Written by at October 30, 2019
Manfaat Sayur dan Buah

Rainbow Food, Makanan Berwarna Kaya Manfaat.

Banyak orang, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi makanan berwarna-warni. Makanan berwarna-warni disini bukan sembarangan makanan yaa, tapi sayur dan buah-buah yang berwarna pelangi yaitu Merah, Hijau, Kuning, Oranye, Ungu dan Biru atau biasa dikenal dengan rainbow food. Dibalik warnanya yang beraneka ragam ternyata masing-masing warna punya manfaatnya sendiri loh.

Sayur dan Buah dengan warna warni disebabkan oleh kandungan pigmen warna yang terkandung didalamnya, warna hijau pada bayam atau kale disebabkan oleh klorofil, warna oranye pada wortel atau labu disebabkan oleh Karotenoid, warna merah pada beetroot disebabkan oleh likopen. Masing-masing kandungan penyebab warna pada buah dan sayur ini juga punya manfaat sendiri.

Buah & Sayur Warna Merah

rainbow food
Source : Unsplash

Warna merah pada buah dan sayur disebabkan Likopen dan Antosianin yang merupakan karotenoid dan juga merupakan antioksidan. Namun yang paling dominan adalah Likopen, ditemukan paling banyak di tomat, tomat memberikan 80% asupan Likopen bagi yang mengonsumsinya. Menurut penelitian juga di tahun 2007 oleh World Cancer Research Fund diet yang tinggi sayur dan buah dapat menurunkan resiko terkena kanker, begitu juga dengan yang mengandung Likopen dapat menurunkan resiko kanker prostat. Selain itu Likopen juga dipastikan dapat melindungi dari efek sinar matahari, Likopen selain ditemukan dalam Tomat juga ada di beberapa buah dan sayur seperti Jambu Merah, Semangka, Pepaya, Paprika Merah dengan kandungan Likopen terbanyak terdapat dalam Tomat Kering sebanyak 45,9mg dalam 100gr penyajian.

Buah & Sayur Warna Hijau

Rainbow Food
Source : Unsplash

Dalam sayuran dan buah berwarna hijau terdapat klorofil yang memberikan warna hijau, namun ada nutrisi lain yang disebut Lutein paling banyak terdapat dalam sayuran daun berwarna hijau. Lutein juga termasuk keluarga karotenoid yang terkenal manfaatnya bagus untuk kesehatan mata. Karena lutein merupakan antioksidan, pastinya dapat melindungi tubuh dan juga mata dari radikal bebas. Walaupun begitu Lutein dipercaya dapat bekerja ampuh jika dengan zeaxanthin, namun lutein dan zeaxanthin akan lebih banyak ditemukan dalam makanan yang berwarna kuning ke merah. Lutein banyak ditemukan dalam sayuran hijau seperti Kale, Parsley, Bayam, Brokoli dan Kacang Polong.

Buah & Sayur Warna Kuning

rainbow food
Source : Unsplash

Sayuran warna kuning mendapatkan warnanya dari antioksidan/pigmen yang disebut karotenoid, karotenoid terbagi dua yaitu karoten dan xantofil. Karoten memberikan pigmen oranye pada buah dan sayur sedangkan xantofil memberikan pigmen kuning pada buah dan sayur, pastinya masing-masing memiliki fungsi berbeda. Xantofil lebih diasosiasikan dengan kesehatan mata dan melindungi kita dari sinar matahari, contoh makanan mengandung Xantofil seperti Labu, Alpukat, Jagung sampai kuning telur. Karoten paling bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tumbuhan. Namun bagaimanapun kedua Karotenoid ini sama-sama baik untuk kesehatan mata, kesehatan kardiovaskular, dan antioksidan yang baik untuk melindungi dari radikal bebas.

Rainbow Food bukan berarti hanya yang berwarna merah, kuning dan hijau saja loh. Bahkan buah dan sayuran berwarna putih juga tergolong rainbow food yang memiliki banyak manfaat. Kenapa banyak ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi Rainbow Food adalah nutrisi dan vitamin yang diberikan buah & sayur masing-masing warna sangat sepesifik dan baik bagi tubuh. Makanya disarankan dalam 1 piring makanan kita setidaknya sayuran dan buahan kita harus berwarna-warni loh.

Cari buah dan sayur berwarna-warni engga perlu ribet! Di Sayurbox banyaaak, ada gratis ongkir lagi.

Related Articles

Tidak Hanya Akarnya, Coba Juga 9 Khasiat Daun Ginseng untuk Kesehatan

Sejak dulu akar ginseng telah dipercaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak heran jika akar ginseng yang berkualitas biasanya dibaderol...

Jika Rutin Dikonsumsi, Ini 9 Manfaat Terong Lalap yang Bisa Kamu Rasakan

Bila dirunut dari beberapa jenis sayur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, sepertinya terong menjadi jenis sayur yang menduduki juara...

Cari Tahu 10 Manfaat Chia Seed, Superfood untuk Menangkal Berbagai Penyakit

Seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat pada pola hidup sehat, secara tidak langsung juga berpengaruh pada tingginya permintaan terhadap...

Post Comment