Written by at October 04, 2016
InspirasiKisah PetaniMitra Petani

Petani Muda Kebun Mbah Tani

Kebun Mbah Tani

Kebun Mbah Tani

Ini cerita tentang sebuah kebun sederhana yang setia menggunakan metode tradisional dalam merawat setiap tanamannya, Kebun Mbah Tani. Kebun yang berlokasi di Parung Kuda Sukabumi, ini cukup terkenal dengan Basil, Singkong, Curly Kale, dan Italian Parsley-nya. Dari keenam petani yang rajin nan setia merawat kebun, ada satu petani yang sesungguhnya menjadi salah satu inspirasi SayurBox. Namanya adalah Rian Climint.

 

Rian Climint

Namanya yang unik ternyata memang cocok bagi karakter Rian yang juga unik. Rian ini adalah petani muda berusia 22 tahun yang selalu ceria dan memiliki pengetahuan mendalam mengenai semua sayuran atau buah yang Ia tanam. Selain itu, terpancar dari pembawaannya bahwa Rian memang memiliki kecintaan khusus akan tumbuh-tumbuhan yang Ia rawat. Alhasil sayur-sayurannya bisa dipanen dengan kualitas sangat memuaskan. Contoh utama yang paling signifikan adalah Pepaya Bangkoknya yang memang seringkali mendapat pujian dari pelanggan SayurBox, dari segi ukuran dan tentunya rasanya yang manis segar.

Rian Climint, Kebun Mbah Tani
Rian dan Curly Kale kesayangan

Passion Rian inilah yang membuat SayurBox semangat berkembang. Kecintaan Rian terhadap kebunnya menular ke tim SayurBox ditengah menipisnya jumlah pemuda yang memilih menekuni bidang pertanian seperti Rian (dan beberapa mitra tani SayurBox di BlueBoots dan Hydronesia). Hal ini dikarenakan banyaknya para pemuda sekitar yang memutuskan untuk mencari nafkah ke kota. Memang cukup disayangkan, padahal negara Indonesia dikenal sebagai negara agrikultur yang sangat kaya akan sumber alamnya. Namun nyatanya jumlah generasi muda yang mau turun langsung ke lapangan telah berkurang.

Pak Misto Kebun Mbah Tani
Pak Misto, empunya Kebun Mbah Tani

Kebun Mbah Tani percaya bahwa sudah saatnya ada lebih banyak pemuda lagi yg mau mendalami ilmu kesinambungan pertanian di Indonesia untuk bisa menciptakan sistem makanan yg semakin enak di lidah, aman di kantong, sehat di badan, dan pastinya bermanfaat baik untuk keseluruhan komunitas masyarakat!

Ini sekaligus undangan bagi teman-teman semua untuk ikut melestarikan bidang pertanian kita, baik dalam berkontribusi pada lapangan maupun mendukung kesejahteraan para petani. Diharapkan dengan ini kualitas buah dan sayuran bisa semakin baik, sehingga hidup masyarakat Indonesia pun lebih sehat lagi.

 

Telusuri hasil tani alami Indonesia lainnya di www.sayurbox.com.

Related Articles

Perbedaan Makanan Asian & Western

Indonesia termasuk Asia Tenggara, makanan Indonesia bagaimanapun masuk dalam kategori Asian Cuisine begitupula Vietnam, Filipina, Cina,...

Buah Eksotis Indonesia Paling Terkenal!

Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan sumber daya alam termasuk buah. Buah-buah yang tumbuh di Indonesia sudah cocok dengan iklim...

Teknik Memasak Yang Jarang Kita Ketahui

Kalau nonton kompetisi memasak di televisi pasti suka bertanya-tanya kan mereka melakukan apa dan bagaimana. Banyak istilah yang disebutkan...

Post Comment