Written by at April 29, 2022
Resep

Resep Ayam Goreng Bawang Lauk Praktis Untuk Sahur

Sahur adalah aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari, biasanya pada pukul 02.00-04.00 (sebelum imsak) bagi yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan ataupun puasa lainnya. 

 

Nah, sayurfriends pernah tidak bingung menentukan mau masak apa untuk sahur? jika iya, sayurfriends wajib mencoba menu Ayam Goreng Bawang dan bisa stok di kulkas, karena lauk ini sangat praktis, mudah dibuat dan enak, goreng dengan minyak dan api sedang lalu siap santap untuk sahur, tinggal kita padukan dengan potongan timun sebagai sayur dan sambal untuk pelengkapnya.

ayam goreng bawang

Yuk simak cara membuatnya, link video cara membuat Ayam Goreng Bawang https://www.instagram.com/p/CZ9IAIStich/ 

 

Pertama tentu sayurfriends harus menyiapkan bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan :

  1. Ayam, 500 gr potong kecil-kecil, bersihkan dengan air mengalir
  2. Telur ayam, 1 butir
  3. Bawang merah, 7 siung
  4. Bawang putih, 6 siung
  5. Kemiri, 5 butir
  6. Lengkuas, 1 ruas jari
  7. Jahe, 1 cm
  8. Ketumbar, 1 sendok makan
  9. Kunyit bubuk, 1 sendok teh
  10. Garam, secukupnya
  11. Lada, secukupnya
  12. Kaldu jamur atau bisa diganti kaldu ayam, secukupnya

 

Sangrai bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, ketumbar hingga harum, kemudian masukkan ke dalam blender tambahkan garam, lada, kaldu jamur, kunyit bubuk dan satu butir telur, blender hingga halus. Taruh ayam yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam wadah, lalu masukan bumbu halus, aduk sampai ayam tercampur rata dengan bumbu. Diamkan di kulkas selama 5 – 10 jam, semakin lama sayurfriends mendiamkan ayam bumbu dikulkas maka bumbunya akan semakin meresap, dan ayam bumbu bawang siap untuk dimasak, untuk cara memasaknya sayurfriends harus menyiapkan :

  1. Minyak goreng, secukupnya
  2. Bawang putih, beberapa siung, cuci bersih, tidak perlu dikupas kulitnya

Cara memasaknya, panaskan minyak goreng dengan api sedang kemudian masukan ayam, goreng hingga ayam setengah matang dan masukan beberapa siung bawang putih, lalu masak kembali hingga ayam matang merata, dan siap disajikan dengan nasi hangat, potongan timun sabagai sayur juga sambal sebagai pelengkap.

 

Bagaimana sayurfriends, mudah bukan cara membuatnya? bahan serta bumbunya pun sangat mudah kita dapatkan, sayurfriends tinggal buka aplikasi sayurbox dan semuanya tersedia disana. 

 

Link sayurfluencer : https://bit.ly/Sayurbox11 

 

Baca juga resep masak lainnya : resep masakan

Related Articles

Resep Nasi Goreng Ikan Asin, Mudah dan Cocok untuk Sarapan

Nasi goreng memang jadi menu andalan untuk sarapan masyarakat di Indonesia. Supaya tidak bosan, coba sajikan menu nasi goreng yang lebih...

4 Ide Menu Olahan Tahu yang Simple, Mudah, Murah tapi Lezat

Tahu jadi salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia. Harganya terjangkau, rasanya enak, dan bergizi. Tahu juga bisa diolah menjadi...

5 Ide Olahan Tempe yang Sangat Enak dan Kaya Protein

Tempe menjadi salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Selain enak, tempe juga kaya protein dan mudah sekali didapatkan....