Written by at April 08, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

7 Manfaat Semangka Kuning dan Kandungan Nutrisinya

Sudah tahu atau pernah mencoba buah semangka kuning? Bukan kulitnya yang berwarna kuning, tapi daging buah semangkanya yang berwarna kuning cerah nan segar. Selain ada semangka yang biasa kita kenal daging buah berwarna merah, ada juga semangka kuning. Jenis semangka ini memiliki warna daging buah kuning cerah dengan biji yang tidak terlalu banyak.

 

Buah semangka ini memiliki daging buah berwarna kuning karena kurangnya kandungan likopen. Kandungan ini adalah senyawa yang memproduksi pigmen kemerahan pada buah maupun sayur termasuk semangka. Oleh karena itu, kandungan likopen pada semangka kuning sedikit sehingga tidak bisa memproduksi warna merah seperti semangka pada umumnya. Lain halnya dengan Semangka Merah yang warna merah cerahnya diproduksi dari cukupnya likopen dalam buahnya.

 

Tujuan dibudidayakan jenis semangka ini terlebih dahulu adalah untuk membentuk likopen yang cukup di dalam buahnya. Jadi memang awalnya yang terbentuk adalah semangka kuning terlebih dahulu sampai likopen dalam buahnya cukup sehingga bisa berwarna kemerahan.

Ini manfaat dan kandungan nutrisi semangka kuning

semangka kuning
Manfaat semangka kuning dan kandungan nutrisinya. (Foto: Pexels)

 

Semangka kuning secara umum punya kandungan yang sama dengan semangka merah, dalam buah semangka kuning terdapat 46 kKal. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata dan juga kulit. Kandungan beta karoten yang ada di dalam semangka juga baik sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker dan juga sakit mata. Sampai saat ini, penelitian menunjukkan tidak ada hubungannya antara kandungan likopen yang sedikit dengan manfaat buah itu sendiri. Pasalnya, manfaat buah didapatkan dari nutrisi dan vitamin lainnya dan bukan hanya likopen. Yuk, simak ini 7 manfaat semangka kuning.

 

1. Konsumsi semangka kuning membantu mencegah dehidrasi

Hal yang sering dialami ketika banyak kegiatan adalah dehidrasi. Ini disebabkan karena kebutuhan akan cairan dan mineral yang dibutuhkan saat saat beraktivitas cukup banyak. Selain dengan minum air putih yang banyak, kamu juga bisa mencegah dehidrasi selama beraktivitas dengan rutin mengonsumi buah semangka. Kandungan cairan di dalam buah semangka dapat melengkapi kebutuhan cairan yang dibutuhkan selama kamu beraktivitas.

 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat banyak kegiatan kamu perlu mengonsumsi semangka kuning untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan sangat ekstra. Buah semangka mengandung antioksidan berbentuk likopen. Likopen inilah yang dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kamu berkativitas.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

3. Mengurangi sakit sembelit

Sembelit sering kali terjadi karena pola makan yang tidak teratur atau kekurangan serat. Maka dari itu, untuk mengurangi terjadinya sakit sembelit dapat dilakukan dengan memakan buah semangka. Manfaat semangka kuning dapat membantu pembentukan feses sehingga mengurangi sembelit. Tak hanya itu, kadar air di dalam buah semangka membantu pergerakan usus sehingga baik untuk sistem pencernaan.

 

4. Mengatasi nyeri perut saat hamil

Rasa nyeri perut kerap kali dialami oleh Bumil akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini menyebabkan adanya masalah asam lambung sehingga terasa mulas ketika hamil. Manfaat semangka kuning salah satunya sebagai penangkal nyeri mulas saat hamil karena mengandung zat yang memiliki efek menenangkan sistem pencernaan dan mengobati permasalahan asam lambung.

 

Ingin mencoba buah semangka kuning? Yuk, beli semangka segar di Sayurbox dan gunakan kode voucer di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga!

 

semangka kuning

 

5. Mencegah bengkak di kaki dan tangan ketika hamil

Bengkak di kaki dan tangan menjadi salah satu fenomena yang umum terjadi pada Bumil. Tak heran, terkadang menimbulkan rasa nyeri dan pegal di sekitar kaki dan tangan. Fenomena ini dikenal dengan nama Edema. Edema ini terjadi karena adanya akumulasi cairan yang tidak biasa di jaringan tubuh tertentu.

 

Hal ini menimbulkan penyumbatan sehingga menyebabkan pembengkakan. Ini dapat diatasi dengan buah semangka kuning. Kadar air yang terkandung di dalam semangka cukup tinggi sehingga dapat membantu mengatasi penyumbatan dan mengurangi edema.

Baca juga: Ini 7 Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi dan Bebas Bakteri Listeria

 

6. Mengurangi mual akibat morning sickness

Fase morning sickness adalah hal yang biasa dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Morning sickness ini biasanya berupa rasa mual dan muntah di pagi hari. Salah satu yang paling ampuh untuk mengatasi rasa mual di pagi hari adalah dengan minum jus semangka setiap pagi. Manfaat semangka untuk bumil dapat menangkal rasa mual tersebut.

 

7. Dapat membantu meredakan kram otot saat hamil

Akibat perubahan hormon dan kenaikan berat badan menyebabkan ibu hamil sering mengalami kram otot. Tak perlu khawatir, manfaat semangka dengan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dapat membantu meredakan kram otot ibu hamil secara efektif.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

Cita Rasa Semangka Kuning

semangka kuning
Daging buah semangka berwarna kuning cerah. (Foto: Pexels)

Beberapa orang mengaku semangka kuning punya rasa yang tidak jauh berbeda dari semangka merah. Dengan kandungan air yang sama tinggi dan rasa manis yang juga sama tidak mempengaruhi perbedaan rasa kedua jenis Semangka ini. Di Afrika, mereka mengaku Semangka Kuning punya rasa yang lebih manis dan daging buah yang lebih tebal dari Semangka Merah pada umumnya. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh proses budidaya buah.

 

Tapi, dari segi rasa baik Semangka Merah maupun Semangka kuning punya rasa yang sama-sama enak dan segar! Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba buah semangka kuning? Yuk, beli semangka segar di Sayurbox!

 

semangka kuning

Related Articles

Selain Enak, Ternyata Ini 9 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Seiring dengan meningkatnya popularitas drama Korea, kepopuleran berbagai hal mengenai Korea seperti street food dan makanan khas negara...

Ini 8 Manfaat Edamame untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Untuk kamu yang sering berkunjung ke restoran Jepang, pastinya sudah tidak asing lagi dengan edamame, bukan? Secara fisik, bentuknya yang...

Selain Menyegarkan, Ternyata Ini 7 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

Manfaat cincau hijau sebagai pereda panas dalam mungkin sudah menjadi rahasia umum. Namun, tahukah kamu? Ternyata selain bisa melegakan dan...

Post Comment