Written by at April 28, 2020
RecipeDinner Lunch

7 Langkah Praktis Bikin Resep Sate Garo Khas Manado

Time 2 h
Serving 1 Servings

Ingredients

Directions

  • Time
  • Prep 30 m
  • Cook 1 h 30 m
  • Ready In 2 h
  1. Daging sapi potong dadu, dengan ukuran sesuai selera. Sisihkan.
  2. Haluskan dan tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, jahe dan jintan. Tumis sampai bumbu harum dan matang.
  3. Masukkan daun salam, daun jeruk, gula merah, dan air asam jawa bersamaan dengan daging sapi.
  4. Bersamaan dengan tahap 3, masukkan juga air, gula dan garam secukupnya. Tunggu hingga daging empuk dan bumbu meresap sempurna kurang lebih 1 – 1,5 jam.
  5. Pada tahap 4 jika daging belum empuk, tambahkan air secukupnya dan tunggu lagi hingga daging kembali empuk. Ulangi proses ini sampai daging empuk sesuai selera.
  6. Setelah daging empuk dan bumbu tumis meresap, masukkan kacang tanah dan kecap manis. Aduk sebentar.
  7. Sate Garu siap dihidangkan dengan ketupat/lontong, dan kerupuk.

Lamps Footnotes

Jadi, cukup mudah bukan untuk membuat resep sate garo ini? Selain itu, saat membuat sate garo, gula merah berfungsi agar daging memiliki rasa yang lebih kaya dan lezat, jadi masukkan gula merah sesuai selera. Jika ingin membuat sate garu dengan 1 kg daging sapi, kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu dapur secukupnya dan sesuaikan dengan selera keluarga.   Untuk membuat sate garo ini kamu membutuhkan daging sapi yang segar sehingga rasanya masih nikmat ketika disantap. Jika setelah membeli daging tapi kamu tidak ingin langsung memasaknya, sebaiknya simpan daging di kulkas dengan cara yang tepat agar daging masih tetap segar saat akan dimasak. Yuk, simak ini tips menyimpan daging sapi di kulkas yang benar.   1. Siapkan wadah untuk menyimpan daging

Sebelum menyimpan daging, pastikan kondisi kulkas dan freezer dalam keadaan bersih. Selanjutnya, siapkan wadah untuk menyimpan daging. Wadah penyimpanan yang baik yaitu bersih, kedap udara, dan tertutup.

 

Pemilihan wadah yang tepat untuk menyimpan daging sangat penting untuk menjaga kebersihan daging selama disimpan. Wadah penyimpanan ini juga berguna agar cairan dari daging mentah tidak mengkontaminasi berbagai bahan makanan lainnya yang juga di simpan di dalam kulkas.

  Baca juga: Sebelum Membeli, Ini Panduan 7 Cara Memilih Daging yang Baik untuk Dikonsumsi   2. Potong daging sebelum disimpan

Selanjutnya, saat akan menyimpan daging sebaiknya kamu memotong dahulu daging sesuai dengan kebutuhan. Masukkan daging yang telah dipotong ke dalam wadah-wadah dengan takaran satu kali sajian untuk sekali masak. Dengan begitu, setiap kali memasak kamu cukup mengambil satu wadah dan tidak perlu mengeluarkan bagian daging lain yang tidak diperlukan, sehingga kondisi daging bisa tetap terjaga.

  3. Hindari mencuci daging saat akan disimpan

Biasanya saat akan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas biasanya kamu disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu agar kebih bersih. Namun, berbeda dengan daging. Cara menyimpan daging di kulkas yang benar yaitu dengan tidak mencucinya terlebih dahulu.

 

Setelah daging dipotong-potong sesuai kebutuhan sebaiknya langsung masukkan ke dalam wadah penyimpanan tanpa perlu dicuci. Pasalnya, mencuci daging dapat meningkatkan kadar air di dalamnya, sehingga dapat berpotensi menyebabkan paparan mikroba menjadi lebih besar.

  Baca juga: Tetap Sehat, Konsumsi 9 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini   4. Catat tanggal penyimpanan daging

Jika ingin menyimpan daging dalam jumlah besar sebaiknya pada masing-masing wadah kamu tandai dengan tanggal penyimpanan daging tersebut. Pastikan kamu mencatat dengan detail kapan waktu pertama daging tersebut disimpan di dalam kulkas. Hal ini berguna sebagai pengingat, sehingga kamu bisa mengontrol dengan tepat masa kedaluwarsa daging yang disimpan.

 

Pada suhu standar kulkas yaitu sekitar di bawah 4 derajat celcius, daging merah seperti sapi, domba dan kambing dapat disimpan selama 4 hingga 5 hari. Sedangkan pada suhu freezer, daging merah dapat kamu simpan hingga 4 sampai12 bulan lamanya tergantung kondisi dan kualitas daging itu sendiri.

  Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba   Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat resep sate garo ini? Yuk, beli bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuatnya di Sayurbox!

Post Comment