Written by at April 17, 2020
RecipeDinner Lunch

Resep Sop Daging Padang yang Gurih dan Kaya Rempah

Time 1 h 40 m
Serving 1 Servings

Ingredients

Directions

  • Time
  • Prep 30 m
  • Cook 1 h 10 m
  • Ready In 1 h 40 m
  1. Sebelum menyiapkan bahan sayur dan bumbu, daging dipotong sesuai selera dan direbus sampai empuk selama kurang lebih 70 menit.
  2. Sambil menunggu daging empuk, potong wortel dan kentang sesuai selera. Iris juga daun bawang, seledri, dan jahe sesuai selera dan sisihkan.
  3. Setelah daging empuk, masukkan bahan sayur yang telah dipotong sebelumnya, dan tunggu lagi sambil sayuran matang.
  4. Sambil menunggu sayuran matang, haluskan dan tumis bawang merah, bawang putih sampai harum dan berwarna agak kecoklatan.
  5. Haluskan juga bumbu rempah-rempah kering.
  6. Bumbu rempah kering yang telah dihaluskan, dan tumisan bawang merah dan bawang putih secara bersamaan dimasukkan kedalam rebusan daging dan sayur. Tambahkan garam secukupnya.
  7. Aduk, dan tunggu hingga semuanya matang merata dan sajikan selagi sop daging hangat.

Lamps Footnotes

Sop daging Padang adalah salah satu menu makanan yang banyak digemarin. Selain karena rasanya yang gurih dan kaya rempah, sop daging Padang juga sangat mengenyangkan. Paling lengkap makan sop daging dengan nasi hangat atau dimakan begitu saja dengan perasan lemon dan irisan tomat agar lebih segar. Hangatnya kuah sop, dan rasa rempah yang kental membuatt sop daging padang ini jadi favorit untuk cuaca dingin atau buat yang ingin sekedar menghangatkan tenggorokan, sekaligus mengenyangkan. Namun, sebelum kamu membuat resep sop daging Padang ini sebaiknya perhatikan kualitas daging yang kamu gunakan agar rasa sop lebih nikmat. Yuk, simak berikut ini tips memilih daging untuk membuat resep sop daging Padang.   Tips memilih daging untuk sop daging Padang   1. Perhatikan warna daging

Tips memilih daging yang baik yaitu bisa kamu lihat dari warnanya. Perhatikan dulu warna daging sebelum membeli. Daging sapi yang memiliki kualitas baik adalah daging yang masih berwarna kemerahan dan tampak segar. Cara ini bisa dibilang adalah cara paling mudah untuk melihat kualitas daging. Sebaiknya jangan pilih daging yang warnanya Sudah terlihat pucat atau kotor.

  Baca juga: Sebelum Membeli, Ini Panduan 7 Cara Memilih Daging yang Baik untuk Dikonsumsi   2. Pegang tekstur daging sapi

Setelah melihat warnanya, kamu juga harus memastikan kualitas danging sapi dengan cara memegang daging tersebut. Cara ini berguna untuk mengetahui tekstur daging sapi. Pilih daging sapi yang memiliki tekstur kenyal. Coba tekan beberapa bagian dari daging yang akan kamu beli, jika daging kembali ke posisi semula setelah ditekan maka artinya daging tersebut masih segar dan baru. Pasalnya, daging yang mulai mengalami pembusukkan biasanya terasa lembek dan tidak kembali ke bentuk semula saat ditekan.

  3. Cium aroma yang keluar dari daging

Jika sudah mengetaui warna dan tekstur daging sapi, rangkaian cara memilih daging sapi yang baik untuk dikonsumsi pun tidak berhenti di situ. Kamu harus mencium aroma yang keluar dari daging untuk memastikan kualitasnya. Daging sapi yang kualitasnya baik biasanya memiliki aroma yang segar khas sapi. Sedangkan daging yang sudah mulai membusuk biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau tercium sedikit asam.

  Baca juga: Tetap Sehat, Konsumsi 9 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil dan Menyusui Ini   4. Pastikan daging tidak berair

Selanjutnya, kamu juga harus memastikan daging sapi serasa segar dan tidak berair. Kamu mungkin sering melihat cairan berwarna merah mirip darah di sekitar daging. Cairan tersebut sebenarnya bukan darah melaikan “sari” yang dikeluarkan oleh daging. Untuk itu, jika ingin membeli daging sebaiknya pilih yang tidak berair, karena jika daging sapi mengeluarkan banyak air artinya daging tersebut Sudah cukup lama berada di udara bebas.

  Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba   Nah, itu tadi adalah tips memilih daging jika kamu ingin mencoba langsung resep sop daging padang ini di rumah. Yuk, beli daging dan semua bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat sop daging padang ini di Sayurbox!

Post Comment