Written by at April 21, 2020
RecipeSnacks

Ini Cara Membuat Sambal Kecombrang yang Gurih dan Nikmat

Time 10 m
Serving 2 Servings

Ingredients

Directions

  • Time
  • Prep 9 m
  • Cook 1 m
  • Ready In 10 m
  1. Kecombrang, cabe rawit, dan bawang merah semua diiris tipis dan dicampur jadi satu.
  2. Tomat hijau potong dadu kecil dan isinya dibuang, lalu campurkan dengan kecombrang, cabe rawit dan bawang merah.
  3. Cabe kriting merah potong agak besar agar ada rasa krenyes-krenyes saat dikunyah.
  4. Campurkan semua bahan-bahan ke dalam 1 wadah, lalu berikan perasan keffir lime sesuai dengan selera.
  5. Panaskan sedikit minyak lalu tuangkan selagi panas ke wadah yang beriisi bahan-bahan.
  6. Aduk rata dan hidangkan selagi panas.
 

Lamps Footnotes

Mudah bukan untuk membuat sambal kecombrang? Sambal yang rasanya khas ini sangat nikmat disajikan dengan berbagai menu makanan, diantaranya sebagai berikut:
  • Tempe Goreng
  • Tahu Goreng
  • Jamur Krispy
  • Bakwan Goreng Sayur
  • Sate Ayam (tanpa bumbu kacang)
  Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar   Agar sambal kecombrang yang kamu buat lebih nikmat, kamu wajib menggunakan cabai rawit segar. Jenis yang berukuran kecil ini memang merupakan salah satu jenis cabai yang cukup populer di Indonesia. Dibanding dengan cabai merah biasa, rasa cabai yang satu ini memang terasa lebih pedas. Hal ini karena zat capsaicin yang ada pada cabai rawit cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, cabai rawit juga memiliki kandungan lain seperti beta karoten atau provitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, mineral, kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, zat besi, dan kalium. Selain membuat rasa sambal kecombrang lebih pedas dan nikmat, cabai rawit ternyata juga memiliki segudang manfaat. Yuk, simak beberapa manfaat cabai rawit pada sambal ke combrang di bawah ini.  

Ini manfaat cabai rawit pada sambal kecombrang

 

1. Mengontrol kadar gula darah

Bagi kamu penyuka makanan manis, mengontrol kadar gula darah dalam tubuh pastinya sulit dilakukan. Apalagi, jika kamu merupakan penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, ternyata kamu bisa, kok, menjaga kadar gula darah dengan rutin mengonsumsi cabai rawit. Kandungan yang ada pada sayuran ini diyakini mampu menyeimbangkan kadar gula darah dengan baik.

 

Baca juga: Supaya Tidak Busuk, ini 5 Cara Menyimpan Bawang Merah yang Benar

 

2. Membantu melawan sel kanker

Tak hanya mempercepat proses pembakaran lemak, senyawa capsaicin yang ada pada cabai rawit juga diyakini mampu membantu melawan sel kanker. Kandungan penting lainnya seperti vitamin C dan sifat antioksidan juga turut berkontribusi sebagai antikanker. Dengan mengonsumsi cabai rawit secara rutin pada menu makanan kamu, maka hal tersebut bisa menjadi pencegah efek buruk karsinogen dalam tubuh.

 

3. Mengatasi nyeri sendi

Apabila kamu sering mengalami masalah nyeri pada area persendian, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi cabai rawit. Jenis cabai yang satu ini memiliki kandungan capsaicin yang bukan hanya mampu memberi rasa pedas saja, tapi juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi dengan cara meredakan otot yang tengah mengalami kejang.

  Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba   Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat sambal kecombrang ini di rumah? Untuk membuatnya, yuk, beli cabai rawit segar di Sayurbox!

Post Comment