Written by at August 03, 2022
Resep

Resep Ayam Pop, Masakan Padang yang Gurih & Lembut!

Resep Masakan Padang ayam pop
(Shutterstock/Ariyani Tedjo)

Kata siapa bikin masakan padang yang udah pasti enak itu susah? Nih, Sayurbox punya resep mudah masak Ayam Pop yang udah pasti gurih & lembut! Kamu gak perlu khawatir lagi kehabisan ayam pop di rumah makan padang favoritmu.

Eits, sebelum mulai masak, jangan lupa belanja segala bahannya di Sayurbox ya! Yuk intip bahan-bahannya!

Bahan Utama

  • 1 ekor ayam kampung, potong sesuai selera
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 5 buah bawang merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 lembar daun salam
  • 1 L air
  • Garam secukupnya
  • Minyak Secukupnya
  • Daun singkong secukupnya, rebus

Bahan Saus Sambal

  • 10 buah cabai merah,
  • 5 buah bawang merah,
  • 1 buah tomat segar ukuran sedang
  • 100 ml air
  • 2 buah tomat ukuran kecil utuh
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Bahan-bahannya sudah lengkap? Yuk lanjut masak ayam popnya!

Cara Memasak

  1. Kuliti ayam lalu lumuri dengan jeruk nipis & garam.
  2. Diamkan selama kurang lebih 30 menit di dalam lemari es.
  3. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan ayam, bawang merah, bawang putih halus, garam, dan daun salam.
  4. Setelah ayam matang & lunak, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan minyak, goreng ayam sebentar lalu angkat & tiriskan
  6. Selanjutnya, mari membuat saus sambal dengan merebus cabai, bawang & tomat sedang.
  7. Setelah matang, haluskan.
  8. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  9. Tuang air, aduk dan masak hingga mendidih.
  10. Masukkan tomat utuh, tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.
  11. Masak hingga tomat layu dan bumbu matang. Angkat.

Voila! Ayam pop & sausnya sudah siap disantap dengan nasi putih yang panas mengepul! Pasti maknyus banget kan? Udah ngiler belum? Oh iya, Sayurfriends bisa menambahkan pelengkap seperti selada atau daun singkong rebus ya! Tunggu apa lagi? Cuss belanja bahannya di Sayurbox dan praktekkin resepnya!

Related Articles

Intip Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui!

Sayurfriends, siapa nih yang hobinya nyobain makanan khas daerah-daerah di Indonesia? Pasti bakal susah buat merasa bosen dengan hobi itu...

5 Ide Resep Rawon, Makanan Tradisional Khas Jawa Timur

Jika bicara tentang makanan khas Jawa Timur, salah satu yang gak boleh dilewatkan adalah rawon. Rawon yang identik dengan warna kuahnya...

5 Resep Mie Bangka, Bikin Keluarga di Rumah Ketagihan

Mie asal Bangka memiliki cita rasa khas yang membuat banyak orang terpikat. Tidak perlu membeli di luar, Sayurfriends bisa membuat menu ini...