Written by at August 02, 2022
Resep

Resep Bakso Solo, Masakan Nusantara yang Siap Goyang Lidahmu!

resep masakan nusantara bakso solo
(Ilustrasi Bakso Solo/Quora)

Siapa yang hobinya ngebakso? Pasti banyak deh, soalnya masakan nusantara satu ini emang relatif cocok di lidah siapa saja dan bisa dinikmati kapan aja. Mau hujan atau panas terik, kamu yang doyan banget bakso pasti selalu siap ya menghadang abang tukang bakso yang lewat.

Kalau abang tukang bakso nggak lewat-lewat, coba bikin sendiri bakso versi kamu deh! Nih, Sayurbox mau berbagi resep bakso Solo yang rasanya bakal goyang lidah Sayurfriends! Baca di bawah ini yuk!

Bahan Bakso

  • 500 g daging sapi giling
  • 100 g tepung kanji
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 250 g bawang putih
  • 50 g es batu
  • 2 L air

Bahan Kuah Kaldu

  • 500 g kaki sapi
  • 250 g bawang putih
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt pala bubuk
  • 3 L air

Cara Memasak

  1. Haluskan bawang putih untuk kaldu, rebus bersama semua bahan kaldu lainnya
  2. Haluskan sisa bawang putih & didihkan air untuk bakso
  3. Masukkan semua bahan bakso selain tepung & air ke food processor & proses hingga halus. Pindahkan ke wadah, tambahkan tepung kanji, aduk rata.
  4. Ambil adonan, bentuk bulat menggunakan tangan atau sendok hingga habis.
  5. Rebus adonan ke dalam air mendidih & masak hingga mengapung
  6.  Tuang ke mangkuk & siram dengan kaldu yang telah dimasak sebelumnya
  7. Tambahkan pelengkap seperti daun bawang, bawang goreng atau bihun & mie sesuai selera kamu!

Siap-siap rasain maknyusnya! Yuk bikin di rumah, belanja bahannya di Sayurbox sekarang!

 

Related Articles

Intip Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui!

Sayurfriends, siapa nih yang hobinya nyobain makanan khas daerah-daerah di Indonesia? Pasti bakal susah buat merasa bosen dengan hobi itu...

5 Ide Resep Rawon, Makanan Tradisional Khas Jawa Timur

Jika bicara tentang makanan khas Jawa Timur, salah satu yang gak boleh dilewatkan adalah rawon. Rawon yang identik dengan warna kuahnya...

5 Resep Mie Bangka, Bikin Keluarga di Rumah Ketagihan

Mie asal Bangka memiliki cita rasa khas yang membuat banyak orang terpikat. Tidak perlu membeli di luar, Sayurfriends bisa membuat menu ini...