Merah. Dengan kandungan air yang sama tinggi dan rasa manis yang juga sama tidak mempengaruhi perbedaan rasa kedua jenis Semangka ini.

Tapi di Afrika sendiri, mereka mengaku Semangka Kuning punya rasa yang lebih manis dan daging buah yang lebih tebal dari Semangka Merah pada umumnya. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh proses budidaya buah.

Tapi, dari segi rasa baik Semangka Merah maupun Semangka kuning punya rasa yang sama-sama enak dan segar!

Pilih dong, kamu tim #SemangkaMerah atau #SemangkaKuning nih?

Related Articles

Mengenal Sea Grapes dan Manfaatnya

Ada yang pernah mendengar Sea Grapes? Kalau belum, mungkin pernah dengar Umibudo juga? Atau belum juga? Tenang, hari ini kita akan mengenal...

Apa itu Quinoa, Manfaat & Cara Mengolah!

Buat teman-teman yang sedang mengusung resolusi 2020 untuk diet dan hidup lebih sehat, harus membaca tulisan kali ini. Sebelumnya kita...

Mengenal Manfaat Chia Seed

Bagi sebagian orang chia seed atau biji chia tidak begitu familiar, tapi sebagian orang lainnya mengkonsumsi chia seed sebagai salah satu...

Post Comment